RUBENOLIVERA

Ruben Olivera
Nama Lengkap : Ruben Ariel Olivera da Rosa
Tempat Lahir : Montevideo, Uruguay
Tanggal Lahir : 04 Mei 1983 (34 Tahun)
Kebangsaan : Uruguay
Klub : Brescia
Posisi : Gelandang
No Punggung : 5
Tinggi : 184 cm

Karir

Ruben Ariel Olivera Da Rosa atau yang lebih akrab disapa Olivera ini adalah pesepakbola asal Uruguay yang bermain di ranah sepak bola benua Amerika dan Eropa. Dia memulai karir sepak bolanya sebagai pemain profesional di Danubio Futbol Club dan debut pada tahun 2001.

Permainannya di divisi 1 sepak bola Uruguay membuat dirinya dipilih untuk bermain di tim muda klub tersebut. Ketika menjalani persiapan untuk bermain di Piala Dunia 2002 melawan Italia di stadion Siuseppe Meazza, kemampuan sepak bolanya berhasil menarik perhatian petinggi sepakbola Italia, yaitu Inter Milan, A.C. Milan dan Juventus.

Pemain yang memiliki spesialisasi tendangan kaki kanan ini lebih tertarik dengan tawaran yang diberikan Juventus dan memutuskan untuk bergabung pada tahun 2003. Di Juve, Olivera harus berjuang dari awal untuk mendapat posisi di klub. Hingga akhirnya ia memulai bermain di musim semi dan berkesempatan untuk melakukan debut resminya di tim inti. Selama berada di bawah kontrak Juve, Olivera lebih sering menghabiskan waktunya bermain sebagai pemain pinjaman.

Gelandang yang lahir pada 4 Mei 1983 silam di kota Montevideo, Uruguay ini bermain di Atletico Madrid di musim berikutnya. Dikarenakan adanya kerenggangan hubungan antara dirinya beberapa staff Atletico, membuat nasibnya terabaikan. Sejak tidak dimainkan di sisa musim 2003-2004, di musim berikutnya, olivera dibiarkan tetap berada dalam tim tanpa dimainkan sama sekali.

Pada musim 2004-2005, Olivera kembali ke Juventus dan dimainkan bersama Marcelo Zalayeta dan Paolo Montero di beberapa turnamen seperti Seri A, Coppa Italia dan Liga Champion. Di saat-saat tersebut, Oliviero memutuskan untuk kembali  menjadi pemain pinjaman karena menurutnya sangat tidak memungkinkan untuk memperlebar sayapnya di Juventus saat itu.

Hal ini membuat Olivera dipindahkan untuk bermain di Sampdoria. Ketika bermain dengan klub berjuluk il Doria itu, dia pernah dilarang bermain selama 5 pertandingan ke depan karena insiden memukul tulang rusuk dan menendang paha dari salah satu pemain dari lawan mainnya.

Di musim berikutnya, dia memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya dan membela Penarol di periode 2007-2008 dimana dia berhasil mencetak 2 gol sebelum akhirnya kembali ke Eropa.

Untuk musim 2008-2009 dia bermain untuk klub berjuluk The Red-Blues, Genoa. Di klub tersebut, Olivero merasa telah menemukan tim yang konstan dalam hal manajemen dan permainan.

Di musim 2009-2010, ketika dia kembali bermain dengan Penarol tanpa status sebagai pemain pinjaman lagi, kedatangannya tidak mendapat sambutan hangat dari sang presiden klub dikarenakan terjadi masalah kecil dalam proses kontrak dengan klub. Namun hal ini tidak membuat performa klub turun. Mereka berhasil meraih kemenangan di Liga Champion.

Hanya bertahan satu musim merumput di Penarol, Olivera hijrah ke Lecce dan mendapat kaos bernomor punggung 10. Dia menghabiskan merumput bersama lecce selama 2 musim hingga tahun 2012.

Mendapat kesempatan untuk melebarkan sayap di kancah internasional jelas tidak ditolak oleh Olivira. Sejak tahun 2011, dia sudah mendapat tempat dalam skuad Tim Nasional senior Uruguay.


Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Ruben Olivera

Fiorentina Kehilangan Ruben Olivera Tiga Laga

Fiorentina Kehilangan Ruben Olivera Tiga Laga

22-02-2012 20:45

Fiorentina takkan diperkuat rekrutan baru Ruben Olivera dalam tiga pertandingan Serie A yang akan datang akibat kartu merah yang didapatnya saat melawan Bologna.

Lepas Olivera ke Fiorentina, Lecce Dapatkan Bojinov

Lepas Olivera ke Fiorentina, Lecce Dapatkan Bojinov

30-01-2012 22:22

Lecce akhirnya resmi menjual Ruben Olivera ke Fiorentina, namun di saat yang hampir bersamaan mereka mendapatkan Valeri Bojinov.