Nama Lengkap : Patrice Latyr Evra
Tempat Lahir : Dakar, Senegal
Tanggal Lahir : 15 Mei 1981 (36 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Marseille
Posisi : Bek
No Punggung : 33
Tinggi : 175 cm

Karir

Patrice Evra adalah seorang pemain sepakbola berkebangsaan Perancis yang saat ini membela klub Ligue-1, Olympique Marseille. Meskipun berkebangsaan Perancis, Evra adalah kelahiran Senegal.

Kepindahan Evra ke Eropa dikarenakan karena ayahnya yang seorang diplomat dipindahtugaskan ke kedutaan Senegal di Brussel, Belgia. Ayah Evra adalah seorang keturunan Guinea dan ibunya adalah keturunan Cape Verde.

Di usia 3 tahun, keluarganya kemudian pindah ke Perancis. Di sinilah ketertarikan Evra terhadap sepakbola mulai tumbuh. Diawali dengan sering bermain di jalanan, oleh temannya, Tshymen Buhanga, Evra ditawarkan untuk bergabung dengan klub lokal CO Les Ulis.

Selama di klub tersebut, Evra sempat menjalani masa percobaan bersama Rennes dan Lens. Namum tidak ada yang membuahkan kontrak. Toulouse dan Paris Saint-Germain juga menjadi tujuan percobaannya, namum juga gagal.

Kontrak profesionalnya ternyata tidak datang dari Perancis melainkan dari Italia. Seorang scout melihatnya bermain di sebuah turnamen futsal dan mengenalkannya pada Marsala, sebuah klub profesional Serie C1 liga Italia. Evra mengungkapkan bahwa momen tersebut adalah momen yang tidak akan pernah ia lupakan.

Selepas dari Marsala, Evra lalu dikontrak oleh klub Serie B, Monza. Sayang, ia tidak terlalu mendapatkan kesempatan sehingga akhirnya frustrasi. Evra hanya bermain di tiga pertandingan dan akhirnya memilih untuk kembali ke Perancis.

Di Perancis, Evra kemudian bergabung dengan Nice. Evra kurang mendapat kesempatan bersama tim utama. Namun pada musim 2002-2002, ia menjadi pilihan utama dan mendapat nomor punggung 17. Sebelum badai cedera yang menimpa Nice, Evra adalah seorang penyerang. Pelatih Nice saat itu, Sandro Salvioni mengatakan tidak pilihan lain bagi Evra selain bermain sebagai bek kiri.

Permainan Evra di posisi tersebut pun tidak mengecewakan hingga akhirnya klub rival Nice, Monaco, merekrutnya. Memakai nomor punggung 3, Evra diplot untuk bermain di bek kiri oleh pelatih Monaco saat itu, Didier Deschamps. Evra bermain bagus selama musim tersebut dan membantu Monaco meraih Coupe de la Ligue sekaligus menjadi gelar major pertama dalam karirnya.

Evra juga termasuk di skuad saat Monaco mencapai final Liga Champions sebelum akhirnya dikalahkan Porto FC di laga puncak. Tapi karena performanya tersebut, ia dianugerahi UNFP Young Player of the Year dan menjadi bek kedua yang dianugerahi gelar tersebut.

Klbu-klub raksasa pun mulai tertarik merekrutnya. Sebut saja Juvetus, Inter Milan, dan Manchester United. Nama terakhir adalah klub yang dituju Evra selanjutnya. Banyak yang mengatakan faktor kepindahannya karena menurunnya prestasi Monaco di musim 2005-2006.

6 Januari 2006, Evra resmi pindah ke Manchester United. Di klub inilah, prestasi Evra lebih berlimpah daripada saat di Monaco. Meskipun sempat mengalami kesulitan beradaptasi, namum Evra berhasil mengantarkan United meraih gelar Liga Champion 2008. Di musim yang sama United juga berhasil meraih gelar Liga Inggris.

Di musim 2011-2012, Evra sempat berselisih dengan penyerang Liverpool, Luis Suarez, terkait masalah rasisme. Luis Suarez terbukti bersalah dan mendapatkan hukuman atas perilaku negatifnya tersebut.

Di level internasional, Evra lebih memilih Perancis daripada Senegal, tanah kelahirannya. Ini yang membuatnya sempat dicemooh oleh pendukung timnas Senegal.

Di kompetisi internasional, Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012 adalah kompetisi dimana namanya masuk ke dalam skuad. Belumlah ada prestasi yang diraihnya selama membela timnas Perancis. Evra sempat mendapatkan masalah yang mengancam posisinya di timnas saat ia memimpin demo terkait pengeluaran Nicolas Anelka dari timnas.

Evra dikenal sebagai bek modern yang dapat membantu penyerangan dari sektor sayap. Ini juga didukung pengalamannya yang pernah menjadi penyerang dan pemain sayap. Meskipun postur Evra tidaklah terlalu besar, namun Evra cukup tangguh dalam duel udara.  


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Patrice Evra

Evra Yakin Pogba Kuat Menghadapi Kritik

Evra Yakin Pogba Kuat Menghadapi Kritik

04-04-2017 15:50

Patrice Evra mengatakan Paul Pogba takkan terpengaruh oleh kritik.

Evra: Saya Siap Membunuh Demi Pogba

Evra: Saya Siap Membunuh Demi Pogba

04-04-2017 14:50

Patrice Evra bisa jadi merupakan sosok yang amat mengagumi Paul Pogba.

Evra: Tidak Ada Masalah dengan Luis Suarez

Evra: Tidak Ada Masalah dengan Luis Suarez

25-02-2017 22:20

Patrice Evra mengaku ia sama sekali tidak punya masalah dengan Luis Suarez, usai sebelumnya keduanya terlibat bentrok saat masih membela Manchester United dan Liverpool.

Ternyata Ini Alasan Evra Tinggalkan Juventus

Ternyata Ini Alasan Evra Tinggalkan Juventus

04-02-2017 11:45

Pemain bertahan Marseille, Patrice Evra akhirnya angkat bicara terkait keputusannya meninggalkan Juventus dan kembali ke Prancis pada Januari ini.

Respek Besar Dari Evra Untuk Allegri

Respek Besar Dari Evra Untuk Allegri

04-02-2017 08:15

Mantan bek kiri Juventus, Patrice Evra mengungkapkan bahwa dirinya memiliki rasa hormat yang begitu besar kepada pelatih Bianconeri, Massimiliano Allegri.

Evra: Ada Pihak yang Menghadang Saya Kembali ke MU

Evra: Ada Pihak yang Menghadang Saya Kembali ke MU

04-02-2017 03:30

Patrice Evra mengakui hampir saja gabung dengan Manchester United pada bursa transfer bulan Januari lalu. Tapi karena ada pihak yang tak menginginkan kepindahan itu terjadi, maka ia gabung dengan Marseille dari Juventus.

Agen: Evra Akan Berjuang Keras untuk Kembali ke MU

Agen: Evra Akan Berjuang Keras untuk Kembali ke MU

30-01-2017 04:13

Agen Patrice Evra mengungkapkan kliennya sempat akan melakukan segala sesuatu agar bisa kembali ke Manchester United pada bulan Januari ini seandainya kesempatan itu memang ada.

Evra: Tak Ada Keraguan Saat Pilih Marseille

Evra: Tak Ada Keraguan Saat Pilih Marseille

27-01-2017 10:45

Pemain baru Marseille, Patrice Evra mengungkapkan bahwa dirinya tak ragu mengatakan setuju saat klub Prancis itu membuat tawaran kepadanya.

Evra Tak Sabar Rasakan 'Kegilaan' di Marseille

Evra Tak Sabar Rasakan 'Kegilaan' di Marseille

27-01-2017 09:15

Pemain baru Marseille, Patrice Evra mengatakan bahwa dirinya sudah tak sabar menanti 'kegilaan' di klub barunya bersama para suporter.

Juventus: Terima Kasih, Evra!

Juventus: Terima Kasih, Evra!

26-01-2017 18:32

Juventus baru saja melepas salah satu pemain bintangnya Patrice Evra ke klub Prancis, Marseille. Juve kemudian merilis kalimat perpisahan untuk pemain yang sudah berusia 35 tahun ini.