FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Kemenangan 4-0 Barcelona: Griezmann di Mana?

14-06-2020 22:00

 | Richard Andreas

5 Pelajaran dari Kemenangan 4-0 Barcelona: Griezmann di Mana?
Lionel Messi mendapat pengawalan ketat dari pemain Real Mallorca © AP Photo

Bola.net - Barcelona sukses memetik kemenangan besar pada pertandingan La Liga pertama mereka setelah tiga bulan tidak bermain. Menyambangi Real Mallorca, Sabtu (14/6/2020) dini hari WIB, Blaugrana membawa pulang kemenangan 4-0.

Empat gol dan tidak kebobolan jelas merupakan cara terbaik untuk kembali ke dunia sepak bola. Barca membuktikan bahwa mereka masih sangat kuat, bahwa trofi La Liga masih dalam bidikan mereka.

Juga, seperti biasa, Lionel Messi menjadi tokoh utama dengan satu gol dan dua assists. Messi bermain luar biasa, seakan-akan jeda tiga bulan justru mengembangkan kemampuannya.

Selain permainan ajaib Messi, ada 5 poin penting yang bisa diperhatikan dari kemenangan Barca itu. Apa saja? Menukil Squawka, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 5

1. Braithwaite main apik

Transfer darurat Martin Braithwaite ke Barcelona pada Februari 2020 lalu jelas mengundang keraguan. Kala itu Braithwaite dinilai tidak lebih dari pemain penghangat bangku cadangan.

Biar begitu, pada kemenangan 4-0 kali ini, Braithwaite membuktikan mengapa dia sempurna untuk Barca. Memang dia bukan striker kelas dunia, tapi dia merupakan pemain gesit dan cerdas, yang mau berlari tanpa bola.

Pergerakannya sungguh dinamis, berulang kali memancing bek-bek Mallorca untuk keluar dari wilayah mereka. Dengan ini, meski tidak mendapatkan bola, Braithwaite terus membuka ruang untuk rekan-rekannya.

2 dari 5

2. Antoine Griezmann masih belum paham

Kontras dengan Braithwaite, Griezmann bermain seperti bocah yang berusaha sekeras mungkin, tapi tidak menunjukkan kualitas yang mumpuni.

Entah apa penyebabnya, Griezmann tampak kebingungan saat membawa bola, seolah-olah tidak nyaman bermain di lapangan. Kasus ini aneh, sebab Griezmann merupakan salah satu pemain terbaik La Liga beberapa tahun terakhir.

Akibatnya, Griezmann harus rela ditarik keluar di awal babak kedua, di bahkan tidak protes. Selama 56 menit di lapangan, Griezmann berada di frekuensi yang berbeda dari rekan-rekannya.

Umpan-umpannya meleset, larinya sering terlambat. Satu-satunya yang baik dilakukan Griezmann adalah membantu para bek.

3 dari 5

3. Ronald Araujo Lolos Uji

Clement Lenglet terhalang suspensi, Samuel Umtiti belum sepenuhnya fit, Barca pun harus mengandalkan Ronald Araujo sebagai partner Gerard Pique di pos bek tengah.

Kesempatan itu jelas dimaksimalkan bek 20 tahun asal Uruguay itu. Araujo tampil apik, terbukti bisa mengatasi tekanan bermain di level tinggi.

Memang dia beberapa kali terlambat saat harus mundur mengejar bola, tapi dia bisa mentgatasinya dengan baik. Meski bakal kembali ke tim junior saat Lenglet bermain, setidaknya Araujo sudah membuktikan diri.

4 dari 5

4. Quique Setien

Beberapa bulan lalu, salah satu masalah utama Setien adalah dia tidak punya cukup waktu untuk menerapkan gagasannya di sesi latihan. Kini, berkat karantina tiga bulan terakhir, dia punya kesempatan untuk merancang fondasi permainan yang dia inginkan.

Terbukti, kemenangan 4-0 ini tidak didapatkan Barca dengan nyaman. Mereka pun beberapa kali harus menghadapi tekanan Mallorca, tapi bisa mengatasinya dengan baik, bahkan justru balik menyerang.

Tercatat, ini merupakan kali kedua musim ini Barca bisa mencetak lebih dari dua gol pada laga tandang. Juga merupakan clean sheet tandang pertama Barca di tahun 2020.

5 dari 5

5. Kubo Bakal Jadi Pemain Top

Selain menyorot kemenangan Barca, penampilan Real Mallorca pun patut diperhatikan. Setidaknya ada satu pemain yang tampil apik: Takefusa Kubo.

Kubo pernah bermain untuk tim junior Barca, dia sudah mengenal La Liga. Sebenarnya Kubo menyandang status pemain Real Madrid, hanya sedang menjalani masa peminjaman di Mallorca.

Bermain di depan klub lamanya, Kubo membuktikan bahwa dia sudah cukup berpengalaman. Kubo merupakan pemain terbaik Mallorca, playmaker muda yang merancang segalanya.

Dia bahkan menorehkan jumlah tembakan (4) terbanyak di antara pemain-pemain Mallorca lain.

Sumber: Squawka