APOSTOLOSVELLIOS

Apostolos Vellios
Nama Lengkap : Apostolos Vellios
Tempat Lahir : Thessaloniki, Yunani
Tanggal Lahir : 08 Januari 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan : Yunani
Klub : Nottingham Forest
Posisi : Penyerang
No Punggung : 39
Tinggi : 193 cm

Karir

  • 2008 - 2011 : Iraklis 1908
  • 2011 - : Everton

Apostolos Vellios atau yang lebih dikenal dengan nama Vellios adalah pesepakbola profesional kelahiran 8 January 1992 yang berasal dari Thessaloniki, Yunani. Ia adalah putra dari Kostas Vellios yang merupakan mantan pemain sepak bola Iraklis. Pada tanggal 18 Maret 2010 ia berhasil memenangkan kejuaraan sepak bola Greek High School Championship. Vellios memulai karir profesionalnya di klub Iraklis pada sejak tahun 2008.

Ia memulai debutnya di pertandingan melawan Skoda Xanthi dimana ia tampil sebagai pemain pengganti Dimitris Giantsis. Pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 26 April 2009 tersebut berakhir dengan skor 4-1, kekalahan bagi Iraklis.

Pemain sepak bola asal Yunani ini berhasil mencetak gol pertamanya di pertandingan Olympiacos pada tanggal 7 November 2009. Pertandingan yang diselenggarakan di Stadium Karaiskakis tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1.

Pada akhir musim, Vellios telah mencetak dua gol dari sembilan pertandingannya dimana ia selalu tampil sebagai pemain pengganti.

Pemain asal Yunani ini berhasil menarik perhatian klub-klub besar, misalnya saja klub asal Yunani, Olympicos FC dan AEK Athens FC, klub asal Italia, Bologna FC, serta klub asal Inggris, Fullham FC. Namun ia menjatuhkan pilihan untuk menandatangani kontrak empat tahun dengan klub Inggris, Everton pada bulan Januari 2009, dengan biaya transfer berkisar £ 250.000.

Vellios memulai debutnya untuk Everton Reserves di pertandingan melawan Blackburn Rovers Reserves. Meskipun pemain sepak bola asal Yunani ini berhasil mencetak satu gol, namun pertandingan berakhir dengan skor 5-1, kemenangan untuk Blacburn Rovers Reserves.

Ia memulai debutnya untuk tim inti Everton di pertandingan Liga Premier Inggris melawan Aston Villa dimana pemain bernomor punggung 27 ini tampil sebagai pemain pengganti Jermain Beckford di menit ke-80 . Pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 2 April 2011 tersebut berakhir dengan skor imbang 2-2.

Vellios berhasil mencetak gol pertamanya untuk tim inti Everton di pertandingan melawan Wigan Athletic. Pertandingan yang berlangsung di kandang Everton, Goodison Park Stadium, tersebut berakhir dengan skor 3-1, kemenangan untuk Everton.

Pemain sepak bola asal Yunani ini mencetak gol keduanya di pertandingan melawan Chelsea. Ia kemudian mencetak gol ketiganya di pertandingan melawan Bolton Wanderers dimana ia kembali bermain sebagai pemain pengganti. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0, kemenangan untuk Everton.

Vellios telah bermain dalam 235 menit pertandingan dimana setiap 86 menit ia berhasil mencetak 1 gol, namun Moyes, pelatih Everton, kerap kali memposisikan pemain Yunani ini di bangku cadangan.

Ia memulai musim 2012-13 dengan tampil sebagai pemain cadangan di pertandingan melawan Sunderland dimana Everton berhasil memenangkan game tersebut dengan skor akhir 2-1.

Vellios telah memulai karirnya sebagai pemain sepak bola internasional sejak tahun 2008 saat ia untuk pertama kalinya bergabung dengan Tim Nasional Yunani U-17 dimana ia tampil dalam tiga pertandingan untuk kesebelasan tersebut.

Pada tahun 2009 ia kembali mendapat panggilan untuk bergabung dengan Tim Nasional Yunani U-19. Vellios tampil di pertandingan persahabatan melawan Makedonia U-19 dimana ia mencetak satu gol pembuka dan pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk Yunani.

Dua hari kemudian ia tampil kembali di pertandingan melawan Makedonia U-19 dimana pemain sepak bola asal Yunani ini berhasil mencetak dua gol. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor 3-0 kemenangan untuk Yunani.

Dalam jangka waktu dua tahun bermain untuk Yunani U-19 ia telah berhasil mencetak sembilan gol dari 16 penampilan.


Oleh: Baby Nabilah