FOLLOW US:


Luis Suarez Dihukum Dua Pertandingan, Ini Sebabnya

10-02-2017 05:17

 | Luis Suarez

Luis Suarez Dihukum Dua Pertandingan, Ini Sebabnya
Luis Suarez. © AFP

Bola.net - Luis Suarez akhirnya dijatuhi hukuman larangan bertanding dua kali di ajang Copa del Rey. Hukuman ini dijatuhkan setelah Komite Disiplin menilai sikap Suarez dalam pertandingan Barcelona melawan Atletico Madrid.

Suarez mendapatkan dua kartu kuning dalam pertandingan leg kedua semifinal Copa del Rey itu hanya dalam tempo tiga menit. Yang pertama, ia dikartu kuning karena melanggar Juanfran. Tiga menit kemudian, ia dinilai menyikut leher Koke dan diusir keluar pada menit ke-60.

Suarez mengamuk dengan keputusan wasit itu. Setelah pertandingan, ia menegaskan bahwa ia tidak merasa melakukan pelanggaran sama sekali. Ia juga menuduh wasit memang sudah punya niat untuk mengusirnya. Suarez pun meminta Barca untuk mengajukan banding atas kartu kuning keduanya itu.

Barcelona sepakat dengan Suarez. Mereka mengajukan banding untuk mencabut kartu kuning Suarez dan Sergio Busquets. Dalam banding itu, hukuman kartu kuning Busquets dicabut sementara hukuman Suarez tetap berlaku. Suarez bahkan dijatuhi hukuman tambahan satu pertandingan.

Komite Banding menilai kartu kuning kedua untuk Suarez sudah tepat. selain itu, ada beberapa faktor yang membuat hukuman Suarez sulit dicabut. Yang pertama adalah sikap Suarez yang kerap mengintimidasi dan menghina wasit selama pertandingan.

Yang paling parah adalah Suarez menolak masuk ke ruang ganti setelah dikartu merah. Suarez hanya duduk saja di bench, bahkan setelah diberi peringatan berkali-kali. Pemain (atau pelatih yang dikartu merah memang harus pindah ke tribun penonton atau ruang ganti. Berikut video Suarez saat mendapatkan dua kartu kuning dan setelah mendapat kartu merah:

Atas kartu merah tersebut, Suarez dijatuhi hukuman larangan tampil dalam satu pertandingan. Hukuman tambahan satu pertandingan diberikan karena sikap Suarez setelah mendapatkan kartu merah. Penolakan Suarez untuk masuk ke ruang ganti itu menjadi alasan utama hukumannya ditambah.