FOLLOW US:

GARYCAHILL

Gary Cahill
Nama Lengkap : Gary James Cahill
Tempat Lahir : Dronfield, Inggris
Tanggal Lahir : 19 Desember 1985 (33 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Chelsea
Posisi : Bek
No Punggung : 24
Tinggi : 193 cm

Karir

Pemain kelahiran Dronfield ini merupakan seorang pemain dengan kemampuan bertahan dan penjagaan yang sangat baik. Ia merupakan pemain belakang yang bisa diandalkan. Pengambilan keputusan yang cepat antara maju menyongsong bola atau tetap diam menjaga wilayah pertahanan menjadi salah satu keunggulan pemain ini.

Cahill mengawali karir sepak bolanya bersama dengan klub lokal AFC Dronfield. Penampilannya yang sangat menawan membuat beberapa klub seperti Barnsley, Sheffield Wednesday, Derby County, dan Aston Villa berebut untuk mendapatkan pemain kelahiran Dronfield pada usianya yang baru menginjak 15 tahun. Pada akhirnya akademi Aston Villa berhasil meyakinkan Cahill untuk bergabung bersama mereka.

Saat berada di tim akademi Aston Villa, Cahill sukses menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan posisinya di barisan pertahanan tim akademi Aston Villa. Keahliannya menjaga pertahanan menjadi nilai plus yang dimiliki oleh pemain belakang ini.

Meski sebelumnya ia bermain di posisi gelandang, namun ia merasa lebih nyaman berada di barisan pertahanan dan menjaga daerah pertahanan timnya. Atas dasar penampilan apik tersebut, pihak the Villans menghadiahinya dengan kontrak profesional pertama bagi pemain kelahiran 19 Desember tersebut.

Bermain di posisi bek tengah, Cahill tidak segera menjadi pemain tetap di starting eleven the Villans.  Ia terlebih dahulu harus dipinjamkan ke Burnley pada musim pertamanya menjadi pemain profesional untuk Aston Villa. Cahill dipinjamkan ke Burnley guna mendapat kesempatan dan pengalaman bermain di kompetisi profesional liga yang ketat.

Dalam masa peminjamannya di Burnley, Cahill sukses bermain dengan apik dan menyabet gelar pemain terbaik sepanjang musim dan pemain muda terbaik sepanjang musim 2004-2005 untuk Burnley. Penampilan impresifnya tersebut sudah cukup membuatnya mengamankan tempat di tim utama Aston Villa pada musim berikutnya.

Pada musim keduanya menjadi pemain dengan kontrak profesional, Cahill sukses membuat kesan yang baik dengan penampilan impresifnya di barisan pertahanan Aston Villa. Ia sukses tampil apik dalam beberapa pertandingan yang ia jalani bersama dengan the Villans, termasuk kala ia mencetak gol dengan tendangan saltonya ke gawang Birmingham City.

Meski di musim selanjutnya ia dibekap cedera pada awal musim, namun ia sukses kembali ke posisi tim utama akibat cederanya Martin Laursen. Pada September 2007, Cahill dipinjamkan ke Sheffield United dengan durasi peminjaman selama 3 bulan. Ia bermain dengan bagus bersama dengan Sheffield. Hal tersebut membuat banyak klub menginginkan jasanya.

Pada Januari 2008, Cahill resmi berseragam Bolton Wanderers. Ia dikontrak Bolton dengan nilai kontrak mencapai £5 juta dengan durasi tiga setengah tahun. Bersama dengan Bolton, Cahill sukses mengamankan posisi di tim inti Bolton segera setelah kedatangannya ke Reebok Stadium.

Pertandingan debut yang ia jalani kala Bolton menang 2-0 atas Reading membuat Cahill menjadi salah satu pemain favorit di Bolton. Ia bahkan dianugerahi gelar pemain pendatang baru terbaik pada akhir musim.

Pada Februari 2010, Ia mendapat cedera saat menghadapi Fulham dan cedera itu memaksanya untuk menepi selama beberapa minggu dari lapangan. Meski demikian, begitu cederanya sembuh, ia segera merebut kembali posisinya sebagai pemain vital di barisan pertahanan Bolton pada musim 2010/2011.

Pada musim selanjutnya, Cahill tetap menjadi andalan lini belakang Bolton. Namun kontraknya yang hapir habis menjadi alasan bagi Bolton untuk segera menjualnya ke klub lain.

Pada Januari 2012, Cahill resmi menjadi pemain Chelsea. Klub asal kota London tersebut membeli dengan nominal £7 juta. Masa awal Cahill berseragam Chelsea bisa dibilang kurang baik. Namun setelah ia mendapatkan kesempatan bermain menggantikan David Luiz yang cedera, Cahill secara perlahan menjadi sosok kunci bagi Chelsea.

Bersama Chelsea, Cahill sukses memberikan klub asal London tersebut 1 trofi piala FA, 1 piala Uefa dan 1 piala Liga Champion.


Oleh: Fatkhur Rozi


Karir timnas:
2004–2005 : England U20     
2008 : England U21     
2010–Sekarag :    England

Berita Terbaru Gary Cahill

Demi Dua Orang Ini, Azpilicueta Makin Termovitasi Menangkan Liga Europa

Demi Dua Orang Ini, Azpilicueta Makin Termovitasi Menangkan Liga Europa

29-05-2019 00:38

Bek senior Chelsea Cesar Azpilicueta makin termotivasi untuk memenangkan trofi Liga Europa berkat Callum Hudson-Odoi dan Ruben Loftus-Cheek.

Dikritik Pemainnya Sendiri, Begini Respon dari Maurizio Sarri

Dikritik Pemainnya Sendiri, Begini Respon dari Maurizio Sarri

06-05-2019 05:06

Belum lama ini, Maurizio Sarri mendapatkan kritikan dari salah satu pemainnya di Chelsea, Gary Cahill. Pelatih asal Italia tersebut lalu menjawab pertanyaan yang diberikan kepadanya seputar komentar pedas itu.

Masa Buruk Cahill di Chelsea, Dicueki Sarri Hingga Jadi Cadangan Mati

Masa Buruk Cahill di Chelsea, Dicueki Sarri Hingga Jadi Cadangan Mati

06-05-2019 01:00

Hari-hari Gary Cahill di Chelsea, terutama saat diasuh oleh Maurizio Sarri, tampak kurang menyenangkan. Bek veteran asal Inggris itu mengaku bahwa dirinya sulit untuk bisa menghormati sosok yang juga pernah menukangi Napoli tersebut.

Cahill Bersiap untuk Tinggalkan Chelsea

Cahill Bersiap untuk Tinggalkan Chelsea

05-05-2019 19:20

Bek senior Chelsea Gary Cahill mengungkapkan ia siap pergi dari Stamford Bridge di akhir musim ini akan tetapi ia menegaskan tak punya rencana untuk pensiun.

Secara Terang-terangan Cahill AKui Kehilangan Respek pada Sarri

Secara Terang-terangan Cahill AKui Kehilangan Respek pada Sarri

05-05-2019 18:59

Bek senior Chelsea Gary Cahill mengakui ia sudah tak lagi memiliki rasa respek terhadap manajernya sekarang ini, Maurizio Sarri.

Chelsea Pulangkan Nathan Ake?

Chelsea Pulangkan Nathan Ake?

21-03-2019 19:40

The Blues disebut tertarik untuk memulangkan Nathan Ake dari Bournemouth dalam waktu dekat.

Sarri: Gary Cahill Masih Penting Untuk Chelsea

Sarri: Gary Cahill Masih Penting Untuk Chelsea

02-03-2019 16:00

Sarri menegaskan abhwa sang bek masih memiliki peran yang besar untuk Chelsea musim ini.

Arsenal Segera Tuntaskan Transfer Gary Cahill?

Arsenal Segera Tuntaskan Transfer Gary Cahill?

30-01-2019 16:00

The Gunners disebut akan merekrut Gary Cahill dari Chelsea dalam waktu dekat.

Krisis Bek Tengah, Arsenal Kebut Transfer Bek Baru

Krisis Bek Tengah, Arsenal Kebut Transfer Bek Baru

28-01-2019 13:00

Mereka disebut tengah mencoba untuk mendatangkan bek tengah baru dalam waktu dekat ini.

Unai Emery Bantah Arsenal Kejar Gary Cahill

Unai Emery Bantah Arsenal Kejar Gary Cahill

03-01-2019 17:20

Emery menegaskan kabar itu adalah hoax belaka karena timnya tidak meminati bek Chelsea tersebut.