FOLLOW US:


5 Blunder Fatal di Bursa Transfer: Real Madrid dan MU Pernah jadi Korban

09-12-2020 16:46

 | Asad Arifin

5 Blunder Fatal di Bursa Transfer: Real Madrid dan MU Pernah jadi Korban
Pemain Real Madrid, Eden Hazard, merayakan golnya ke gawang Inter Milan dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Kamis (26/11/2020). © AP Photo

Bola.net - Transfer Eden Hazard kini mulai disesalkan fans Real Madrid. Di beli dengan harga mahal, pemain 29 tahun gagal tampil memikat dan justru lebih sering mengalami cedera.

Eden Hazard disiapkan Real Madrid untuk menjadi pengganti Cristiano Ronaldo. Pemain asal Belgia itu mewarisi nomor punggung tujuh yang pernah dipakai Ronaldo, yang kini pindah ke Juventus.

Eden Hazard mampu membawa Madrid juara La Liga musim 2019/2020 lalu, tetapi dengan kontribusi yang sangat minim. Mantan pemain Chelsea itu hanya mencetak satu gol dan memainkan 16 laga.

Eden Hazard bukan satu-satunya transfer buruk yang terjadi di sepak bola. Klub mana saja yang pernah membuat blunder fatal di bursa transfer? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

Jonathan Woodgate ke Real Madrid

Jonathan Woodgate ke Real Madrid
Jonathan Woodgate © AFP

Jonathan Woodgate bukanlah pemain yang buruk. Dia membangun reputasi di Leeds United sebagai bek tengah yang tangguh dan juga menikmati kesuksesan di Manchester United dan Newcastle United. Kinerjanya menarik perhatian raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid.

Terlepas dari kecenderungan Woodgate yang rentan cedera, Real Madrid menganggap pemain itu cukup bagus untuk bergabung dengan pertahanan mereka di musim panas 2004. Woodgate sebenarnya cedera ketika tiba di klub ibu kota Spanyol dan tidak melakukan debut untuk klub sepak bola tersebut sampai tepat setahun kemudian.

Ketika dia melakukannya, ia bermain amat buruk! Woodgate mencetak gol sundulan brilian dalam pertandingan pertamanya melawan Athletic Bilbao, tapi itu melewati kipernya sendiri Iker Casillas.

Woodgate hampir saja menebus kesalahannya dengan gagal melakukan umpan silang David Beckham di sisi lain, tetapi antusiasmenya untuk memenangkan hati para pendukung setia Madrid yang skeptis semakin menguasainya pikirannya.

Sudah mendapat kartu kuning karena pelanggaran terhadap Carlos Gerpegui, Woodgate dengan gegabah menjatuhkan Joseba Etxeberria yang nyaris membuatnya dapat kartu merah. Kendati demikian, Real Madrid memenangkan pertandingan meskipun ada kesalahan Woodgate.

Dalam pertandingan berikutnya, Woodgate mencetak gol, tetapi cedera sangat membatasi penampilannya menjadi hanya 14 sepanjang musim sebelum bek tengah itu meninggalkan klub untuk kembali ke Inggris.

2 dari 5

Sol Campbell ke Notts County

Sol Campbell ke Notts County
Sol Campbell © AFP

Pada akhir musim 2008-2009, Campbell, yang sebagian besar menghabiskan kariernya di Premier League, bergabung ke klub Divisi Empat, Notts County dengan gaji yang menguntungkan 40.000 poundsterling per pekan (ebih dari yang diperoleh rata-rata pemain League Two dalam setahun).

Itu karena Notts County baru-baru ini diambil alih oleh konsorsium kaya dan memiliki kekuatan finansial untuk mendapatkan orang-orang seperti David Beckham dan Roberto Carlos.

Meski sang pemain mengklaim kepindahan itu bukan karena alasan finansial, penjualan jersey dan merchandise klub meroket karena kedatangan Campbell. Namun, pemain sepak bola itu akan membutuhkan setidaknya satu bulan untuk melakukan debutnya yang ditunggu-tunggu.

Dan ketika dia melakukan itu, ternyata itu adalah pemeriksaan realitas yang brutal. Campbell tampak punya masalah kebugaran dan tidak pernah lagi memainkan pertandingan lain untuk klub sepak bola divisi empat itu.

Sebulan kemudian, pemain tersebut meninggalkan klub dengan persetujuan bersama.

3 dari 5

Alexis Sanchez ke Manchester United

Alexis Sanchez ke Manchester United
Alexis Sanchez dan Marcos Rojo © Alex Morton / Getty Images Sport

Setelah sukses di Arsenal, Alexis Sanchez tiba-tiba secara mengejutkan pindah ke Manchester United pada Januari 2018.

Namun, apesnya di Old Trafford penyerang Chile itu mengalami masa-masa paling buruk dalam kariernya. Sanchez menciptakan lima gol dan sembilan assist dalam 45 pertandingan di semua kompetisi saat ia kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Gaji besar sang pemain tidak membuat dirinya disayangi oleh para pendukung Old Trafford karena dianggap bahwa Sanchez tidak memberikan segalanya di lapangan meski mendapatkan banyak uang.

Hubungan tegang antara klub dengan United berakhir setelah musim 2018-19, dengan Sanchez bergabung dengan Inter Milan dengan status pinjaman untuk musim tersebut, sebelum kepindahan tersebut menjadi permanen musim panas ini.

Sanchez, dari menjadi pemain terbaik Arsenal hingga menjadi orang buangan di Old Trafford dalam kurun waktu 18 bulan sesuatu yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

4 dari 5

Samuel Eto'o ke Anzhi Makhachkala

Samuel Eto'o ke Anzhi Makhachkala
© AP Photo

Samuel Eto'o menguasai dunia ketika ia bermain bareng Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez di bawah asuhan Pep Guardiola di FC Barcelona.

Striker Kamerun tersebut dengan mudah menikmati periode paling produktif dalam kariernya di Camp Nou. Ia mencetak banyak gol dan memenangkan banyak gelar, termasuk treble kontinental pada 2009.

Eto'o kemudian pindah ke Italia di mana ia memenangkan treble lagi, kali ini bersama Inter Milan, dalam prosesnya menjadi satu-satunya pemain yang melakukannya dalam musim berturut-turut untuk dua klub berbeda.

Namun, pada musim panas 2011, mantan pemain Barcelona itu secara misterius memutuskan untuk meninggalkan Inter dan mendarat di klub Rusia yang kurang terkenal Anzhi Makhachkala, yang menjadikannya pemain dengan bayaran terbaik di dunia. Samuel mendapatkan bayaran 10 juta euro per tahun di sana.

Eto'o mencetak 36 gol dalam 73 penampilan untuk klub ambisius yang berbasis di Dagestan. Tetapi Ia tidak tinggal di sana terlalu lama karena pemotongan anggaran klub yang drastis memaksa eksodus massal pemain bintang, termasuk Eto'o, di akhir musim 2012- 2013 musim.

Hingga hari ini, kepindahan Eto'o ke Anzhi Makhachkala tetap menjadi salah satu transfer paling membingungkan dalam sejarah sepak bola.

5 dari 5

Bebe ke Manchester United

Bebe ke Manchester United
Bebe © Bola.net

Bebe pemain entah berantah asal klub semenjana di Liga Portugal, Vitoria de Guimaraes, mengejutkan dunia saat dirinya pindah ke Manchester United.

Menariknya, pemain sayap berusia 20 tahun itu tiba di Old Trafford setelah Sir Alex Ferguson membuat satu-satunya rekrutmen sembrono pada tahun 2011. Manajer legendaris Skotlandia itu rupanya mengambil Bebe atas rekomendasi mantan asistennya Carlos Queiroz. Ia sama sekali belum pernah menonton aksi sang pemain.

Dalam cerita klasik menjadi kaya, Bebe, yang tumbuh di tempat penampungan tunawisma, berubah dalam semalam. Gaji per pekan yang hanya 300 euro melonjak menjadi 17 ribu poundsterling di United. Tim Setan Merah mengeluarkan mahar transfer 500.000 poundsterling untuk mendapatkan sang pemain.

Kisah Cinderella tak berjalan mulus. Bebe gagal menjadi starter untuk Manchester United meski mencetak dua gol dalam tujuh pertandingan.

Hampir satu dekade setelah petualangannya di Old Trafford, pemain sayap tersebut saat ini menjalani kariernya di klub sepakbola divisi dua Spanyol, Rayo Vallecano.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis: Ario Yosia, 9 Desember 2020)