FOLLOW US:


5 Pelajaran Laga Villarreal vs Real Madrid: Sudah Waktunya Berpisah dengan Zidane?

22-11-2020 01:26

 | Asad Arifin

5 Pelajaran Laga Villarreal vs Real Madrid: Sudah Waktunya Berpisah dengan Zidane?
Villarreal vs Real Madrid di pekan ke-10 La Liga musim 2020/2021 © AP Photo

Bola.net - Real Madrid gagal bangkit usai rehat laga internasional. Los Blancos kembali gagal menang. Kali ini, Madrid bermain imbang 1-1 saat berjumpa Villarreal pada Sabtu (21/11/2020) malam WIB.

Pada perjumpaan di pekan ke-10 La Liga 2020/2021 itu, Real Madrid unggul cepat pada menit ke-2 dari gol Mariano Diaz. Akan tetapi, Villarreal menyamakan skor pada menit ke-76 dari Gerard Moreno.

Real Madrid masih terpuruk, usai kalah 4-1 dari Valencia pada duel sebelum jeda internasional.

Real Madrid masih berada di papan atas klasemen La Liga dengan 17 poin dari sembilan laga. Sedangkan, Villarreal memiliki dua poin lebih baik dari Madrid hasil memainkan 10 laga di La Liga 2020/2021 ini.

Lantas, dari hasil imbang 1-1 antara Villarreal vs Real Madrid di Estadio de la Ceremica, pelajaran apa yang bisa dipetik? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

Kebobolan [Lagi]!

Kebobolan [Lagi]!
Real Madrid vs Cadiz © AP Photo

Real Madrid punya masalah nyata di lini pertahanan. Terlepas dari fakta bahwa gol Villarreal lahir dari eksekusi penalti, Madrid tetap kebobolan. Real Madrid kembali gagal mencatat clean sheet lagi.

Termasuk di Liga Champions, Real Madrid sudah delapan laga beruntun selalu kebobolan. Jumlah kebobolan Madrid pun cukup buruk. Real Madrid kebobolan 15 gol dalam delapan laga terakhirnya.

Ada yang salah dengan lini belakang Real Madrid. Raphael Varane tak solid seperti musim lalu dan acap kali membuat blunder. Sergio Ramos sering maju ke depan sehingga fokusnya tak lagi sekadar bertahan.

Lalu, ada masalah dengan cedera pemain kunci di lini belakang.

2 dari 5

Unai Emery yang Cerdik

Unai Emery yang Cerdik
Unai Emery © AP Photo

Villarreal mungkin menjadi tim 'kuda hitam' pada musim 2020/2021 ini. Sebab, performa Villarreal cukup apik dan mampu bersaing di papan atas hingga pekan ke-10 ini.

Villarreal tidak pernah kalah pada enam laga La Liga terakhir. The Yellow Submarines baru sekali kalah dalam 10 laga di La Liga, yakni ketika dibantai Barcelona dengan skor 4-0 di awal musim lalu.

Di balik performa apik Villarreal, Unai Emery layak mendapat pujian khusus. Sebab, dia begitu cerdik memanfaatkan sumber daya yang ada untuk membangun tim yang solid. Unai Emery meracik taktik dengan sangat tepat.

Contonhnya adalah tiga pergantian pemain pada menit ke-61 di laga melawan Real Madrid. Kejelian Unai Emery ini mampu mengubah jalannya laga.

3 dari 5

3 Pilar di 3 Lini

3 Pilar di 3 Lini
Karim Benzema pada laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 © AP Photo

Mari kita cermati starting XI yang dipilih Zinedine Zidane untuk laga melawan Villarreal. Ada tiga pemain pilar di tiga lini yang absen bersamaan yakni Karim Benzema [depan], Fede Valverde [tengah], dan Sergio Ramos [belakang].

Selain Thibaut Courtois, mereka adalah pemain yang selalu tampil pada delapan laga Real Madrid sebelum berjumpa Villarreal. Bagi Zidane, mereka bertiga punya peran yang sangat vital.

Real Madrid kehilangan ketajaman tanpa Karim Benzema. Tanpa Fede Valverde, lini tengah Madrid pun kehilangan intensitas. Lalu, tanpa Sergio Ramos, Madrid tak punya inspirasi di lapangan.

Kecuali Falverde, dua pemain kunci lain sudah uzur. Ramos berusia 34 dan Benzema sudah 32. Faktor ini harus dipikirkan Zinedine Zidane jika bertahan lama di Real Madrid.

4 dari 5

Eden Hazard, Ngapain?

Musim 2020/2021 sempat diyakini akan menjadi momen besar bagi Eden Hazard. Ini adalah musim keduanya di Real Madrid. Dia telah melewati kebersamaan lebih dari setahun untuk beradaptasi dengan Madrid.

Namun, Eden Hazard masih berkutat pada masalah yang sama: kebugaran. Dia sempat cedera di awal musim, lalu terpapar Covid-19. Performa Eden Hazard pun jauh dari kata stabil.

Eden Hazard dimainkan sejak menit awal di laga melawan Villarreal. Namun, pemain asal Belgia praktis tidak melakukan banyak momen penting sampai diganti pada menit ke-65.

Mantan bintang Chelsea tak mampu melepas satu pun shots atau mengkreasi peluang. Well, Eden Hazard ngapain saja selama 65 menit di lapangan?

5 dari 5

Waktunya Berpisah dengan Zidane?

Waktunya Berpisah dengan Zidane?
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane © AP Photo

Status Real Madrid sebagai juara La Liga musim 2019/2020 seolah luntur. Sebab, performa Madrid pada musim 2020/2021 tidak cukup bagus, baik di level domestik maupun di Liga Champions.

Dari sembilan laga, Real Madrid sudah menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang. Madrid kalah dari Cadiz dan Valencia. Lalu imbang lawan Real Sociedad dan Villarreal.

Hasil itu mungkin tidak terlalu buruk, jika melihat sisa musim yang masih panjang. Akan tetapi, jika mengacu pada performa di atas lapangan, Madrid jelas butuh perubahan untuk bisa tampil lebih meyakinkan.

Well, setelah beberapa kali digosipkan tidak lagi dipercaya direksi klub, apakah ini waktu Zinedine Zidane di Real Madrid tidak akan lama lagi? Kita nantikan saja ya Bolaneters.

Sumber: Berbagai Sumber