Ganti Pelatih Tidak Mengubah Prestasi Barcelona, Xavi: Percayalah Pada Proyek Ini

Yaumil Azis | 21 Januari 2022 09:17
Pemain Barcelona, Sergino Dest dan Ansu Fati (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona telah melakukan pergantian pelatih di tengah musim untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Namun sejauh ini, klub berjuluk Blaugrana tersebut masih sering mengalami kesulitan meraih kemenangan.

Apa yang dilakukan Xavi bersama Al Sadd membuat Barcelona yakin untuk memecat Ronald Koeman pada bulan Oktober lalu. Banyak yang percaya, pelatih berumur 41 tahun tersebut bisa membuat Barcelona jaya seperti di era Josep Guardiola.

Tidak ada salahnya memasang harapan tinggi. Bagaimana pun, Xavi merupakan sentral permainan Barcelona pada saat itu. Tapi jangan terkejut apabila hasilnya tidak sesuai harapan, sebab performa klub saat ini belum mengalami perubahan signifikan.

Pada Jumat (21/1/2022) dini hari, Gerard Pique dkk menelan kekalahan dari Athletic Bilbao dalam laga 16 besar Copa del Rey dengan skor 2-3. Hasil ini sekaligus menghentikan laju mereka di ajang tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Percaya Pada Proyek Ini

Dalam skop yang lebih besar, Barcelona hanya memenangkan dua dari lima pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Itu pun didapatkan dengan hasil yang kurang meyakinkan, yakni saat bertemu Linares Deportivo (2-1) dan Mallorca (1-0).

Termasuk laga kontra Real Madrid di babak semifinal Supercopa de Espana, Barcelona sudah menelan dua kekalahan beruntun. Situasi ini mengkhawatirkan, dan Xavi meminta kepada publik untuk percaya pada proyek yang sedang dibangun.

"Kami sudah mencoba, tapi tidak berjalan dengan baik. Namun kami tidak punya pilihan untuk terus percaya pada proyek ini," ujar Xavi setelah pertandingan, seperti yang dikutip dari Marca.

"Kami harus percaya dalam La Liga dan Liga Europa. Saya tidak tahu cara lain untuk melakukan pekerjaan ini," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Athletic Bilbao Lebih Superior

Dari segi penguasaan bola, Barcelona unggul jauh dari Athletic Bilbao. 67 persen berbanding 33 persen. Namun mereka kalah telak dari segi jumlah tembakan, di mana Bilbao melepaskan 19 tembakan dan Barcelona cuma tujuh.

Bilbao pantas mendapatkan pujian karena penampilan apiknya, dan Xavi sepakat. "Saya pikir Athletic bermain dengan baik. Sulit buat kami untuk maju. Pertahanannya sangat baik, dengan intensitas yang luar biasa."

"Mereka lebih superior dalam duel. Mereka, buat saya, sangat kuat. Laga ini menyulitkan kami. Gol Pedri memberikan sayap tambahan buat kami di babak perpanjangan waktu, lalu muncul penalti yang menentukan," pungkasnya.

Xavi dan Barcelona tidak punya waktu banyak untuk berduka, sebab mereka harus mempersiapkan diri buat laga selanjutnya di ajang La Liga. Raksasa Spanyol tersebut akan menghadapi Deportivo Alaves di Mendizorrozoa hari Senin (24/1/2022).

(Marca)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR