Nama Lengkap : Thomas Muller
Tempat Lahir : Weilheim in Oberbayern, Jerman Barat
Tanggal Lahir : 13 September 1989 (28 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Bayern Munchen
Posisi : Penyerang
No Punggung : 25
Tinggi : 186 cm

Karir

  • 2008 - 2009 : Bayern Munich B
  • 2008 - : Bayern Munchen

Thomas Muller merupakan punggawa Timnas Jerman yang lahir pada tanggal 13 September 1989 di Weilheim, Jerman. Muller mampu bermain di berbagai posisi di lini depan. Ia kerap bermain sebagai gelandang serang, gelandang tengah, second striker, dan bahkan pernah pula berperan sebagai seorang winger.

Bersama dengan Jerman, Ia sukses membantu der Panzer finish ketiga di Piala Dunia 2010. Pada turnamen tersebut, ia dinobatkan sebagai pemenang Golden Boot dan dinyatakan sebagai Pemain Muda Terbaik sepanjang turnamen.

Pada tanggal 14 November 2007, pesepakbola Jerman tersebut menerima undangan untuk memperkuat tim nasional U-19 Jerman guna bermain di pertandingan melawan Inggris. Pada tanggal 3 September 2008, Muller bermain untuk tim nasional Jerman U-20 dalam pertandingan melawan Austria dan ia sukses mencetak gol pada pertandingan tersebut.

Namun, karena kecintaannya terhadap FC Hollywood, ia menolak untuk mewakili Jerman pada pada level junior sehingga ia bisa berkonsentrasi pada kinerjanya bersama dengan Bayern.

Muller membuat debut Bundesliga untuk Bayern Munich dalam pertandingan melawan Hamburger SV pada tanggal 15 Agustus 2008 dan telah bermain untuk klub sejak debutnya tersebut. Pada 12 September 2009, Muller mencetak gol perdananya. Pada pertandingan yang berjalan timpang tersebut, Müller bahkan mencetak dua gol dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund. pertandingan tersebut berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Bayern.

Tiga hari kemudian, pesepakbola asal Jerman tersebut menyumbangkan gol lagi dalam pertandingan Liga Champions melawan Maccabi Haifa. Muller dinobatkan sebagai Bundesliga Best Rookie pada musim 2009/10 dengan 13 gol dan 10 assist yang ia buat untuk FC Hollywood.

Pada tanggal 3 Maret 2010, Muller menerima panggilan dari tim nasional senior Jerman. Pertandingan pertamanya untuk Jerman adalah kala Jerman bertanding melawan Argentina di stadion kebanggaan FC Hollywood, Allianz Arena. Muller diganti di menit ke-66 oleh pemain debutan Toni Kroos. Pada pertandingan tersebut, Jerman harus menyerah 0-1 dari Argentina.

Tak butuh lama bagi Muller untuk memperlihatkan kemampuannya bagi tim nasional Jerman. Namanya diikutkan dalam skuad Jerman kala berlaga di Piala Dunia Afrika Selata. Ia sanggup bermain dengan sangat baik sepanjang turnamen sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Thomas Muller berhasil membantu Jerman finish di peringkat tiga setelah membantai Inggris dengan skor 4-1 dan mempermalukan Argentina 4 gol tanpa balas dalam perjalanan menuju ke semifinal turnamen. Meski kalah di semifinal, Muller dinyatakan sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan torehan 5 gol dan 3 assist yang ia persembahkan untuk Timnas Jerman.

Pada musim 2010 /11 dan 2011/12 musim Müller mendapat tempat permanen dalam daftar starter Munchen dan dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari Bayern Munich. Muller telah dipuji karena teknik dan keterampilan menggiring bola yang sangat baik. Ia terkenal karena kemampuannya mencetak gol serta passingnya yang akurat. Thomas juga memiliki kelebihan dalam hal duel bola udara.

Kemampuannya sebagai pemain di lini serang Bayern semakin lengkap dengan bakat alaminya dalam hal positioning. Oleh karena itu, Muller bersama-sama dengan Ribery dan Robben disebut sebagai penyokong serangan Bayern Munich sepanjang musim 2010 /11 dan 2011/12.

Kemampuan Muller kerap dibandingkan dengan striker legendaris Jerman, Gerd Muller. Banyak pihak yang memprediksi bahwa ia akan mampu meraih  kesuksesan sebagai bomber kebanggaan Jerman layaknya Gerd Muller.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Thomas Muller

Muller Divonis Cedera, Absen di Der Klasiker

Muller Divonis Cedera, Absen di Der Klasiker

24-10-2017 10:30

Thomas Muller divonis absen selama tiga pekan usai mengalami cedera hamstring di pertandingan melawan Hamburg pekan lalu, menurut pernyataan resmi Bayern Munchen.

Bayern Harap-harap Cemas Nantikan Kondisi Muller

Bayern Harap-harap Cemas Nantikan Kondisi Muller

23-10-2017 11:00

Thomas Muller ditarik keluar usai 10 menit bermain di laga melawan Hamburg karena mengalami kram, menurut Jupp Heynckes.

Heynckes Berupaya Kembalikan Magis Muller

Heynckes Berupaya Kembalikan Magis Muller

19-10-2017 23:33

Berakhirnya era kepelatihan Carlo Ancelotti membawa angin segar bagi performa Thomas Muller. Apalagi, sang pelatih baru Jupp Heynckes kini telah mengembalikan Muller pada posisi terbaiknya.

Hoeness: Saya Tak Bisa Bayangkan Bayern Tanpa Muller

Hoeness: Saya Tak Bisa Bayangkan Bayern Tanpa Muller

15-10-2017 03:20

Thomas Muller adalah sosok yang sudah menggambarkan kultur Bayern Munchen dan akan sulit membayangkan klub tanpa kehadirannya, menurut presiden Thomas Muller.

Muller: Ancelotti Tak Boleh Dijadikan Kambing Hitam

Muller: Ancelotti Tak Boleh Dijadikan Kambing Hitam

12-10-2017 08:30

Thomas Muller tak percaya bahwa Carlo Ancelotti layak dijadikan kambing hitam usai pria Italia dipecat Bayen Munchen akhir bulan September.

Thomas Muller Sindir Ancelotti Soal Metode Latihan

Thomas Muller Sindir Ancelotti Soal Metode Latihan

09-10-2017 18:39

Bintang Bayern Munchen, Thomas Muller memberi sindiran kepada mantan pelatihnya, Carlo Ancelotti. Muller menyebut kedatangan Jupp Heynckes sebagai pelatih akan membuat Bayern punya latihan yang bagus lagi.

Muller Tolak Untuk Gabung Liverpool

Muller Tolak Untuk Gabung Liverpool

20-09-2017 20:50

Penyerang Bayern Munchen Thomas Muller dikabarkan menolak untuk mempertimbangkan pindah ke Liverpool pada musim panas lalu.

Hitzfeld Prediksi Muller Akan Kembali Kesulitan di Bayern

Hitzfeld Prediksi Muller Akan Kembali Kesulitan di Bayern

16-09-2017 22:40

Eks bos Bayern Munchen, Ottmar Hitzfeld, memperkirakan bahwa Thomas Muller akan kembali menjalani musim yang sulit di klub.

Muller Tegaskan Siap Tinggalkan Bayern

Muller Tegaskan Siap Tinggalkan Bayern

11-09-2017 21:51

Thomas Muller menyatakan dirinya siap untuk angkat kaki dari Bayern Munchen, namun juga menegaskan hal itu tak akan terjadi pada saat ini.

Muller Sempat Pertimbangkan Gabung MU

Muller Sempat Pertimbangkan Gabung MU

11-09-2017 21:25

Penyerang andalan Bayern Munchen Thomas Muller mengaku dirinya sempat mempertimbangkan untuk gabung Manchester United dua musim yang lalu.