FOLLOW US:


Krisis Internal Barcelona Mulai Menjalar ke Lapangan, Benarkah?

08-02-2020 10:47

 | Asad Arifin

Krisis Internal Barcelona Mulai Menjalar ke Lapangan, Benarkah?
Para pemain Barcelona merayakan golnya ke gawang Espanyol dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (5/1/2020). © AP Photo

Bola.net - Barcelona sedang berada dalam situasi yang sulit. Konflik internal melanda klub. Bahkan, situasi tidak harmonis diklaim mulai menjalar pada performa klub di atas lapangan.

Lionel Messi, bintang utama Barcelona, secara terbuka membuka konflik yang terjadi. Lionel Messi secara terbuka mengkritik Eric Abidal di media sosial. Messi merasa Abidal memfitnah para pemain.

Tentu tindakan Messi ada pemicunya. Sebelumnya, Eric Abidal menyalahkan pemain atas pemecatan Ernesto Valverde sebagai pelatih. Abidal menyebut pemain tidak cukup bekerja keras.

Eric Abidal tidak menyebut siapa pemain yang dimaksud. Namun, sosok Lionel Messi tentu saja merasa bahwa kritik itu ditujukan padanya. Sebab, selama ini dia menjadi tulang punggung klub.

1 dari 2

Krisis Barcelona Berdampak ke Lapangan?

Josep Maria Bartomeu sudah turun tangan menyelesaikan konflik yang terjadi. Namun, belum ada keputusan resmi. Situasi masih berjalan tidak harmonis. Dan, hal tersebut diklaim menjalar ke lapangan.

"Pertikaian terbuka antara Eric Abidal dan Lionel Messi, cedera Ousmane Dembele dan dengan klub yang telah dtersingkir dari Copa del Rey, krisis Barcelona mulai muncul dengan sendirinya di lapangan," kata jurnalis Marca, M. Carmen Torres.

M. Carmen Torres menilai, situasi bakal semakin buruk andai Barcelona tidak segera mengambil sikap tegas. Laga melawan Athletic Bilbao di Copa del Rey, hanya menjadi salah satu dampak dari krisis yang terjadi.

"Faktanya bahwa sejak pergantian tahun 2020, Barcelona telah mengucapkan selamat tinggal pada dua trofi potensial. Hanya dua peluang tersisa, La Liga dan Liga Champions. Itu akan sangat sulit," kata M. Carmen Torres.

2 dari 2

Pengakuan Pemain Barcelona

Pendapat M. Carmen Torres tidak sepenuhnya salah. Bek Barcelona, Gerard Pique mengakui ada konflik di internal klub. Bukan hanya itu, pemain berusia 33 tahun tidak menampik jika kondisi itu mulai masuk ke ruang ganti.

"Dinamika internal klub akhirnya membawa pengaruh ke ruang ganti. Kami harus melempar hal-hal itu dari wajah kita karena sama sekali tidak membantu. Kita harus fokus menang," kata Gerard Pique.

"Kita harus kembali ke jalur kemenangan, harus ada persatuan antara ruang ganti dan staff," ucap Pique.

Setelah periode yang sulit selama satu minggu terakhir, pekan ini Barcelona harus menjalani laga sulit. Barcelona akan melawat ke markas Real Betis pada Senin (11/2/2020) dini hari WIB pada laga pekan ke-23 La Liga 2019/2020.

Sumber: Marca