FOLLOW US:


Kejatuhan Rosell Dalam Rekaman Media

24-01-2014 15:05

 | Sandro Rosell

Kejatuhan Rosell Dalam Rekaman Media
Kejatuhan Presiden Barcelona, Sandro Rosell. © Bolanet
Bola.netBola.net - Presiden Barcelona, Sandro Rosell, akhirnya resmi mengumumkan pengunduran dirinya dini hari tadi. Sosok yang sudah memimpin El Barca selama kurang lebih 3,5 tahun tersebut memilih mundur dari kursi orang nomor satu di klub setelah diterpa skandal transfer Neymar.

Semuanya berawal dari pengaduan Jordi Cases, anggota dewan direksi Barcelona yang juga berencana untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Barcelona, ke pengadilan tinggi Spanyol terkait penggelapan dana transfer Neymar. Rosell disebut tidak jujur dalam mengungkapkan berapa banyak uang yang ia gunakan untuk mendaratkan pemain asal Brasil itu ke Camp Nou di musim panas lalu.

Bukti yang dibawa Cases akhirnya mengungkap bahwa ternyata Barca dan ayah Neymar telah menyepakati beberapa klausul aneh yang ditengarai membuat nilai transfer membengkak dua kali lipat menjadi sekitar 95 juta Eurom dari awalnya sekitar 50 juta Euro. Jaksa pun merasa yakin bahwa Rosell memang sudah berbohong dan tak membayar pajak dengan jumlah yang sesuai. Kasus resmi diangkat dan bakal segera disidangkan. Rosell pun mundur sembari menunggu panggilan dari pengadilan.

Tentu saja berita ini kemudian menjadi perbincangan hangat di Spanyol. Media setempat langsung beramai-ramai mengangkatnya menjadi headline mereka hari ini. Tak hanya itu, ada beberapa media lain yang berasal dari negara berbahasa Spanyol juga tidak ketinggalan mengangkat berita tentang Rosell.

Berikut Bolanet sajikan rangkuman singkat berita kejatuhan Rosell di mata media setempat.

1 dari 8

Sport You

Sport You
Array
Sport You menulis 'Presidente a La Fulga' atau 'Presiden melarikan diri'

Tindakan Rosell untuk mundur dari jabatannya memang dianggap sebagai bentuk pelarian dari tanggung jawab. Apalagi sebelumnya ia sempat menegaskan tentang harga transfer Neymar dan menolak semua spekulasi yang beredar di media.
2 dari 8

El Pais

El Pais
Array
'La Presion Judicial por el Fichaje de Neymar Fulmina a Rosel', begitulah headline yang digunakan oleh El Pais. Artinya kurang lebih: 'Pengadilan memberikan tekanan pada Rosell terkait tindakan transfer Neymar'.

Transfer Neymar memang kini tengah menjadi sorotan pulbik. Selain kontraknya digosipkan banyak dipenuhi oleh pasal aneh, jumlah uang yang dikeluarkan oleh Barcelona secara keseluruhan bahkan disebut bisa melebihi bujet yang digelontorkan oleh Real Madrid untuk Gareth Bale di musim panas lalu.
3 dari 8

La Vanguardia

La Vanguardia
Array
La Vanguardia tak sungkan untuk menghakimi Rosell dengan menulis, 'Rosell Tira a Toalla' atau 'Rosell Lempar Handuk'

Rosell mungkin memang sudah benar-benar menyerah. Beberapa minggu belakangan ia mendapatkan banyak kritik hebat dari berbagai pihak terkait skandal yang melibatkan dirinya ini. Tak pelak hal tersebut kemudian dihubung-hubungkan dengan penurunan prestasi Barcelona di atas lapangan musim ini. 
4 dari 8

El Mundo

El Mundo
Array
'Otro Firmante de los Contratos de Neymar Sucede al Dimitido Rosell', begitulah tulisan dari El Mundo. Artinya kurang lebih: 'Satu lagi kesepakatan terjadi, setelah Neymar, kini Rosell mundur'
5 dari 8

Mundo Deportivo

Mundo Deportivo
Array
Mundo Deportivo menulis: 'Rossel Dimite. Las Claves del Adios' atau berarti 'Rosell Mundur. Selamat Tinggal.'

Keputusan mundur yang diambil oleh Rosell cukup mendadak, karena sebelumnya ia mati-matian mempertahankan pendapatnya di media bahwa tak ada yang ilegal di dalam transfer Neymar. Selain itu, ia juga menyebut bersedia memberikan semua dokumen yang dibutuhkan pada pengadilan.
6 dari 8

Sport

Sport
Array
Headline
dari Sport cukup singkat, 'Rosell Abandona' atau 'Rosell Hengkang', cukup singkat, namun mengena.

Presiden yang sudah 3,5 tahun jadi orang nomor satu di Barcelona itu tak banyak berbicara menjelang keputusan dirinya untuk mundur. Kursi presiden yang lowong pun akhirnya otomatis ditempati oleh wakilnya, Josep Maria Bartemeu, yang berjanji meneruskan proyek Barca saat ini hingga tahun 2016. 
7 dari 8

AS

AS
Array
AS menulis 'Rosell Dimite sin Explicar por Que' atau yang berarti 'Rosell pergi tanpa meninggalkan penjelasan.'

Pernyataan AS tersebut memang benar adanya, karena hingga saat ini kita semua masih belum mengetahui tabir di balik misteri kasus Neymar. Berapakah jumlah yang sebenarnya dikeluarkan oleh Barca untuk sang pemain? Apa saja klausul yang mereka sepakati? Mungkin semuanya akan terjawab ketika sidang pertama untuk kasus ini digelar pada waktunya nanti. 
8 dari 8

Marca

Marca
Array
'Rosell Huye el Escandalo Permanece' atau 'Rosell Pergi, Skandal Tak Berhenti'.

Memang benar adanya bahwa mundurnya Rosell dari Barcelona sama sekali tidak menyelesaikan krisis manajemen yang kini dialami oleh klub. Apalagi skandal yang melibatkan Rosell juga menyangkut salah satu pemain Barcelona.

Rosell sendiri sudah pernah mendapatkan kritik dari Presiden Barcelona sebelumnya, Joan Laporta. Menurutnya, sikap diam dari Rosell tersebut membuat citra klub terlihat buruk di mata publik.

Well, bisa jadi apa yang disebut oleh Laporta sekarang ada benarnya. Jika memang Rosell tak bersalah, mengapa ia memilih untuk mundur? Mungkin itulah yang kini ada dalam benak banyak orang. Barcelona harus melakukan banyak kerja keras untuk menyingkirkan image korup dari barisan manajemen mereka sekarang.