THIBAUTCOURTOIS

Thibaut Courtois
Nama Lengkap : Thibaut Nicolas Marc Courtois
Tempat Lahir : Bree, Belgia
Tanggal Lahir : 11 Mei 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Belgia
Klub : Chelsea
Posisi : Kiper
No Punggung : 13
Tinggi : 199 cm

Karir

Thibaut Nicolas Marc Courtois atau yang lebih dikenal dengan nama Courtois adalah pemain sepak bola profesional kelahiran 11 Mei 1992 yang berasal dari Bree, Belgia. Ia sempat mengasah kemampuan bermain sepak bolanya di klub Bilzen V.V. pada tahun 1997 dimana ia bermain sebagai bek kiri. Kemudian pada tahun 1999, ketika Courtois berusia 7 tahun, ia bergabung dengan tim junior klub Racing Genk. Di klub tersebut ia merubah posisi bermainnya menjadi penjaga gawang.

Setelah mengasah kemampuanya dalam bermain sepak bola di sistem junior klub Genk, Courtois yang saat itu berusia 16 tahun dan 341 hari, melakukan debutnya untuk tim senior inti Genk di pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2009. Ia berperan besar dalam kemenangan Genk di Pro League Belgia musim 2010-11.

Pemain sepak bola asal Belgia ini berhasil membawa pulang gelar Goalkeeper of the Year dan Genk Player of the Year, dimana ia hanya kebobolan 32 gol dan berhasil menjaga gawang Genk tanpa ada satu gol yang masuk di 14 dari 40 lebih pertandingan liga.

Pada bulan Juli 2011 Courtois menandatangani kontrak lima tahun dengan klub Inggris, Chelsea. Pada bulan September 2012 ia memperpanjang kontraknya selama tiga tahun dengan Chelsea.

Namun baru beberapa minggu ia bergabung dengan Chelsea, pemain sepak bola bernomor punggung 13 ini kemudian menandatangani kontrak pinjaman selama satu musim dengan klub La Liga, Atletico Madrid. Ia melakukan debutnya untuk Atletico di pertandingan Liga Europa UEFA melawan Vitória de Guimarães.

Courtois kemudian untuk pertama kalinya tampil di kompetisi La Liga, tepatnya di pertandingan melawan Osasuna. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor imbang tanpa ada satu gol yang masuk di kedua gawang, 0-0.

Courtois menjadi penjaga gawang utama mengalahkan Sergio Asenjo. Ia kemudian tampil di enam pertandingan La Liga pertamanya bersama Atletico Madrid tanpa ada satu pun gol yang masuk ke gawangnya di empat pertandingan.

Pada tanggal 26 November 2011, Courtois menerima kartu merah pertama sepanjang karirnya, tepatnya di pertandingan derby melawan Real Madrid, ketika ia melakukan foul ke pemain Real Madrid, Karim Benzema. Pertandingan derby tersebut lantas berakhir dengan kekalahan Atletico dengan skor akhir, 4-1.

Penjaga gawang asal Belgia ini lantas tampil di pertandingan final Liga Eropa UEFA tahun 2012 melawan Athletic Bilbao dimana ia berhasil menjaga gawang Atletico Madrid tanpa ada satu pun gol yang masuk. Pertandingan final tersebut lantas berakhir dengan skor 3-0, kemenangan untuk Atletico.

Pinjaman Courtois ke Atletico diperpanjang untuk hingga musim 2012-13. Pertandingan pertama dari perpanjangan masa pinjamannya adalah pertandingan final Super Cup UEFA melawan klub asalnya, Chelsea. Pertandingan yang diselenggarakan di Monaco tersebut kemudian berakhir dengan skor 4-1, kemenangan untuk Atletico Madrid.

Pada musim 2012-13 Courtois berhasil mencetak rekor baru di Atlético Madrid dimana selama 820 menit ia berhasil menjaga gawangnya tanpa ada satu gol pun yang masuk. Atlético kemudian berhasil mencapai pertandingan final Copa del Rey tahun 2013, yang merupakan pertandingan derby melawan Real Madrid, dan Courtois berhasil membawa pulang gelar man of the match. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk Atletico Madrid. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertama Atletico atas Real Madrid selama 14 tahun terakhir.

Courtois pertama kali mendapat panggilan dari Tim Nasional Belgia pada bulan Oktober 2011. Ia kemudian melakukan debutnya pada bulan November dalam pertandingan persahabatan melawan Prancis. Pertandingan tersebut membuatnya menjadi kiper termuda yang pernah bermain untuk Timnas Belgia dan pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0.

 

Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru Thibaut Courtois

Courtois Bela Batshuayi dari Kritik

Courtois Bela Batshuayi dari Kritik

26-10-2017 12:40

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois, meminta timnya untuk sabar terkait perkembangan permainan Michy Batshuayi.

Caballero: Saya Tahu Courtois Akan Hebat

Caballero: Saya Tahu Courtois Akan Hebat

26-10-2017 08:40

Willy Caballero tahu bahwa Thibaut Courtois ditakdirkan menjadi kiper hebat di Chelsea.

Courtois: Tak Ada Pengkhianatan di Ruang Ganti Chelsea

Courtois: Tak Ada Pengkhianatan di Ruang Ganti Chelsea

25-10-2017 12:05

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois menegaskan bahwa semua pemain memiliki komitmen berada di belakang Antonio Conte. Ini pun membantah rumor ada gejolak di ruang ganti The Blues.

Courtois Waspadai Bahaya Everton di Piala Liga

Courtois Waspadai Bahaya Everton di Piala Liga

25-10-2017 11:40

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois, dikabarkan amat mewaspadai ancaman yang bisa diberikan Everton menjelang pertemuan kedua klub di babak 16 besar Piala Liga malam nanti.

Courtois Bantah Skuat Chelsea Muak Dengan Metode Latihan Conte

Courtois Bantah Skuat Chelsea Muak Dengan Metode Latihan Conte

23-10-2017 17:59

Kiper Chelsea Thibaut Courtois menegaskan bahwa rekan-rekannya tak ada masalah sama sekali dengan metode latihan yang diterapkan oleh Antonio Conte.

Skuat Chelsea Siap Berjuang Agar Conte Tak Bernasib Seperti Mourinho

Skuat Chelsea Siap Berjuang Agar Conte Tak Bernasib Seperti Mourinho

23-10-2017 17:30

Kiper Chelsea Thibaut Courtois menyatakan bahwa semua penggawa The Blues siap berjuang maksimal agar nasib Antonio Conte tidak seperti Jose Mourinho.

Keunggulan MU dan Chelsea Dibanding Man City Menurut Schmeichel

Keunggulan MU dan Chelsea Dibanding Man City Menurut Schmeichel

21-10-2017 20:05

Manchester United dan Chelsea memiliki keunggulan daripada Manchester City dalam perburuan gelar musim ini, yakni dalam hal kiper yang sudah terbukti di Premier League. Demikian diklaim Peter Schmeichel.

Madrid Pastikan Akan Lamar Courtois

Madrid Pastikan Akan Lamar Courtois

18-10-2017 15:10

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, diklaim sudah mengkonfirmasi pada Thibaut Courtois bahwa mereka akan mengajukan penawaran pada Chelsea untuknya di 2018 mendatang.

Courtois Serukan Semangat Bangkit di Chelsea

Courtois Serukan Semangat Bangkit di Chelsea

17-10-2017 15:55

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois, menyerukan semangat bangkit pada rekan-rekannya menjelang pertandingan Liga Champions melawan AS Roma.

Kalah, Courtois Kritik Rekan-rekannya di Chelsea

Kalah, Courtois Kritik Rekan-rekannya di Chelsea

16-10-2017 14:45

Thibaut Courtois mengkritik rekan-rekannya di Chelsea usai mereka menelan kekalahan 1-2 dari Crystal Palace.