FOLLOW US:


Apesnya Sevilla, Korban Lumbung 64 Gol Cristiano Ronaldo-Lionel Messi

02-07-2020 06:30

 | Richard Andreas

Apesnya Sevilla, Korban Lumbung 64 Gol Cristiano Ronaldo-Lionel Messi
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Bola.net - Satu golnya ke gawang Atletico Madrid, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB, mengantar Lionel Messi memasuki klub spesial pesepak bola dengan torehan minimal 700 gol di level klub. Sayangnya, gol itu tidak cukup membantuBarcelona meraih poin penuh (2-2).

Hasil imbang Barcelona adalah perkara lain, yang perlu disorot adalah 700 gol sang kapten. Ya, sepanjang kariernya di level senior -- yang dihabiskan hanya untuk Barcelona -- Messi telah mencetak total 700 gol, angka luar biasa.

Memang dia bukan yang pertama, sudah ada beberapa pemain lain sebelumnya, termasuk Cristiano Ronaldo. Namun, era sepak bola modern ini, hanya Messi dan Ronaldo yang masih aktif bermain dan sudah mengoleksi 700 gol.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4

Total 1428 gol

Ronaldo unggul 28 gol dari Messi, yang berarti megabintang Juventus itu sudah mencetak total 728 gol selama membela Sporting, Manchester United, Real Madrid, dan sekarang di Italia.

Ronaldo memulai kariernya (2002) dua tahun lebih awal daripada Messi (2004). Namun, Messi terbantu dengan keberadaan dua gelandang genius sekelas Xavi dan Iniesta saat dia mulai berkarier.

Tidak ada yang lebih baik satu dari yang lain, keduanya pemain spesial dengan total 1428 gol bersama.

2 dari 4

Sevilla lumbung gol

Uniknya, di antara 700+ gol tersebut, Messi dan Ronaldo punya kemiripan. Mereka punya lawan favorit yang sama, yang jadi lumbung gol-gol keduanya. Ada dua klub yang paling sering jadi korban keganasan Ronaldo Messi, yang pertama Sevilla, kedua Atletico Madrid.

Tercatat, Ronaldo menjebol gawang Sevilla sebanyak 27 kali, Messi 37 gol. Kontra Atletico Madrid, Ronaldo mengoleksi 25 gol, Messi 32 gol.

Artinya, total Sevilla sudah kebobolan 64 gol ketika harus menghadapi Messi atau Ronaldo. Entah mereka sedang sial atau memang dua pemain itu terlalu hebat.

3 dari 4

5 besar klub korban Ronaldo-Messi

Berikut rincian 5 besar klub-klub yang paling sering jadi korban Ronaldo-Messi:

Ronaldo

  • Sevilla: 27 gol
  • Atletico: 25 gol
  • Getafe: 23 gol
  • Celta Vigo: 20 gol
  • Barcelona: 18 gol

Messi

  • Sevilla: 37 gol
  • Atletico: 32 gol
  • Valencia: 28 gol
  • Real Madrid: 26 gol
  • Espanyol: 25 gol
4 dari 4

Barcelona dan Real Madrid

Melihat catatan 5 besar klub yang jadi korban dua predator ganas ini, ternyata mereka pun doyan mencetak gol ke gawang rival abadi, Ronaldo menjebol gawang Barcelona, dan Messi mengoyak gawang Real Madrid.

Untuk yang satu ini, Messi masih lebih unggul dari Ronaldo. Tercatat, Messi menjebol gawang Madrid sebanyak 26 kali, sedangkan Ronaldo 18 kali menjebol gawang Barca.

Namun, yang perlu diingat, Ronaldo hanya 9 tahun bermain di La Liga, sedangkan Messi menghabiskan total 16 tahun kariernya di sana.

Jika menghitung rata-rata, Messi menjebol gawang Madrid sebanyak 1,62 kali per musim, Ronaldo unggul dengan rerata 2 gol ke gawang Barcelona per musimnya.

Sumber: Berbagai sumber