HEURELHOGOMES

Heurelho Gomes
Nama Lengkap : Heurelho da Silva Gomes
Tempat Lahir : Joao Pinheiro, Brasil
Tanggal Lahir : 15 Februari 1981 (36 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Watford
Posisi : Kiper
No Punggung : 1
Tinggi : 191 cm

Karir

  • 2002 - 2004 : Cruzeiro
  • 2004 - 2008 : PSV Eindhoven
  • 2008 - 2014 : Tottenham Hotspur
  • 2013 - : Hoffenheim
  • 2014 - : Watford

Heurelho da Silva Gomes adalah seorang penjaga gawang dan mantan punggawa Timnas Brasil. Dia dua kali mengangkat Piala Konfederasi yakni pada tahun 2005 dan 2009. Gomes lahir di João Pinheiro, Minas Gerais, Brasil, 15 Februari 1981. Pemain yang dinilai memiliki kuatlitas menjaga area pinalti dan kemampuan mengomando barisan pertahanan ini merupakan salah satu penjaga gawang yang sudah berpengalaman bermain di liga-liga top Eropa.

Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini memulai karirnya pada tahun 2002 di salah satu klub Liga Brasil, Cruzeiro. Kala bermain untuk Cruzeiro, ia dengan cepat mengambil posisi utama dan membuat 59 penampilan selama dua musim sebelum klub Belanda, PSV Einhoven, mengamatinya pada tahun 2004. Pada musim panas tahun 2004 Heurelho pindah ke Belanda bersama PSV dengan nominal transfer € 1 juta.

Pada tanggal 11 Agustus 2004, ia melakoni debut untuk PSV Eindhoven dalam pertandingan melawan Red Star Belgrade. Gomes menghabiskan empat tahun di tim Belanda dan memiliki banyak penghargaan disana. Ia menjadi Juara Eredivisie empat kali dan sukses meloloskan PSV ke perempat final dan semifinal Liga Champions. Dalam urusan performa permainan, Gomes selalu nomor satu di klub dan dia tidak pernah membiarkan siapa pun mengambil tempatnya sebagai kiper utama.

Pada tahun 2008 ia menandatangani kontrak bersama Tottenham yang kala itu sedang mencari pengganti Paul Robinson. Spurs harus merogoh kocek hingga £ 7.800.000 untuk sang kiper. Seperti yang disebut di beberapa sumber, pelatih kepala Tottenham, Juande Ramos, mengutamakan penilaian pribadinya dalam proses pembelian Gomes.

Gomes tampil mengecewakan pada musim pertamanya di Liga Inggris. Ia mengawali musim dengan burut yang bahkan menurut fans Spurs, start musim tersebut adalah yang terburuk dalam sejarah. Juande Ramos harus membayar mahal untuk start tersebut yang berujung pada pemecatannya. Namun, penggantinya, Harry Redknapp, memutuskan untuk tetap mempercayai Gomes sebagai kiper utama. Untungnya, Gomes membayar tuntas kepercayaan tersebut dan mulai mendapatkan kembali kemampuan terbaiknya.

Pada 2009/2010 Gomes akhirnya menjadi tulang punggung Spurs. Setelah kembali dari cedera yang ia dapat kala melawan Hull City, Gomes kembali ke lapangan dan tampil lebih baik dari sebelumnya. Ia bahkan sampai menerima pujian oleh mantan bintang Arsenal, Tony Adams.

Tottenham berhasil lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub berkat kontribusinya. Gomes juga menjadi salah satu yang terbaik kiper Premier League, hanya kebobolan 26 gol dalam 31 pertandingan.

Pada musim 2010/2011, ia menderita cedera serius di akhir musim panas. Ia terpaksa menepi selama dua bulan dan Cudicini harus mengambil tempatnya sebagai penjaga gawang utama. Sekembalinya dari cedera, performanya tak kunjung membaik. Ia menghabiskan musim 2011/2012 di bangku cadangan. Penjaga gawang berpengalaman asal Amerika, Brad Friedel, menjadi kiper utama menggantikan posisinya.

Pada tahun 2013 Gomes dipinjamkan ke salah satu klub asal Jerman, Hoffenheim. Ia menjalani masa awal peminjamannya dengan mengesankan. Mengawali debut dengan kemangan 2-1 atas Freiburg, ia mendapat pujian dari sang Manajer sebagai salah satu penjaga gawang yang memiliki ketenangan.

Sayangnya, musimnya harus berakhir lebih cepat karena cedera parah yang ia derita pada pertandingan tanggal 6 April 2013 melawan Dusseldorf dan harus menjalani operasi di tangannya. Sekembalinya ke Tottenham dari masa peminjaman di Jerman, ia kalah bersaing dengan Lloris dan Friedel sehingga ia harus puas menjadi pilihan ketiga.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Heurelho Gomes

Gomes: Saya Kasihan dengan Ospina di Arsenal

Gomes: Saya Kasihan dengan Ospina di Arsenal

17-02-2017 15:50

David Ospina mendapat simpati dari Heurelho Gomes, usai kiper Arsenal kemasukan lima gol di pertandingan melawan Bayern Munchen.

Kecewanya Gomes Usai Dikalahkan Manchester United

Kecewanya Gomes Usai Dikalahkan Manchester United

12-02-2017 05:47

Kiper Watford, Heurelho Gomes mengakui timnya gagal tampil di performa terbaik di babak pertama sehingga dirinya kecewa harus kalah dari Manchester United.

Crooks: Gomes Brilian Saat Pecundangi Manchester United

Crooks: Gomes Brilian Saat Pecundangi Manchester United

20-09-2016 10:32

Mantan pemain Tottenham Hotspur, Garth Crooks mengatakan bahwa kiper Watford, Heurelho Gomes tampil sangat luar biasa saat timnya mengalahkan Manchester United akhir pekan lalu.

Kiper Watford: Arsenal Tim Medioker!

Kiper Watford: Arsenal Tim Medioker!

14-03-2016 17:15

Kiper utama Watford Heurelho Gomes memberikan label Arsenal sebagai tim medioker.

Pujian dan Kekecewaan Courtois Usai Gagal Kalahkan Watford

Pujian dan Kekecewaan Courtois Usai Gagal Kalahkan Watford

05-02-2016 09:27

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois tak memungkiri bahwa timnya sangat kecewa karena gagal meraih kemenangan saat melawan Watford tengah pekan lalu. Laga ini berakhir imbang tanpa gol.

Bos Watford: Kami Pantas Curi Poin Chelsea

Bos Watford: Kami Pantas Curi Poin Chelsea

04-02-2016 07:11

Manajer Watford, Quique Flores, berkeras bahwa timnya pantas meraih poin usai bermain imbang tanpa gol melawan Chelsea semalam.

Gomes Puas Jinakkan Chelsea

Gomes Puas Jinakkan Chelsea

04-02-2016 07:10

Kiper Watford, Heurelho Gomes, mengaku puas bisa menahan imbang Chelsea tanpa gol semalam.

Hiddink: Chelsea Bermain Lebih Baik

Hiddink: Chelsea Bermain Lebih Baik

04-02-2016 06:44

Guus Hiddink mengaku Chelsea sudah menunjukkan permainan yang bagus dari pekan ke pekan, meski semalam mereka hanya bisa bermain imbang tanpa gol melawan Watford di partai tandang Premier League.

Hasil Pertandingan Watford vs Manchester City: Skor 1-2

Hasil Pertandingan Watford vs Manchester City: Skor 1-2

03-01-2016 02:34

Manchester City sukses mengamankan tiga poin setelah mengalahkan tuan rumah Watford dengan skor 2-1 di Vicarage Road, Minggu (03/01) dini hari.

Gomes: Petr Cech Seperti Seorang Striker di Arsenal

Gomes: Petr Cech Seperti Seorang Striker di Arsenal

17-10-2015 17:05

Kiper Watford, Heurelho Gomes mengklaim bahwa keberadaan Petr Cech di Arsenal layaknya seorang penyerang tajam dalam sebuah tim. Menurutnya, Cech akan memenangkan banyak pertandingan untuk The Gunners.