FOLLOW US:


'Korban' Potong Gaji Barcelona Bukan Hanya Messi, 4 Pemain Senior Menyusul

19-07-2021 12:43

 | Asad Arifin

'Korban' Potong Gaji Barcelona Bukan Hanya Messi, 4 Pemain Senior Menyusul
Skuat Barcelona merayakan gol Antoine Griezmann ke gawang Eibar © AP Photo

Bola.net - Upaya Barcelona untuk membuat neraca keuangan klub stabil akan terus memakan 'korban'. Setelah Lionel Messi, ada empat pemain senior lain yang juga bakal dipotong gajinya oleh klub.

Joan Laporta segera melakukan audit internal usai terpilih sebagai presiden Barcelona awal 2021 lalu. Hasilnya pun buruk. Barcelona mengalami krisis keuangan yang cukup pelik dan penghematan harus dilakukan.

Laporta memang mampu mendapatkan suntikan dana segar dari pinjaman bank. Namun, itu hanya solusi sementara. Laporta kini tengah mencoba melakukan efisiensi dari banyak aspek, salah satunya adalah memangkas gaji pemain.

1 dari 2

Setelah Messi, Siapa Lagi?

Tugas paling berat Laporta sudah beres. Messi dipastikan bertahan walau belum meneken kontrak secara resmi. Namun, pemain 33 tahun sudah setuju dengan kontrak berdurasi lima tahun dan -yang terpenting- pemotongan gaji hingga 50 persen.

Langkah Laporta tidak berhenti pada Messi. Setelah meyakinkan Messi, Laporta masih punya tugas berat lain. Ada beberapa pemain senior yang gajinya dinilai terlalu besar dan menjadi beban bagi keuangan klub.

Dikutip dari Marca, empat pemain senior itu adalah Gerard Pique, Sergio Busquets, Sergi Roberto dan Jordi Alba. Mereka punya loyalitas yang tinggi pada klub, seperti Messi. Jadi, Laporta cukup percaya diri melangkah.

Negosiasi dengan agen atau perwakilan empat pemain itu belum dimulai. Namun, Laporta yakin bisa mencapai kesepakatan. Laporta, merujuk pada saran tim finansial, berharap agar mereka bersedia memotong gaji hingga 40 persen.

2 dari 2

Stop Beli Pemain

Selain bakal memotong gaji empat pemain senior di atas, Laporta juga akan mendepak beberapa pemain yang tidak masuk rencana klub baik dari sisi teknis maupun finansial. Antoine Griezmann, Miralem Pjanic, dan Philippe Countinho masuk daftar.

Namun, melepas tiga pemain itu tidak akan mudah. Mereka punya beban gaji yang sangat tinggi dan sulit mencari klub yang bersedia menampung mereka pada musim 2021/2022 ini.

Di sisi lain, Laporta juga tidak akan mengucurkan dana tambahan untuk membeli pemain baru. Setelah sukses membawa Memphis Depay dan Sergio Aguero dengan status free transfer, Laporta yakin skuad Barcelona cukup kompetitif.

Sumber: Marca