Nama Lengkap : Arturo Erasmo Vidal Pardo
Tempat Lahir : Santiago, Chile
Tanggal Lahir : 22 Mei 1987 (29 Tahun)
Kebangsaan : Chile
Klub : Bayern Munchen
Posisi : Gelandang
No Punggung : 23
Tinggi : 180 cm

Karir

  • 2005 - 2007 : Colo-Colo
  • 2007 - 2011 : Bayer Leverkusen
  • 2011 - 2015 : Juventus
  • 2015 - : Bayern Munchen

Arturo Vidal adalah seorang pemain sepakbola yang saat ini bermain untuk Bayern Munchen. Ia lahir di San Joaquin, sebuah distrik komunitas pekerja di ibukota Chili, Santiago. Vidal yang lahir pada 22 Mei 1987 merupakan anak kedua dari 6 bersaudara.

Bakat besarnya ditangkap oleh pamannya yang kemudian mendorongnya untuk masuk ke akademi sepakbola. Sebagai seorang warga Chili, Vidal kemudian bergabung dengan akademi Colo-Colo, salah satu klub raksasa di Santiago dan juga Liga Chili.

Vidal berhasil menembus tim utama Colo-Colo pada 2005 setelah menampilkan permainan menawan di skuat muda. Karir Vidal cukup sukses selama di Colo-Colo. Ia memulai debutnya final Apertura Tournament 2006 dimana Colo-Colo menang 2-1 melawan musuh bebuyutannya, Universidad de Chile.

Peran Vidal di Colo-Colo menjadi semakin vital di musim selanjutnya ketika Colo-Colo memenangi Clausura Tournament 2006. Meskipun Colo-Colo gagal di Copa Sudamericana 2006 karena kalah dari klub Meksiko, Pachuca, permainan Vidal mulai menarik perhatian tim-tim Eropa.

Klub Jerman, Bayer Leverkusen adalah salah satu peminat serius dari servis Vidal. Permainan Vidal yang meyakinkan di kejuaraan Piala Amerika Selatan 2007 U-20 dan keberhasilan membawa Chili berkompetisi di Piala Dunia Muda U-20 berhasil meyakinkan pihak Leverkusen untuk memboyongnya dari Colo-Colo.

Akhirnya pada 2007, Vidal pindah ke Bayer Leverkusen dengan nilai transfer 11 juta Dolar. Vidal yang saat itu berusia 20 memecahkan rekor transfer liga Chili sebelumnya yang dipegang oleh Matías Fernández kala pindah ke Villarreal dengan nilai 9 juta Dolar.

Sempat melewatkan awal musim karena cedera, Vidal langsung berhasil menembus tim utama dan menjalani debutnya pada 19 Agustus 2007. Vidal berperan penting untuk Leverkusen dalam menjalani kompetisi Piala Jerman karena Leverkusen berhasil menembus final meskipun akhirnya kalah dari Werder Bremen.

Di Leverkusen, Vidal menjelma menjadi pusat kendali lini tengah yang memotori serangan dan juga menyeimbangkan pertahanan. Teknik bermainnya yang sangat baik dilengkapi dengan kecepatan, kekuatan, dan keakuratan umpan dapat membawa Leverkusen bercokol di posisi runner-up pada musim terakhirnya, 2010-2011.

Sempat dikaitkan dengan klub-klub besar Eropa seperti Arsenal, Atletico Madrid, Barcelona dan juga rival Jerman, Bayer Muenchen, Vidal akhirnya bergabung ke kubu Italia, Juventus dengan biaya 10.5 juta Euro dan 5 tahun masa kontrak. Debut pertamanya dengan Juventus juga diwarnai dengan gol pertamanya ke gawang Parma.

Dianggap akan bersaing ketat untuk posisi gelandang dengan Claudio Marchisio dan Andrea Pirlo, Vidal ternyata dimainkan dan terbukti berhasil membentuk kerjasama lini tengah yang baik dengan kedua rekannya tersebut. Dengan trio gelandang tersebut, Juventus mengakhiri musim 2011-2012 dengan Scudetto dan rekor tak terkalahkan di Liga.

Berhasil membawa Juventus mempertahankan titel Scudetto di musim keduanya membuat namanya dipilih untuk meraih 'Player of the Year' oleh member juventus.com. Vidal mencetak hattrick di Liga Champions 2013 kala melawan FC København dan menjadikannya pemain kedua dalam sejarah Juventus yang berhasil mencetak hattrick di ajang tersebut setelah Filippo Inzaghi.

Vidal juga mewakili Timnas Chili di ajang internasional. Debut tim seniornya ia mulai pada 7 Februari 2007 saat melawan Venezuela. Vidal juga masuk dalam skuat Chili yang berlaga di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Pemain bertinggi 1.80 meter ini bermain 11 kali dan mencetak 5 gol saat membawa Chili lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil.

Level permainannya semakin meningkat sejak bergabung dengan Juventus. Stamina dalam meng-cover lapangan, tekel-tekel keras, serta ketahanan fisiknya membuat ia mendapat julukan Guerriero (The Warrior) dari media Italia.      

    
Oleh: Faris Faisal

Berita Terbaru Arturo Vidal

Vidal: Real Tak Suka Bertahan Seperti Atletico

Vidal: Real Tak Suka Bertahan Seperti Atletico

04-04-2017 14:10

Arturo Vidal mengaku optimis Bayern Munchen akan bisa menembus final Liga Champions dan keluar sebagai juara musim ini.

James Rodriguez Pilih Gabung Bayern Munchen

James Rodriguez Pilih Gabung Bayern Munchen

30-03-2017 16:00

James Rodriguez disebut sudah menentukan bahwa ia akan pindah ke Bayern Munchen di musim panas mendatang.

Vidal Tebar Ancaman untuk Real Madrid

Vidal Tebar Ancaman untuk Real Madrid

30-03-2017 14:40

Arturo Vidal belum lama ini mulai menebar ancaman untuk Real Madrid, klub yang akan menjadi lawan Bayern Munchen di babak perempat final Liga Champions musim ini.

Butragueno: April Akan Tentukan Musim Madrid

Butragueno: April Akan Tentukan Musim Madrid

30-03-2017 11:30

April akan jadi bulan terpenting dalam perjalanan Real Madrid musim ini, seiring usaha mereka untuk memenangkan La Liga dan Liga Champions sekaligus, menurut direktur Emilio Butragueno.

Xhaka Sebut Level Arsenal Setara Bayern

Xhaka Sebut Level Arsenal Setara Bayern

24-03-2017 15:50

Granit Xhaka menyebut Arsenal memiliki level permainan yang setara dengan Bayern Munchen.

Xhaka Tepis Rumor Bayern Munchen

Xhaka Tepis Rumor Bayern Munchen

24-03-2017 15:40

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, berkeras ia bahagia di Emirates dan mengaku tidak tahu ada ketertarikan yang muncul dari Bayern Munchen.

Bayern Munchen Ramaikan Perburuan Bernardo Silva

Bayern Munchen Ramaikan Perburuan Bernardo Silva

24-03-2017 08:50

Bayern Munchen disebut siap bersaing dengan Manchester United, Chelsea, dan Real Madrid, untuk mendapatkan tanda tangan striker AS Monaco, Bernardo Silva, di akhir musim nanti.

Kimmich Jadi Target Utama Guardiola di City

Kimmich Jadi Target Utama Guardiola di City

17-03-2017 10:20

Josep Guardiola rupanya sudah berniat untuk merombak penuh Manchester City begitu bursa transfer musim panas dibuka nanti.

Rummenigge: Mourinho Benar, Tak Ada yang Bisa Beli Pemain Bayern

Rummenigge: Mourinho Benar, Tak Ada yang Bisa Beli Pemain Bayern

16-03-2017 07:20

Bayern Munchen bukan klub yang gemar menjual pemain, menurut Karl-Heinz Rummenigge, yang mengklaim bahwa pemain hanya bisa pergi ketika mereka sudah tidak memainkan peran penting di Allianz Arena.

Wenger Sanjung Fans di Laga Bayern

Wenger Sanjung Fans di Laga Bayern

10-03-2017 12:30

Arsene Wenger memuji suporter Arsenal yang bersedia bertahan di stadion ketika mereka menjalani laga sulit melawan Bayern Munchen.