FOLLOW US:


Barca Ingin Final di Bernabeu, Alaves Ingin di San Mames

10-02-2017 05:44
Barca Ingin Final di Bernabeu, Alaves Ingin di San Mames
Deportivo Alaves. © AFP

Bola.net - Pihak Barcelona dikabarkan telah berusaha untuk menggelar final Copa del rey di Estadio Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid. Barca memang sudah beberapa kali mencoba untuk meminta Bernabeu sebagai venue final Copa mereka, namun sang pemilik stadion tidak pernah memberikan izin.

Entah apa alasan Barcelona memilih Bernabeu sebagai tempat laga final mereka, tapi Madrid sepertinya tidak akan pernah mengizinkannya kecuali jika mereka masuk final juga. Kali ini pun pihak Madrid sudah menegaskan bahwa Bernabeu tertutup untuk final yang akan digelar 27 Mei nanti.

Berbeda dengan Barcelona yang nampaknya ingin sedikit mengusik sang rival, pilihan Deportivo Alaves didasari alasan sederhana. Alaves sendiri sebelumnya mencapai final setelah mengalahkan Celta Vigo dengan skor agregat 1-0 di semifinal.

Alaves yang berasal dari Basque itu memilih mengajukan San Mames, markas Athletic Bilbao sebagai venue final. Hal itu disampaikan oleh salah satu pemilik saham terbesar Alaves; Josean Querejeta.

"Kami ingin mengajukan Vicente Calderon dan San Mames. Saya rasa keduanya cukup mirip dalam hal kapasitas penonton tapi San Mames lebih modern. Bagi fans kami, San Mames juga lebih dekat. Saya yakin Athletic Bilbao tidak akan keberatan jika laga final Copa digelar di sana," cetus Querejeta kepada Onda Cero.

Meski sama-sama berasal dari basque, Alaves tidak memiliki permusuhan yang sengit dengan Bilbao. Selama ini Alaves memang lebih banyak berada di bawah bayang-bayang klub Basque lainnya seperti Bilbao dan Real Sociedad, bahkan mungkin juga Osasuna.

Selain itu, San Mames dinilai sebagai stadion yang mewakili seluruh Basque. Bilbao memang klub istimewa karena hanya memakai jasa pemain dari etnis Basque atau yang lahir dan besar di sana. Querejeta pun merasa yakin para pendukung Athletic Bilbao tidak akan menolak permintaan Alaves untuk menggelar laga di San Mames.

"San Mames memang milik Bilbao, tapi itu juga stadion yang paling mewakili Basque. Saya yakin fans Bilbao juga akan senang karena sesama tim asal Basque akan bermain dalam laga final di San Mames. Lagipula, Barcelona sudah bermain dalam banyak final, kami tidal. Penting bagi kami untuk mempermudah fans kami datang ke final nanti."