FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Kemenangan Real Madrid Lawan Mallorca: Calon Kuat Juara La Liga?

25-06-2020 09:04

 | Asad Arifin

5 Pelajaran dari Kemenangan Real Madrid Lawan Mallorca: Calon Kuat Juara La Liga?
Skuad Real Madrid merayakan gol Vinicius Junior ke gawang Real Mallorca. © AP Photo

Bola.net - Real Madrid menang dengan skor 2-0 pada laga pekan ke-31 La Liga musim 2019/2020 melawan Real Mallorca. Hasil ini membuat Real Madrid kembali berada di puncak klasemen dan menggusur Barcelona ke posisi kedua.

Bermain di Estadio Alfredo Di Stefano pada Kamis (25/6/2020) dini hari WIB, Real Madrid melakukan sejumlah rotasi. Namun, tim racikan Zinedine Zidane tetap tampil bagus dan menang lewat gol Vinicius Junior dan Sergio Ramos.

Real Madrid melanjutkan tren positif yang diraih setelah La Liga 2019/2020 dilanjutkan. La Liga sempat terhenti selama tiga bulan karena pandemi virus corona. Empat laga terakhir, Real Madrid selalu menang.

Real Madrid nangkring di puncak klasemen La Liga 2019/2020 dengan raihan 68 poin. Jumlah poin yang sama didapatkan Barcelona, tetapi Real Madrid punya keunggulan head to head. Madrid menang 2-0 di kandang dan imbang 0-0 di laga tandang saat berjumpa Barcelona.

Lantas, pelajaran apa saja yang bisa dipetik dari kemenangan Real Madrid atas Mallorca? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

1. Lagi, Sergio Ramos

1. Lagi, Sergio Ramos
Sergio Ramos © AP Photo

Lagi-lagi Sergio Ramos. Sang kapten terus menunjukkan performa terbaiknya untuk Real Madrid. Di laga melawan Mallorca, ada suguhan spesial dari Sergio Ramos yakni dia mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas.

Sergio Ramos kini sudah mencetak delapan gol di La Liga. Sergio Ramos hanya kalah tajam dari Ezequiel Garay sebagai bek dengan gol paling banyak di La Liga dalam semusim [9 gol, musim 2006/2007].

Sergio Ramos kembali bermain penuh. Padahal, pemain 34 tahun sempat diragukan bakal cukup bugar untuk bermain 90 menit di laga melawan Mallorca.

2 dari 5

2. Rotasi Lini Tengah dan Depan, Kecuali Benzema

2. Rotasi Lini Tengah dan Depan, Kecuali Benzema
Karim Benzema merayakan gol yang dicetak ke gawang Valencia pada pekan ke-29 La Liga, Jumat (19/6/2020) dini hari WIB © AP Photo

Zinedine Zidane membuat sejumlah perubahan di lini tengah dan depan. Dari sisi formasi, dia memilih memakai 4-2-3 daripada 4-3-3 yang cukup sukses pada tiga laga sebelumnya.

Casemiro tidak bermain, Toni Kroos tampil sebagai pengganti. Luka Modric dan Fede Valverde bermain sebagai pivot. Lalu, posisi gelandang serang diserahkan pada Eden Hazard. Vinicius Junior berada di sisi kiri.

Dari sejumlah rotasi yang dilakukan Zidane di lini tengah dan depan, ada satu pemain yang tidak tersentuh: Karim Benzema. Pemain asal Prancis ini selalu menjadi andalan Zidane pada empat laga terakhir.

3 dari 5

3. Kesempatan untuk Gareth Bale

3. Kesempatan untuk Gareth Bale
Gareth Bale usai golnya ke gawang Barcelona dianulir pada laga di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. © AP Photo

Satu keputusan mengejutkan datang dari Gareth Bale. Zidane memilih memasang pemain asal Wales itu di posisi winger kanan. Pada laga melawan Real Sociedad, posisi itu dipercayakan pada James Rodriguez.

James Rodriguez dan Gareth Bale acap kali diberitakan sudah tidak masuk dalam rencana Zidane. Namun, kedua pemain rupanya masih diberi peluang untuk membuktikan kualitasnya.

Gareth Bale bermain cukup bagus sebelum digantikan Isco pada menit ke-71. Pemain 30 tahun mampu melepaskan tiga shots, dengan satu tepat sasaran. Akan tetapi, dia tak mencetak gol.

4 dari 5

4. Kehilangan Luca Modric dan Ferland Mendy

4. Kehilangan Luca Modric dan Ferland Mendy
Luka Modric menendang bola dalam pertandingan La Liga antara Real Madrid dan Eibar di stadion Alfredo di Stefano, Senin 15 Juni 2020. © AP Photo

Ada bakar baik, ada juga kabar buruk untuk Real Madrid. Kabar buruk datang dari Ferland Mendy dan Luka Modric. Kedua pemain mendapat kartu kuning di laga melawan Mallorca dan akan menjalani akumulasi di laga melawan Espanyol.

Absennya Luka Modric mungkin tidak membuat Zidane terlalu gusar. Sebab, dia punya Casemiro yang bisa bermain lagi. Gelandang asal Brasil menjalani sanksi akumulasi di laga kontra Mallorca.

Hal yang sama juga terjadi untuk kasus Ferland Mendy. Pemain asal Prancis memang tampil sangat solid, tetapi Zidane masih punya opsi yang tidak kalah bagus. Ada Marcelo yang bisa diandalkan.

5 dari 5

5. Siap Juara La Liga?

5. Siap Juara La Liga?
Zinedine Zidane memberi instruksi pada pemain Real Madrid di laga melawan Eibar, Senin (15/6/2020) dini hari WIB © AP Photo

Real Madrid terus menunjukkan aksi yang impresif pada empat laga lanjutan La Liga 2019/2020 setelah lockdown. Real Madrid selalu menang. Los Blancos hanya kebobolan dua gol saja dan telah mencetak 10 gol dari empat laga.

Pada dua laga terakhir, lawan Real Sociedad dan Mallorca, Zidane juga membuat sejumlah rotasi. Sejauh ini, hasil yang didapat positif. Bahkan ketika James Rodriguez dan Gareth Bale bermain.

Zidane kini punya delapan laga yang harus dimenangkan untuk menjadi juara La Liga sekaligus memutus dominasi Barcelona. Apakah Real Madrid sudah siap menjadi juara La Liga 2019/2020?

Sumber: Berbagai Sumber