FOLLOW US:

Nama Lengkap : Patrice Latyr Evra
Tempat Lahir : Dakar, Senegal
Tanggal Lahir : 15 Mei 1981 (38 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Marseille
Posisi : Bek
No Punggung : 33
Tinggi : 175 cm

Karir

Patrice Evra adalah seorang pemain sepakbola berkebangsaan Perancis yang saat ini membela klub Ligue-1, Olympique Marseille. Meskipun berkebangsaan Perancis, Evra adalah kelahiran Senegal.

Kepindahan Evra ke Eropa dikarenakan karena ayahnya yang seorang diplomat dipindahtugaskan ke kedutaan Senegal di Brussel, Belgia. Ayah Evra adalah seorang keturunan Guinea dan ibunya adalah keturunan Cape Verde.

Di usia 3 tahun, keluarganya kemudian pindah ke Perancis. Di sinilah ketertarikan Evra terhadap sepakbola mulai tumbuh. Diawali dengan sering bermain di jalanan, oleh temannya, Tshymen Buhanga, Evra ditawarkan untuk bergabung dengan klub lokal CO Les Ulis.

Selama di klub tersebut, Evra sempat menjalani masa percobaan bersama Rennes dan Lens. Namum tidak ada yang membuahkan kontrak. Toulouse dan Paris Saint-Germain juga menjadi tujuan percobaannya, namum juga gagal.

Kontrak profesionalnya ternyata tidak datang dari Perancis melainkan dari Italia. Seorang scout melihatnya bermain di sebuah turnamen futsal dan mengenalkannya pada Marsala, sebuah klub profesional Serie C1 liga Italia. Evra mengungkapkan bahwa momen tersebut adalah momen yang tidak akan pernah ia lupakan.

Selepas dari Marsala, Evra lalu dikontrak oleh klub Serie B, Monza. Sayang, ia tidak terlalu mendapatkan kesempatan sehingga akhirnya frustrasi. Evra hanya bermain di tiga pertandingan dan akhirnya memilih untuk kembali ke Perancis.

Di Perancis, Evra kemudian bergabung dengan Nice. Evra kurang mendapat kesempatan bersama tim utama. Namun pada musim 2002-2002, ia menjadi pilihan utama dan mendapat nomor punggung 17. Sebelum badai cedera yang menimpa Nice, Evra adalah seorang penyerang. Pelatih Nice saat itu, Sandro Salvioni mengatakan tidak pilihan lain bagi Evra selain bermain sebagai bek kiri.

Permainan Evra di posisi tersebut pun tidak mengecewakan hingga akhirnya klub rival Nice, Monaco, merekrutnya. Memakai nomor punggung 3, Evra diplot untuk bermain di bek kiri oleh pelatih Monaco saat itu, Didier Deschamps. Evra bermain bagus selama musim tersebut dan membantu Monaco meraih Coupe de la Ligue sekaligus menjadi gelar major pertama dalam karirnya.

Evra juga termasuk di skuad saat Monaco mencapai final Liga Champions sebelum akhirnya dikalahkan Porto FC di laga puncak. Tapi karena performanya tersebut, ia dianugerahi UNFP Young Player of the Year dan menjadi bek kedua yang dianugerahi gelar tersebut.

Klbu-klub raksasa pun mulai tertarik merekrutnya. Sebut saja Juvetus, Inter Milan, dan Manchester United. Nama terakhir adalah klub yang dituju Evra selanjutnya. Banyak yang mengatakan faktor kepindahannya karena menurunnya prestasi Monaco di musim 2005-2006.

6 Januari 2006, Evra resmi pindah ke Manchester United. Di klub inilah, prestasi Evra lebih berlimpah daripada saat di Monaco. Meskipun sempat mengalami kesulitan beradaptasi, namum Evra berhasil mengantarkan United meraih gelar Liga Champion 2008. Di musim yang sama United juga berhasil meraih gelar Liga Inggris.

Di musim 2011-2012, Evra sempat berselisih dengan penyerang Liverpool, Luis Suarez, terkait masalah rasisme. Luis Suarez terbukti bersalah dan mendapatkan hukuman atas perilaku negatifnya tersebut.

Di level internasional, Evra lebih memilih Perancis daripada Senegal, tanah kelahirannya. Ini yang membuatnya sempat dicemooh oleh pendukung timnas Senegal.

Di kompetisi internasional, Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012 adalah kompetisi dimana namanya masuk ke dalam skuad. Belumlah ada prestasi yang diraihnya selama membela timnas Perancis. Evra sempat mendapatkan masalah yang mengancam posisinya di timnas saat ia memimpin demo terkait pengeluaran Nicolas Anelka dari timnas.

Evra dikenal sebagai bek modern yang dapat membantu penyerangan dari sektor sayap. Ini juga didukung pengalamannya yang pernah menjadi penyerang dan pemain sayap. Meskipun postur Evra tidaklah terlalu besar, namun Evra cukup tangguh dalam duel udara.  


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Patrice Evra

Lippi Bicara Soal Kemungkinan Allegri dan Evra Berduet di MU

Lippi Bicara Soal Kemungkinan Allegri dan Evra Berduet di MU

06-11-2019 03:41

Marcello Lippi menyatakan dukungannya terhadap Massimiliano Allegri untuk menukangi Manchester United suatu hari nanti. Soal asistennya, ia percaya bahwa Patrice Evra merupakan sosok yang terbaik.

Dikritik Keras, Unai Emery Balas dengan Komentar yang Lebih Pedas

Dikritik Keras, Unai Emery Balas dengan Komentar yang Lebih Pedas

24-10-2019 07:49

Pelatih Arsenal, Unai Emery, tidak ingin kalah dengan kritikus yang sedang menyasar dirinya belakangan ini. Ia melayangkan jawaban yang tidak kalah pedasnya.

Kekuatan Mental Jadi Penentu Kesuksesan Nicolas Pepe di Inggris

Kekuatan Mental Jadi Penentu Kesuksesan Nicolas Pepe di Inggris

22-10-2019 21:24

Eks bek Manchester United Patrice Evra menyebut kekuatan mental akan jadi penentu apakah Nicolas Pepe bisa sukses bersama Arsenal di Inggris atau tidak.

Penilaian Evra untuk Nicolas Pepe: Terbebani Harga Mahal dan Harus ke Gym

Penilaian Evra untuk Nicolas Pepe: Terbebani Harga Mahal dan Harus ke Gym

22-10-2019 20:11

Eks bek Manchester United Patrice Evra menyebut Nicolas Pepe tampak terbebani oleh bandrol transfernya yang mahal dan ia harus memperkuat tubuhnya di gym agar bisa beradaptasi dengan baik di Inggris.

Kasus Rasisme 2011, Evra Tak Mau Luis Suarez Dilarang Main Tapi Dikirim ke Afrika

Kasus Rasisme 2011, Evra Tak Mau Luis Suarez Dilarang Main Tapi Dikirim ke Afrika

22-10-2019 19:41

Eks bek Manchester United Patrice Evra mengaku ia lebih ingin melihat Luis Suarez dikirim ke Afrika ketimbang menjalani hukuman larangan bertanding saat tersangkut kasus rasisme tahun 2011 silam.

Evra Akui Sedang 'Berbicara di Balik Layar' dengan Manchester United

Evra Akui Sedang 'Berbicara di Balik Layar' dengan Manchester United

22-10-2019 08:11

Patrice Evra mengaku bahwa dirinya sedang melakukan pembicaraan di balik layar dengan Manchester United. Topiknya cukup jelas, yakni kemungkinan pria asal Prancis tersebut menduduki jabatan penting dalam klub.

Massimiliano Allegri dan Patrice Evra Reuni di Manchester United?

Massimiliano Allegri dan Patrice Evra Reuni di Manchester United?

16-10-2019 02:43

Keterpurukan yang dialami Manchester United membuatnya kini dihubung-hubungkan dengan sejumlah pelatih papan atas. Salah satunya adalah mantan nahkoda Juventus, Massimiliano Allegri.

Nakal! Termasuk Ozil, Inilah Barisan Pemain Pernah Kedapatan Selingkuh

Nakal! Termasuk Ozil, Inilah Barisan Pemain Pernah Kedapatan Selingkuh

03-10-2019 22:30

Dalam jalinan kisah asmara, setia kepada pasangan terbukti merupakan hal yang sulit dan ini terbukti dari kasus yang dialami oleh sejumlah pesepakbola, salah satunya gelandang Arsenal Mesut Ozil.

Evra Dapat Ancaman Pembunuhan Akibat Berselisih dengan Suarez

Evra Dapat Ancaman Pembunuhan Akibat Berselisih dengan Suarez

04-08-2019 21:36

Eks defender Manchester United Patrice Evra mengaku dirinya mendapat ancaman pembunuhan setelah bertengkar dengan bomber Liverpool Luis Suarez.

Patrice Evra Tak Simpan Rasa Benci Terhadap Luis Suarez

Patrice Evra Tak Simpan Rasa Benci Terhadap Luis Suarez

04-08-2019 19:54

Legend Manchester United Patrice Evra mengaku ia sempat ingin memukul Luis Suarez karena berlaku rasis kepadanya akan tetapi ia menegaskan tak menyimpan rasa benci pada eks Liverpool tersebut.