FOLLOW US:


Barcelona Bangkit dan Melaju, Desember Bakal Tentukan Segalanya?

05-12-2019 04:00

 | Richard Andreas

Barcelona Bangkit dan Melaju, Desember Bakal Tentukan Segalanya?
Selebrasi Lionel Messi usai menjebol gawang Borussia Dortmund, bersama Antoine Griezmann dan Luis Suarez. © AP Photo

Bola.net - Kemenangan 1-0 atas Atletico Madrid akhir pekan lalu lebih dari sekadar tiga poin untuk Barcelona. Pasukan Ernesto Valverde mulai menemukan pijakan mereka untuk terus berkembang dan mendekati trofi.

Bulan akhir tahun 2019 ini bakal menentukan bagi laju Barca musim ini. Bahkan Valverde mengakui langsung betapa pentingnya duel-duel Barca di bulan Desember ini, nasib Barca dipertaruhkan.

"Apa yang kami perjuangkan setelah Natal nanti akan dipengaruhi oleh bagaimana laju kami bulan ini [Desember]," ujar Valverde usai kemenangan atas Leganes lalu.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Mulai Membaik

Satu setengah pekan setelah ucapan Valverde itu, situasinya tampak bagus bagi Barca. Mereka sudah menuntaskan misi di Liga Champions, setidaknya lolos ke 16 besar sebagai pemuncak klasemen.

Laga kontra Inter pekan depan tidak terlalu penting bagi Barca, hanya soal harga diri. Setidaknya pekan depan sedikit lebih mudah bagi Lionel Messi dkk.

Di La Liga, hasil-hasil pertandingan Barca mulai stabil positif. Meski mereka belum mencapai level permainan terbaik, ada tanda-tanda perkembangan yang cukup membuat percaya diri.

2 dari 2

Merebut Puncak

Laju tandang buruk Barca pun tampaknya sudah berakhir. Mereka bisa memetik kemenangan penting di Estadio Butarque dan at the Estadio Wanda Metropolitano.

Setela pekan depan, Barca bakal menghadapi satu tantangan terbesar mereka: El Clasico. Dengan syarat mereka tidak kehilangan poin sebelum duel 19 Desember itu, El Clasico bisa jadi menentukan siapa yang layak menduduki puncak klasemen.

Sama seperti Barca, Real Madrid pun mulai menemukan ritme permainan terbaiknya di bawah Zinedine Zidane. Duel dua tim kuat ini bisa jadi memetakan persaingan papan atas sampai akhir musim nanti.

Yang tak kalah penting, Barcelona sekarang sudah membuktikan kualitas untuk segera bangkit. Setiap kali kalah pada satu laga, mereka segera bangkit pada laga berikutnya.

Sumber: Marca