MARIOSUAREZ

Mario Suarez
Nama Lengkap : Mario Suarez Mata
Tempat Lahir : Alcobendas, Spanyol
Tanggal Lahir : 24 Februari 1987 (29 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Valencia
Posisi : Gelandang
No Punggung : 7
Tinggi : 188 cm

Karir

Mario membuat debutnya di La Liga pada tanggal 6 November 2005 kala Los Rojiblancos menghadapi Sevilla. Kala itu, Mario masih berusia delapan belas tahun dan sudah memberikan penampilan yang apik pada pertandingan yang berakhir tanpa gol tersebut. Pada musim itu pemain kelahiran 24 Februari tersebut juga turut bermain di tiga pertandingan lagi, termasuk dua pertandingan di mana ia bermain penuh sepanjang sembilan puluh menit.

Atlético memutuskan untuk meminjamkan gelandang bertahan kelahiran Alcobendas tersebut ke Real Valladolid pada 2006-07. Kala bermain untuk Valladolid, ia sukses membantu la Pucela mendapat tiket promosi ke La Liga. Total bersama dengan Valladolid, ia turut menyumbang 3 gol dari 23 kali penampilannya.

Meski bermain baik untuk Valladolid, pada musim berikutnya Mario masih belum diberi kesempata untuk kembali bermain di tim utama Atletico. Ia justru harus menjalani laga di Segunda División, karena Atletico memutuskan untuk meminjamkannya ke Celta de Vigo. Mario bermain sebanyak 26 pertandingan bersama Celta. Sayangnya, penampilan tersebut tak bisa membantu Celta yang malah merosot ke urutan 16 pada klasmen akhir.

Pada bulan Juli 2008 Mario dijual ke Real Mallorca dengan durasi kontrak selama empat tahun. Pada kesepakatan transfernya tersebut, kubu Atlético dan Mallorca sepakat memberikan opsi untuk membeli kembali Suárez dengan nominal sebesar € 1.8 juta.

Selama bermain untuk Mallorca, Mario bermain sebanyak 60 kali pertandingan dan menjadi pemain kunci dalam tim. Keberadaannya di lini tengah Mallorca sukses menghidupkan sektor tengah tim. Hal itu terbukti dengan kesusksesan Mallorca finish di posisi keenam pada klasmen akhir musim 2009/10.

Kubu Atletico memutuskan untuk membeli lagi Mario setelah melihat permainan apiknya bersama Mallorca. Dalam musim pertamanya kembali di Madrid, Suárez sukses memaksa Paulo Assunção tersisihkan dari tim utama dan mengklaim posisi gelandang bertahan untuk dirinya.

Pada Desember 2011, ketika Diego Simeone mengambil alih tugas sebagai pelatih Atletico, posisi Mario dalam tim utama tergeser oleh Tiago. Ketika gelandang asal Portugal mengalami cedera, Mario menggunakan kesempatan tersebut untuk kembali ke tim utama dengan bermain impresif pada laga final Europa League. Pada pertandingan tersebut, ia menjadi salah satu pemain terbaik Atlético dengan performa dan kontribusinya menyeimbangkan lini tengah Los Rojiblancos.

Pada musim 2012/2013, Mario mengalami masa – masa sulit. Penampilannya dinilai kurang stabil dan kerap mengalami penurunan. Untungnya, Someone tetap mempercayainya untuk tampil reguler di starting eleven Atletico. Total ia membuat 29 penampilan dan mencetak satu gol di La Liga, 5 penampilan di Liga Europa UEFA dan 9 penampilan di Copa del Rey.

Pemain kelahiran Alcobendas tersebut dinilai sebagian publik sebagai pemain spesialis laga final. Hal itu didasari karena ia memenangkan setiap laga final yang ia jalani bersama dengan Atlético. Tak hanya itu, Mario juga selalu membuat penampilan yang luar biasa dalam setiap pertandingan final bersama dengan Los Rojiblancos.

Usahanya di Atletico berbuah panggilan dari pelatih Tim Nasional Spanyol Vicente Del Bosque. Del Bosque memintanya bergabung bersama Spanyol  pada laga persahabatan melawan Uruguay. Sebelumnya, Mario sendiri pernah menjalani laga internasional bersama Spanyol pada level U-17, U-19,  U-20 dan U-21. Ia juga membuat debut di kualifikasi Piala Dunia 2014 kala Spanyol bermain melawan Finlandia. Pada pertandingan tersebut, Mario bermain 90 menit penuh.

 

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Mario Suarez

Dari La Liga, Suarez Resmi Gabung Klub Tiongkok

Dari La Liga, Suarez Resmi Gabung Klub Tiongkok

12-07-2017 10:00

Klub Liga Super Tiongkok, Guizhou Hengfeng Zhicheng, belum lama ini mengungkap bahwa mereka sudah berhasil merekrut gelandang Watford, Mario Suarez.

Prediksi Valencia vs Barcelona 22 Oktober 2016

Prediksi Valencia vs Barcelona 22 Oktober 2016

21-10-2016 00:52

Prediksi Valencia vs Barcelona, preview Valencia vs Barcelona, Valencia vs Barcelona, La Liga, Prediksi 22 Oktober 2016, Hasil akhir Valencia vs Barcelona.

Lebih Lengkap dari Xavi, Koke Bisa Jadi Terbaik Dunia

Lebih Lengkap dari Xavi, Koke Bisa Jadi Terbaik Dunia

02-10-2016 08:39

Gelandang Valencia, Mario Suarez memberikan pujian kepada bintang Atletico Madrid, Koke. Menurutnya, Koke sebagai pemain memiliki skill yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan Xavi.

Rayakan 200 Ribu Followers, Pacar Suarez Bagi Foto Bugil

Rayakan 200 Ribu Followers, Pacar Suarez Bagi Foto Bugil

17-02-2016 08:18

Sebuah cara unik dilakukan model seksi Malena Costa untuk merayakan followers dirinya di Instagram yang mencapai angka 200 ribu baru-baru ini.

Watford Rampungkan Transfer Suarez

Watford Rampungkan Transfer Suarez

28-01-2016 23:11

Pemain asal Spanyol ini bergabung dengan Watfortd dengan harga 4,1 juta pounds plus bonus.

Liverpool Lagi-lagi Coba Gaet Suarez

Liverpool Lagi-lagi Coba Gaet Suarez

07-01-2016 03:53

Raksasa Premier League, Liverpool dikabarkan masih memiliki asa memboyong gelandang Fiorentina, Mario Suarez di bursa transfer musim dingin kali ini.

Kekasih Suarez Strip-Tennis Bersama Nadal

Kekasih Suarez Strip-Tennis Bersama Nadal

04-12-2015 10:43

Malena Costa, model seksi yang merupakan kekasih gelandang Fiorentina Mario Suarez, baru-baru ini bermain 'strip-tennis' di kota Madrid. Sesuai sebutannya 'strip-tennis', Costa bermain tenis sambil membuka baju, tapi ya tentu saja tidak semuanya.

Suarez Minta Agen Buka Negosiasi dengan Liverpool

Suarez Minta Agen Buka Negosiasi dengan Liverpool

04-11-2015 14:26

Mario Suarez telah meminta agennya untuk membuka negosiasi dengan Liverpool, seiring keinginan sang pemain pergi dari Fiorentina, menurut laporan yang beredar di Italia.

Liverpool Kembali Berusaha Datangkan Suarez

Liverpool Kembali Berusaha Datangkan Suarez

28-10-2015 14:31

Liverpool tengah dikaitkan dengan gelandang Fiorentina, Mario Suarez.

Liverpool Kembali Berhasrat Datangkan Suarez?

Liverpool Kembali Berhasrat Datangkan Suarez?

25-10-2015 19:16

Pada bursa transfer musim panas lalu, Liverpool pernah dikabarkan ingin mendatangkan Mario Suarez ke Anfield dari Atletico Madrid. Januari nanti, peluang Liverpool untuk mendapatkannya kembali terbuka.