FOLLOW US:

WILFRIEDZAHA

Wilfried Zaha
Nama Lengkap : Dazet Wilfried Armel Zaha
Tempat Lahir : Abidjan, Pantai Gading
Tanggal Lahir : 10 November 1992 (27 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Penyerang
No Punggung : 29
Tinggi : 180 cm

Karir

Pemain kelahiran Pantai Gading ini memulai karir juniornya bersama dengan akademi ASEC Mimosas. Di sana ia mulai menunjukkan bakatnya mengolah si kulit bundar. Crystal Palace yang saat itu tengah mengamatinya menawari Zaha untuk bergabung dengan tim junior Crystal Palace pada 2007. Bersama dengan akademi The Eagles, Zaha menimba ilmu selama 3 tahun sebelum ia siap bermain bersama Crystal Palace di level tim senior.

Pada tahun 2010, pemain sepakbola berpaspor Inggris ini menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Crystal Palace. Ia melakoni laga debutnya bersama The Eagles pada tanggal 27 Maret 2010 kala Palace menjamu Cardiff sebagai pemain pengganti yang dimasukkan 10 menit sebelum pertandingan usai. Semenjak itu permainannya bersama The Eagles cenderung membaik dan pihak klub pun menyodorinya kontrak perpanjangan berdurasi 2 tahun pada April 2010.

Pada musim 2010-2011, Zaha mulai menunjukkan kemampuannya sebagai pemain sayap. Perlahan ia menempati posisi vital sebagai pilihan utama tim penyerang Crystal Palace. Para suporter Crystal Palace mulai mengelu-elukan namanya kala Palace bertanding di kandang. Tercatat ia melakoni total 44 pertandingan dengan 1 gol dan 2 assist di semua pertandingan sepanjang musim 2010/2011.

Ketika musim 2011/2012 tiba, Zaha mulai dikaitkan dengan beberapa klub besar Liga Inggris seperti Liverpool dan Manchester United. Namun Zaha sendiri masih menghargai kontraknya bersama The Eagles sehingga ia tetap setia berseragam Crystal Palace. Pada November 2011, Zaha secara mengejutkan sukses membawa The Eagles memenangi pertandingan Capital One melawan Manchester United. Pergerakannya yang lincah berhasil mengecoh lini pertahanan Setan Merah sehingga The Eagles berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Ia berhasil terpilih menjadi pemain muda terbaik Football League pada Maret 2012. Kala itu ia juga sukses terpilih sebagai pemain muda terbaik klub dalam dua musim berturut-turut. Sepanjang musim, Zaha mencatat 48 kali pertandingan dengan 9 gol dan 5 assist bagi Crystal Palace.

Musim 2012/2013 dimulai dengan brilian oleh pemain kelahiran November 1992 ini. Ia sukses memberikan assist pada pertandingan Capital One kala melawan Exeter City. Ia juga sukses mengkonversi pinalti pada pertandingan pembuka liga kala melawan Watford. Meskipun Palace mengalami kekalahan pada 3 laga awal, namun penampilan Zaha tidak bisa dianggap remeh oleh lawan-lawannya. Pada pertandingan-pertandingan selanjutnya, Palace mulai menapaki tren positif dengan perolehan 16 poin dari kemungkinan 18 poin. Atas penampilannya, Zaha turut dipanggil untuk memperkuat skuad senior Inggris pada Desember 2012 oleh sang arsitek, Roy Hodgson.

Pada Januari 2013, Manchester United sukses mendapatkan tanda tangan pemain kelahiran Pantai Gading tersebut dengan nilai transfer mencapai £17 juta. Namun Manchester United juga menyetujui keinginan Palace yang ingin tetap menggunakan jasa Zaha hingga akhir musim. Palace sendiri berhasil memperoleh tiket promosi ke Premier League setelah memenangkan pertandingan Play-Off melawan Brighton atas konversi penalti yang dieksekusi Zaha.

Sejak berkostum Setan Merah sekembalinya dari masa pinjaman di Crystal Palace, Zaha harus berjuang keras guna mendapatkan tempat utama di skuad Setan Merah. Ia melakoni beberapa laga pra-musim United melawan Thailand All-Star dan Austarlian All-Star. Ia mencetak gol perdananya kala berseragam United saat United melakoni laga pra-musim melawan Cerezo Osaka.

Oleh: Achmad Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Wilfried Zaha

Jadon Sancho Sulit? Manchester United Bisa Pertimbangkan Para Pemain Ini Sebagai Gantinya

Jadon Sancho Sulit? Manchester United Bisa Pertimbangkan Para Pemain Ini Sebagai Gantinya

12-08-2020 03:15

Winger Borussia Dortmund Jadon Sancho sepertinya tak akan pindah ke Manchester United meski sebelumnya kerap disebut bakal segera pindah ke Old Trafford.

Inikah Kode Zaha Bakal Merapat ke Arsenal dan Bukan MU?

Inikah Kode Zaha Bakal Merapat ke Arsenal dan Bukan MU?

10-08-2020 18:55

Penyerang Crystal Palace Wilfried Zaha nampaknya memberikan kode bahwa ia tak akan pindah ke Manchester United tapi ke Arsenal.

Jadon Sancho Sulit, MU CLBK dengan Wilfried Zaha?

Jadon Sancho Sulit, MU CLBK dengan Wilfried Zaha?

05-08-2020 20:00

Setan Merah diklaim tertarik untuk memulangkan Wilfried Zaha dari Crystal Palace.

Arsenal Hidupkan Minat untuk Wilfried Zaha

Arsenal Hidupkan Minat untuk Wilfried Zaha

04-08-2020 18:20

Klub Premier League, Arsenal nampaknya masih menaruh hati terhadap Wilfried Zaha.

Crystal Palace vs MU, Solskjaer Waspadai Sosok Wilfried Zaha

Crystal Palace vs MU, Solskjaer Waspadai Sosok Wilfried Zaha

16-07-2020 19:40

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mewaspadai sosok Wilfried Zaha jelang pertemuan timnya kontra Crystal Palace.

Miris! Pengirim Pesan Rasis Pada Wilfried Zaha Ternyata Bocah 12 Tahun

Miris! Pengirim Pesan Rasis Pada Wilfried Zaha Ternyata Bocah 12 Tahun

13-07-2020 08:25

Polisi di Inggris telah menangkap seorang bocah lelaki berusia 12 tahun sehubungan dengan pesan berisi pelecehan rasis yang dikirim kepada penyerang Crystal Palace, Wilfried Zaha, di media sosial.

Rio Ferdinand Akui Ikut Bersalah atas Kegagalan Wilfried Zaha di Manchester United

Rio Ferdinand Akui Ikut Bersalah atas Kegagalan Wilfried Zaha di Manchester United

08-06-2020 09:30

Beberapa tahun lalu, Wilfried Zaha pernah mencapai titik terendah dalam karirnya saat memperkuat Manchester United. Dan Rio Ferdinand selaku legenda the Red Devils merasa punya andil dalam keterpurukan tersebut.

Wilfried Zaha: Saya dan Arsenal Memang Tidak Berjodoh

Wilfried Zaha: Saya dan Arsenal Memang Tidak Berjodoh

07-06-2020 12:40

Winger Crystal Palace, Wilfried Zaha mengomentari rumor dirinya bergabung dengan Arsenal.

MU Pulangkan Wilfried Zaha Musim Depan?

MU Pulangkan Wilfried Zaha Musim Depan?

03-04-2020 20:00

Tim berjuluk Setan Merah itu diberitakan bakal mencoba untuk memulangkan Wilfried Zaha ke Old Trafford musim depan.

Chelsea Hidupkan Minat untuk Wilfried Zaha

Chelsea Hidupkan Minat untuk Wilfried Zaha

22-03-2020 01:40

Niatan Chelsea untuk memiliki Wilfried Zaha nampaknya masih belum padam.