FOLLOW US:

Nama Lengkap : Thomas Muller
Tempat Lahir : Weilheim in Oberbayern, Jerman Barat
Tanggal Lahir : 13 September 1989 (30 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Bayern Munchen
Posisi : Penyerang
No Punggung : 25
Tinggi : 186 cm

Karir

  • 2008 - 2009 : Bayern Munich B
  • 2008 - : Bayern Munchen

Thomas Muller merupakan punggawa Timnas Jerman yang lahir pada tanggal 13 September 1989 di Weilheim, Jerman. Muller mampu bermain di berbagai posisi di lini depan. Ia kerap bermain sebagai gelandang serang, gelandang tengah, second striker, dan bahkan pernah pula berperan sebagai seorang winger.

Bersama dengan Jerman, Ia sukses membantu der Panzer finish ketiga di Piala Dunia 2010. Pada turnamen tersebut, ia dinobatkan sebagai pemenang Golden Boot dan dinyatakan sebagai Pemain Muda Terbaik sepanjang turnamen.

Pada tanggal 14 November 2007, pesepakbola Jerman tersebut menerima undangan untuk memperkuat tim nasional U-19 Jerman guna bermain di pertandingan melawan Inggris. Pada tanggal 3 September 2008, Muller bermain untuk tim nasional Jerman U-20 dalam pertandingan melawan Austria dan ia sukses mencetak gol pada pertandingan tersebut.

Namun, karena kecintaannya terhadap FC Hollywood, ia menolak untuk mewakili Jerman pada pada level junior sehingga ia bisa berkonsentrasi pada kinerjanya bersama dengan Bayern.

Muller membuat debut Bundesliga untuk Bayern Munich dalam pertandingan melawan Hamburger SV pada tanggal 15 Agustus 2008 dan telah bermain untuk klub sejak debutnya tersebut. Pada 12 September 2009, Muller mencetak gol perdananya. Pada pertandingan yang berjalan timpang tersebut, Müller bahkan mencetak dua gol dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund. pertandingan tersebut berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Bayern.

Tiga hari kemudian, pesepakbola asal Jerman tersebut menyumbangkan gol lagi dalam pertandingan Liga Champions melawan Maccabi Haifa. Muller dinobatkan sebagai Bundesliga Best Rookie pada musim 2009/10 dengan 13 gol dan 10 assist yang ia buat untuk FC Hollywood.

Pada tanggal 3 Maret 2010, Muller menerima panggilan dari tim nasional senior Jerman. Pertandingan pertamanya untuk Jerman adalah kala Jerman bertanding melawan Argentina di stadion kebanggaan FC Hollywood, Allianz Arena. Muller diganti di menit ke-66 oleh pemain debutan Toni Kroos. Pada pertandingan tersebut, Jerman harus menyerah 0-1 dari Argentina.

Tak butuh lama bagi Muller untuk memperlihatkan kemampuannya bagi tim nasional Jerman. Namanya diikutkan dalam skuad Jerman kala berlaga di Piala Dunia Afrika Selata. Ia sanggup bermain dengan sangat baik sepanjang turnamen sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Thomas Muller berhasil membantu Jerman finish di peringkat tiga setelah membantai Inggris dengan skor 4-1 dan mempermalukan Argentina 4 gol tanpa balas dalam perjalanan menuju ke semifinal turnamen. Meski kalah di semifinal, Muller dinyatakan sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan torehan 5 gol dan 3 assist yang ia persembahkan untuk Timnas Jerman.

Pada musim 2010 /11 dan 2011/12 musim Müller mendapat tempat permanen dalam daftar starter Munchen dan dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari Bayern Munich. Muller telah dipuji karena teknik dan keterampilan menggiring bola yang sangat baik. Ia terkenal karena kemampuannya mencetak gol serta passingnya yang akurat. Thomas juga memiliki kelebihan dalam hal duel bola udara.

Kemampuannya sebagai pemain di lini serang Bayern semakin lengkap dengan bakat alaminya dalam hal positioning. Oleh karena itu, Muller bersama-sama dengan Ribery dan Robben disebut sebagai penyokong serangan Bayern Munich sepanjang musim 2010 /11 dan 2011/12.

Kemampuan Muller kerap dibandingkan dengan striker legendaris Jerman, Gerd Muller. Banyak pihak yang memprediksi bahwa ia akan mampu meraih  kesuksesan sebagai bomber kebanggaan Jerman layaknya Gerd Muller.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Thomas Muller

Thomas Muller Tunda Kepindahannya dari Bayern Munchen

Thomas Muller Tunda Kepindahannya dari Bayern Munchen

11-10-2019 19:00

Rumor kepindahan Thomas Muller dari Bayern Munchen di bulan Januari nanti nampaknya batal terjadi.

Legenda Bayern Munchen: Sulit Bayangkan Thomas Muller Main untuk Klub Lain

Legenda Bayern Munchen: Sulit Bayangkan Thomas Muller Main untuk Klub Lain

10-10-2019 16:20

Legenda Bayern Munchen, Ottmar Hitzfeld angkat bicara terkait rumor masa depan Thomas Muller di Bayern Munchen.

Thomas Muller Ingin Hengkang, MU Siaga Satu

Thomas Muller Ingin Hengkang, MU Siaga Satu

09-10-2019 21:00

Klub Premier League, Manchester United diberitakan tengah mengamati situasi Thomas Muller di Bayern Munchen.

Jika Bayern Dapat Penalti, Muller Bakal Dengan Sengaja Menggagalkannya

Jika Bayern Dapat Penalti, Muller Bakal Dengan Sengaja Menggagalkannya

15-04-2019 18:43

Thomas Muller mengaku tidak senang dengan hadiah penalti yang didapatkan oleh Fortuna Dusseldorf saat duel dengan Bayern Munchen.

Muller Dilarang Main Saat Bayern Jumpa Liverpool

Muller Dilarang Main Saat Bayern Jumpa Liverpool

11-01-2019 18:18

Bayern Munchen tak akan bisa memainkan Thomas Muller saat berjumpa Liverpool di babak 16 besar Liga Champions nanti.

Pujian Setinggi Langit Thomas Muller Untuk Kylian Mbappe

Pujian Setinggi Langit Thomas Muller Untuk Kylian Mbappe

08-09-2018 19:00

Muller menyebut pemain Timnas Prancis ini memiliki bakat yang luar biasa dan membuatnya iri.

Ozil Panen Kritikan, Joachim Loew Pasang Badan

Ozil Panen Kritikan, Joachim Loew Pasang Badan

28-06-2018 14:47

Loew menyebut bukan hanya Ozil yang bermain buruk pada laga itu, melainkan banyak pemain yang juga bertanggung jawab atas kekalahan timnya.

Ada Isu Geng Dalam Skuat Jerman

Ada Isu Geng Dalam Skuat Jerman

24-06-2018 22:02

Skuat Jerman dikabarkan berada dalam krisis karena adanya perseteruan antara geng 'Bling-bling' dan geng Bavaria.

Thomas Muller Bantah Ada Perpecahan di Timnas Jerman

Thomas Muller Bantah Ada Perpecahan di Timnas Jerman

21-06-2018 15:00

Muller membantah keras kabar itu karena ia menilai kabar itu hanyalah hoax belaka.

Seruan Muller Untuk Suporter Timnas Jerman

Seruan Muller Untuk Suporter Timnas Jerman

20-06-2018 21:24

Penyerang Bayern Munchen Thomas Muller menyerukan pada para suporter timnas Jerman agar terus mendukung skuat Panser meski baru saja meraih hasil buruk.