FOLLOW US:

WOJCIECHSZCZESNY

Wojciech Szczesny
Nama Lengkap : Wojciech Tomasz Szczesny
Tempat Lahir : Warsawa, Polandia
Tanggal Lahir : 18 April 1990 (29 Tahun)
Kebangsaan : Polandia
Klub : Juventus
Posisi : Kiper
No Punggung : 25
Tinggi : 195 cm

Karir

Wojciech Tomasz Szczesny lahir pada 18 April 1990. Dia adalah pemain sepak bola asal Polandia yang bermain untuk AS Roma (Dipinjamkan dari Arsenal) dan tim nasional Polandia, menempati posisi sebagai seorang penjaga gawang.

Ketenangan, kelincahan, dan komandonya di lapangan membuat dia di percaya Arsene Wenger sebagai kiper pilihan utama Arsenal ketika ia berusia 20 tahun. Setelah memenangkan tempat di tim utama, Szczesny mengungkapkan keinginannya untuk terus menjadi kiper Arsenal sampai sisa karirnya.

Sebelum beralih pada sepak bola, Szczesny pertama kali belajar dansa ballroom dan juga unggul di lempar lembing. Ayahnya, Maciej, adalah mantan kiper internasional Polandia, dan kakaknya, Jan, juga bermain sebagai seorang penjaga gawang, saat ini untuk Gwardia Warsaw di tingkat ketujuh liga Polandia, klub di mana ayah mereka juga pernah menjadi kipernya.

Szczesny dilatih di Agrykola Warsawa sebagai pemain muda, pelatih kiper Legia Warsawa, Krzysztof Dowhan, sangat terkesan dengan kiper muda ini, kemudian ia memungkinkan Szczesny untuk mengambil bagian dalam sebuah kamp pelatihan dengan tim utama Legia pada usia 15 tahun, dan akhirnya dia dapat bergabung dengan tim utama.

Pada tahun 2006, Szczesny bergabung dengan skuad muda Arsenal, maju ke tim cadangan selama musim 2008-2009. Pada November 2008, ia kehilangan keseimbangan saat mengangkat beban berat dan kedua lengan bawahnya patah, menyebabkan istirahat selama lima bulan. Szczesny muncul di tim bangku pertama untuk pertama kalinya selama pertandingan Liga Premier Arsenal melawan Stoke City pada 24 Mei 2009.

Pada awal musim 2009-2010 ia dipromosikan ke skuad senior dan diberi nomor punggung 53. Dia menerima panggilan untuk pertandingan Liga Champions melawan Standard Liège pada tanggal 16 September 2009, namun di bangku cadangkan. Pada 22 September 2009, Szczesny membuat debut tim pertamanya di Piala Liga, membuat clean sheet saat melawan West Bromwich Albion.

Pada bulan Desember 2009, Arsene Wenger mengungkapkan bahwa ia dan seluruh staf pelatih Arsenal memiliki harapan tinggi untuk Szczesny, ia mengatakan bahwa Szczesny akan menjadi kiper yang hebat suatu saat. Pada bulan Januari 2010, Wenger mengatakan: "saya benar-benar percaya bahwa suatu hari ia akan menjadi kiper nomor satu Arsenal, ia memiliki semua kualitas yang Anda inginkan dari seorang penjaga gawang.”

Pada tanggal 20 November 2009, Szczesny bergabung dengan tim League One, Brentford, dalam pinjaman durasi satu bulan. Dia menyelamatkan penalti di babak kedua dalam pertandingan kedua dalam kekalahan 1-0 dari Wycombe Wanderers. Szczesny menyelesaikan pertandingan kelima untuk Brentford pada tanggal 12 Desember 2009, di mana ia membuat sejumlah penyelamatan untuk menahan Leeds United dan diberi penghargaan sebagai Man of The Match.

Pada tanggal 22 Desember, Arsenal setuju untuk memperpanjang pinjaman untuk bulan kedua hingga 17 Januari 2010, dan kemudian hingga 31 Januari. Akhirnya , peminjaman itu diperpanjang sampai 31 Mei.

Pada tanggal 27 Oktober 2010, Szczesny membuat penampilan kedua bagi Arsenal di Piala Liga, membuat clean sheet melawan Newcastle United di St James 'Park dan menghentikan berbagai kesempatan dari pemain Newcastle. Ia menandatangani kontrak jangka panjang baru pada 11 November 2010, berterima kasih kepada pelatih kiper Josh Phelan dan ayahnya Maciej Szczesny (yang juga kiper untuk tim nasional Polandia), untuk membantunya membuat kemajuan dalam musim beberapa musim.

Szczesny membuat debut di Premier League di kekalahan 1-0 dari Manchester United di Old Trafford pada tanggal 13 Desember 2010, mengambil posisi Lukasz Fabianski dan Manuel Almunia, keduanya melewatkan pertandingan karena cedera. Pada tanggal 8 Januari 2011, ia memulai pertandingan Piala FA putaran ketiga melawan Leeds United. Akhir pekan berikutnya, Szczesny meraih clean sheet pertamanya di liga dalam kemenangan 3-0 atas West Ham United di Boleyn Ground.

Setelah merilis Manuel Almunia, Szczesny diberi kostim bernomor punggung 1. Setelah beberapa bulan absen karena cedera, Szczesny bermain kembali dalam kemenangan 5-2 melawan Tottenham Hotspur. Szczesny terpilih sebagai Man of the match Arsenal di website resmi klub menyusul serangkaian penyelamatan penting selama babak kedua saat kemenangan tandang 1-0 melawan Sunderland pada tanggal 9 Februari.

Pada tanggal 16 November 2013 Arsenal mengumumkan bahwa Szczesny telah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan klub.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Wojciech Szczesny

'Seperti Giorgio Chiellini, Matthijs De Ligt Bermain Selayaknya Hewan Buas'

'Seperti Giorgio Chiellini, Matthijs De Ligt Bermain Selayaknya Hewan Buas'

15-04-2020 00:30

Wojciech Szczesny tidak pernah meragukan kualitas dari rekan setimnya, Matthijs De Ligt, di Juventus. Kendati dirinya menjadi saksi atas kesalahan-kesalahan yang diperbuat oleh bek asal Belanda tersebut.

Pesan Szczesny Terkait Pandemi Corona: Pengorbanan Kita Membantu Mereka yang Rapuh

Pesan Szczesny Terkait Pandemi Corona: Pengorbanan Kita Membantu Mereka yang Rapuh

26-03-2020 22:58

Kiper Juventus Wojciech Szczesny berpesan pada semua orang agar mereka mematuhi perintah untuk tetap mengurung diri di rumah karena hal itu akan membantu orang lain yang rentan terhadap virus Corona tetap aman.

Szczesny Ungkap Kesalahan Juventus saat Menghadapi Lyon

Szczesny Ungkap Kesalahan Juventus saat Menghadapi Lyon

27-02-2020 10:09

Kecerdikan Lyon dalam memanfaatkan situasi mungkin bisa menjadi penyebab Juventus kalah. Namun sang penjaga gawang, Wojciech Szczesny, punya jawaban yang lebih masuk akal.

Juventus Resmi Perpanjang Kontrak Wojciech Szczesny Sampai 2024

Juventus Resmi Perpanjang Kontrak Wojciech Szczesny Sampai 2024

12-02-2020 00:05

Kabar gembira datang dari Juventus terkait kiper utamanya, Wojciech Szczesny. Pria berkebangsaan Polandia itu sudah menyepakati tawaran kontrak baru yang akan mengikatnya di Turin sampai tahun 2024.

Juventus Kalah dari Verona, Wojciech Szczesny: Ronaldo Marah

Juventus Kalah dari Verona, Wojciech Szczesny: Ronaldo Marah

09-02-2020 17:29

Di luar dugaan, Juventus menelan kekalahan saat bertamu ke markas Verona dalam laga pekan ke-23 Serie A yang digelar di hari Minggu (9/2/2020). Skuat besutan Maurizio Sarri tersebut kalah dengan skor 1-2.

Juventus akan Perpanjang Kontrak Wojciech Szczesny

Juventus akan Perpanjang Kontrak Wojciech Szczesny

06-01-2020 13:23

Kabar baik menghampiri salah satu klub raksasa Serie A, Juventus. Salah satu pemain andalannya, Wojciech Szczesny, dilaporkan sudah menerima tawaran kontrak baru dan hanya kurang pengumuman resmi saja.

Szczesny ungkap Rahasia Kesukesan Juventus

Szczesny ungkap Rahasia Kesukesan Juventus

12-11-2019 21:18

Kiper Juventus Wojciech Szczesny mengatakan kesuksesan yang diraih Bianconeri sejauh ini didapat berkat pengorbanan yang begitu besar.

Matthijs De Ligt Ternyata Jadi Bahan Olok-olokan di Skuat Juventus

Matthijs De Ligt Ternyata Jadi Bahan Olok-olokan di Skuat Juventus

12-11-2019 20:51

Kiper Juventus Wojciech Szczesny mengungkapkan Matthijs de Ligt kerap jadi bahan olok-olokan di skuat Bianconeri, karena kerap melakukan handball.

Amarah Ronaldo Dapat Pembelaan dari Rekan Setimnya di Juventus

Amarah Ronaldo Dapat Pembelaan dari Rekan Setimnya di Juventus

12-11-2019 08:22

Cristiano Ronaldo menunjukkan rasa kesalnya saat digantikan kala Juventus melawan AC Milan. Bukannya marah, kelakuan pria asal Portugal tersebut malah mendapat pembelaan dari rekan setimnya, Wojciech Szczesny.

Man of the Match Juventus vs AC Milan: Wojciech Szczesny

Man of the Match Juventus vs AC Milan: Wojciech Szczesny

11-11-2019 05:18

Juventus berhasil menuai kemenangan atas AC Milan dalam laga pekan ke-12 Serie A yang berlangsung pada Senin (11/11/2019) dini hari tadi. Bermain di Allianz Stadium, skuat besutan Maurizio Sarri itu menang dengan skor tipis 1-0.