FOLLOW US:


Viktor Ponedelnik dan Senin Ceria Uni Soviet

05-04-2016 12:44
Viktor Ponedelnik dan Senin Ceria Uni Soviet
© --

Bola.net - Bagi sebagian orang, hari Senin adalah hari yang paling dibenci dalam tujuh hari dalam seminggu. Pada hari senin orang-orang akan kembali kepada rutinitasnya sehari-hari setelah melalui masa libur di akhir pekan. Namun hari senin akan selalu menjadi hari yang bahagia untuk mantan pemain Timnas Uni Soviet, Viktor Ponedelnik.

Pondedelnik merupakan salah satu pemain yang masuk kedalam Timnas Uni Soviet pada Euro 1960. Ia nyaris tidak dibawa oleh pelatih Timnas Uni Soviet pada saat itu, Gavriil Kachalin, namun berkat hattricknya ke gawang Polandia sebelum Euro 1960 digelar akhirnya ia resmi menjadi bagian dari tim utama Uni Soviet.

Perjalanan Ponedelnik bersama timnas Uni Soviet terbilang cukup bagus. Ia mencetak satu gol pada kemenangan Uni Soviet atas Cekoslovakia di babak semifinal Euro 1960. Namun momen terbaik Ponedelnik datang pada babak final Euro 1960 saat Uni Soviet harus berhadapan dengan rival lama mereka Yugoslavia.

Uni Soviet sejatinya tertinggal terlebih dahulu berkat gol Milan Galic pada menit 43, namun Slava Metreveli sukses menyamakan kedudukan pada awal babak kedua. Sampai 90 menit berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga wasit harus melanjutkan pertandingan pada babak tambahan waktu. Pada waktu itu, kickoff Final Euro 1960 dimulai pada hari Minggu pkl 22.00, sehingga saat babak tambahan waktu berakhir maka hari sudah berganti menjadi hari Senin.

Pada babak tambahan waktu pertama kedudukan masih sama kuat 1-1. Namun menjelang berakhirnya babak tambahan waktu kedua, Ponedelnik membuat para pendukung Uni Soviet di Parc Des Princes bersorak gembira setleah tendangannya menjebol gawang Blagoje Vidinic. Uni Soviet pun resmi mengangkat Trofi Euro pertama mereka di hari Senin tanggal 11 Juli 1960, di mana seluruh masyarakat Uni Soviet bersuka cita atas keberhasilan tim nasional mereka.(bola/dub)