FOLLOW US:


Klasik atau Generasi Baru? Ini 3 Pilihan Starting XI Barcelona di Bawah Quique Setien

16-01-2020 06:00

 | Richard Andreas

Klasik atau Generasi Baru? Ini 3 Pilihan Starting XI Barcelona di Bawah Quique Setien
Pelatih Barcelona, Quique Setien. © AP Photo

Bola.net - Fans Barcelona masih harap-harap cemas menunggu hasil kerja Quique Setien. Blaugrana baru saja membuat perubahan besar di pertengahan musim, yakni dengan memecat Ernesto Valverde dan menunjuk Quique sebagai pengganti.

Mantan pelatih Real Betis ini diikat kontrak dua setengah tahun sampai 2022 mendatang. Dia menghadapi tantangan besar untuk membangkitkan performa Barca di sisa musim ini, juga merancang proyek jangka panjang.

Pemecatan Valverde didorong kegagalan di Supercopa de Espana, tapi kondisi Barca sebenarnya tidak terlalu buruk. Lionel Messi dkk. masih memuncaki klasemen sementara La Liga, meski hanya unggul selisih gol dari Real Madrid.

Tantangan terbesar Setien adalah mengembalikan identitas Barca seperti seharusnya, tapi bagaimana dia bisa melakukannya?

Menurut Squawka, ada tiga kemungkinan starting line-up yang bisa dipilih Setien untuk mengarungi sisa musim ini. Dengan absennya Luis Suarez dan kepergian Jean-Clair Todibo, berikut tiga formasi yang mungkin diterapkan Barca di bawah Setien:

1 dari 3

1. Klasik Barcelona

Perkiraan susunan pemain Barcelona di bawah Quique Setien: 4-3-3 (c) buildlineup.com
Perkiraan susunan pemain Barcelona di bawah Quique Setien: 4-3-3 (c) buildlineup.com

Di bawah Valverde, Barcelona benar-benar membuang sejumlah prinsip dasar, mengubah identitas. Barca tidak lagi mengandalkan tiki-taka, bahkan permainan mereka mirip dengan tim-tim lain, haya dibedakan oleh Lionel Messi dan pemain top lainnya.

Di bawah Setien, situasi itu bakal berubah. Setien mungkin tidak banyak mengubah formasi, tapi permainan Barca diyakini bakal kembali seperti di era Pep Guardiola lalu.

Guardiola pernah mengubah wajah sepak bola dengan Barcelona tahun 2008. Bangun serangan dari belakang, menjaga rangkaian umpan panjang, dan mengejutkan lawan dengan tempo cepat di wilayah sepertiga akhir.

2 dari 3

2. Gaya Quique

Perkiraan susunan pemain Barcelona di bawah Quique Setien: 3-5-2 (c) buildlineup.com
Perkiraan susunan pemain Barcelona di bawah Quique Setien: 3-5-2 (c) buildlineup.com

Tentu saja, Setien boleh jadi menerapkan formasi yang membuat namanya dikenal di Real Betis: 3-5-2. Bicara fungsi, formasi ini sebenarnya cukup mirip dengan taktik 4-3-3 di atas.

Ketika bermain dengan taktik ala Quique, yang sebenarnya merupakan identitas Barca, Sergio Busquet bisa jadi memegang peran penting untuk menghubungkan barisan bek dengan lini tengah.

Taktik ini bakal membuka ruang di kedua sisi sayap untuk merepotkan lawan. Satu-satunya perbedaan pada taktik 3-5-2 ini adalah hilangnya penyerang sayap untuk menambahkan gelandang lainnya.

3 dari 3

3. Generasi Baru

Perkiraan susunan pemain Barcelona di bawah Quique Setien: 4-3-3 generasi muda. (c) buildlineup.com
Perkiraan susunan pemain Barcelona di bawah Quique Setien: 4-3-3 generasi muda. (c) buildlineup.com

Barcelona tengah mendekati persimpangan perihal kondisi skuad mereka. Sejumlah pemain senior mulai mendekati ujung kariernya, karena itulah ada beberapa pemain-pemain muda yang didatangkan Blaugrana.

Akhir-akhir ini, Barca membuat investasi besar dalam mendatangkan pemain-pemain muda. Selain itu, ada beberapa talenta impresif jebolan La Masia.

Artinya, Setien pun bisa menurunkan pemain-peman muda jika dia mau. Opsi ini mungkin bisa digunakan pada kompetisi kelas kedua seperti Copa del Rey.

Sumber: Squawka