FOLLOW US:

WOJCIECHSZCZESNY

Wojciech Szczesny
Nama Lengkap : Wojciech Tomasz Szczesny
Tempat Lahir : Warsawa, Polandia
Tanggal Lahir : 18 April 1990 (28 Tahun)
Kebangsaan : Polandia
Klub : Juventus
Posisi : Kiper
No Punggung : 25
Tinggi : 195 cm

Karir

Wojciech Tomasz Szczesny lahir pada 18 April 1990. Dia adalah pemain sepak bola asal Polandia yang bermain untuk AS Roma (Dipinjamkan dari Arsenal) dan tim nasional Polandia, menempati posisi sebagai seorang penjaga gawang.

Ketenangan, kelincahan, dan komandonya di lapangan membuat dia di percaya Arsene Wenger sebagai kiper pilihan utama Arsenal ketika ia berusia 20 tahun. Setelah memenangkan tempat di tim utama, Szczesny mengungkapkan keinginannya untuk terus menjadi kiper Arsenal sampai sisa karirnya.

Sebelum beralih pada sepak bola, Szczesny pertama kali belajar dansa ballroom dan juga unggul di lempar lembing. Ayahnya, Maciej, adalah mantan kiper internasional Polandia, dan kakaknya, Jan, juga bermain sebagai seorang penjaga gawang, saat ini untuk Gwardia Warsaw di tingkat ketujuh liga Polandia, klub di mana ayah mereka juga pernah menjadi kipernya.

Szczesny dilatih di Agrykola Warsawa sebagai pemain muda, pelatih kiper Legia Warsawa, Krzysztof Dowhan, sangat terkesan dengan kiper muda ini, kemudian ia memungkinkan Szczesny untuk mengambil bagian dalam sebuah kamp pelatihan dengan tim utama Legia pada usia 15 tahun, dan akhirnya dia dapat bergabung dengan tim utama.

Pada tahun 2006, Szczesny bergabung dengan skuad muda Arsenal, maju ke tim cadangan selama musim 2008-2009. Pada November 2008, ia kehilangan keseimbangan saat mengangkat beban berat dan kedua lengan bawahnya patah, menyebabkan istirahat selama lima bulan. Szczesny muncul di tim bangku pertama untuk pertama kalinya selama pertandingan Liga Premier Arsenal melawan Stoke City pada 24 Mei 2009.

Pada awal musim 2009-2010 ia dipromosikan ke skuad senior dan diberi nomor punggung 53. Dia menerima panggilan untuk pertandingan Liga Champions melawan Standard Liège pada tanggal 16 September 2009, namun di bangku cadangkan. Pada 22 September 2009, Szczesny membuat debut tim pertamanya di Piala Liga, membuat clean sheet saat melawan West Bromwich Albion.

Pada bulan Desember 2009, Arsene Wenger mengungkapkan bahwa ia dan seluruh staf pelatih Arsenal memiliki harapan tinggi untuk Szczesny, ia mengatakan bahwa Szczesny akan menjadi kiper yang hebat suatu saat. Pada bulan Januari 2010, Wenger mengatakan: "saya benar-benar percaya bahwa suatu hari ia akan menjadi kiper nomor satu Arsenal, ia memiliki semua kualitas yang Anda inginkan dari seorang penjaga gawang.”

Pada tanggal 20 November 2009, Szczesny bergabung dengan tim League One, Brentford, dalam pinjaman durasi satu bulan. Dia menyelamatkan penalti di babak kedua dalam pertandingan kedua dalam kekalahan 1-0 dari Wycombe Wanderers. Szczesny menyelesaikan pertandingan kelima untuk Brentford pada tanggal 12 Desember 2009, di mana ia membuat sejumlah penyelamatan untuk menahan Leeds United dan diberi penghargaan sebagai Man of The Match.

Pada tanggal 22 Desember, Arsenal setuju untuk memperpanjang pinjaman untuk bulan kedua hingga 17 Januari 2010, dan kemudian hingga 31 Januari. Akhirnya , peminjaman itu diperpanjang sampai 31 Mei.

Pada tanggal 27 Oktober 2010, Szczesny membuat penampilan kedua bagi Arsenal di Piala Liga, membuat clean sheet melawan Newcastle United di St James 'Park dan menghentikan berbagai kesempatan dari pemain Newcastle. Ia menandatangani kontrak jangka panjang baru pada 11 November 2010, berterima kasih kepada pelatih kiper Josh Phelan dan ayahnya Maciej Szczesny (yang juga kiper untuk tim nasional Polandia), untuk membantunya membuat kemajuan dalam musim beberapa musim.

Szczesny membuat debut di Premier League di kekalahan 1-0 dari Manchester United di Old Trafford pada tanggal 13 Desember 2010, mengambil posisi Lukasz Fabianski dan Manuel Almunia, keduanya melewatkan pertandingan karena cedera. Pada tanggal 8 Januari 2011, ia memulai pertandingan Piala FA putaran ketiga melawan Leeds United. Akhir pekan berikutnya, Szczesny meraih clean sheet pertamanya di liga dalam kemenangan 3-0 atas West Ham United di Boleyn Ground.

Setelah merilis Manuel Almunia, Szczesny diberi kostim bernomor punggung 1. Setelah beberapa bulan absen karena cedera, Szczesny bermain kembali dalam kemenangan 5-2 melawan Tottenham Hotspur. Szczesny terpilih sebagai Man of the match Arsenal di website resmi klub menyusul serangkaian penyelamatan penting selama babak kedua saat kemenangan tandang 1-0 melawan Sunderland pada tanggal 9 Februari.

Pada tanggal 16 November 2013 Arsenal mengumumkan bahwa Szczesny telah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan klub.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Wojciech Szczesny

Pengakuan Szczesny: Memakai Jersey Buffon Itu Berat

Pengakuan Szczesny: Memakai Jersey Buffon Itu Berat

01-08-2018 02:24

Kiper Juventus Wojciech Szczesny mengaku paham bahwa tanggung jawabnya mengenakan jersey nomor satu warisan Gianluigi Buffon itu sangatlah berat.

Target Juve Tak Berubah, Walau dengan Ronaldo

Target Juve Tak Berubah, Walau dengan Ronaldo

29-07-2018 06:33

Kedatangan Cristiano Ronaldo membuat para pendukung Juventus menetapkan harapan setinggi-tingginya. Tetapi sang pelatih, Massimiliano Allegri, tidak ikut arus euforia dan mengatakan bahwa target timnya masih tetap sama.

Gantikan Buffon, Szczesny: Saya Terbiasa Jadi Nomor Satu

Gantikan Buffon, Szczesny: Saya Terbiasa Jadi Nomor Satu

27-07-2018 22:06

Penjaga gawang Wojciech Szczesny tak merasa terbebani lantaran menggantikan peran Gianluigi Buffon di bawah mistar gawang Juventus. Sebab, Szczesny merasa sudah bisa jadi kiper nomor satu.

Bersaing Dengan Szczesny Bukan Masalah Untuk Perin

Bersaing Dengan Szczesny Bukan Masalah Untuk Perin

22-05-2018 09:37

Wojciech Szczesny disebut-sebut sebagai calon terkuat pengganti Gianluigi Buffon di sektor gawang Juventus musim depan. Namun, persaingan memperebutkan posisi itu diprediksi akan ketat jika kiper Genoa, Mattia Perin, jadi bergabung pada bursa transfer nanti.

Buffon Tegaskan Pensiun dari Timnas dan Tunjuk Szczesny Sebagai Suksesornya di Juve

Buffon Tegaskan Pensiun dari Timnas dan Tunjuk Szczesny Sebagai Suksesornya di Juve

17-05-2018 17:55

Gianlugi Buffon memastikan dirinya tak akan kembali ke timnas Italia dan menunjuk Wojciech Szczesny sebagai penggantinya di skuat Juventus.

Hanya Jadi Ban Serep di Juve, Szczesny Tidak Menyesal

Hanya Jadi Ban Serep di Juve, Szczesny Tidak Menyesal

29-03-2018 14:09

Szczesny mengaku ia malah mendapat banyak keuntungan dengan pindah ke Turin.

Szczesny Tetap Bertahan Meski Buffon Batal Pensiun

Szczesny Tetap Bertahan Meski Buffon Batal Pensiun

26-03-2018 22:04

Kiper Juventus, Wojciech Szczesny, akan tetap bertahan meskipun musim depan Gianluigi Buffon masih tetap bermain. Sebab, Szczesny merasa bisa berlatih dengan Buffon adalah kesempatan bagus.

Szczesny Ajak Florenzi Gabung Dengan Juventus

Szczesny Ajak Florenzi Gabung Dengan Juventus

26-03-2018 15:54

Kiper Juventus Wojciech Szczesny menantang mantan rekan setimnya, Alessandro Florenzi, untuk bergabung dengan Bianconeri. Ia menganggap bergabung dengan tim asal Turin tersebut sangat bagus untuk melangkah lebih jauh ke depan.

Meskipun Jadi Pilihan Kedua, Szczesny Betah Di Juventus

Meskipun Jadi Pilihan Kedua, Szczesny Betah Di Juventus

26-03-2018 14:39

Kiper Juventus Wojciech Szczesny menegaskan bahwa dirinya senang berada di Juventus meskipun hanya menjadi deputi Gianluigi Buffon. Ia mengaku belajar banyak dari kiper legendaris Italia tersebut dan merasa betah di Turin.

Szczesny: Juve Bangkit Saat yang Lain Tumbang

Szczesny: Juve Bangkit Saat yang Lain Tumbang

09-03-2018 16:40

Kiper Juventus Wojciech Szczesny mengaku timnya memiliki mental pemenang untuk melaju di berbagai kompetisi. Ungkapan ini ia lontarkan usai kemenangan atas wakil Inggris Tottenham Hotspur di Liga Champions.