FOLLOW US:


Lionel Messi dan Deritanya untuk Terus Menemukan Hal-Hal Baru

11-03-2020 15:00

 | Richard Andreas

Lionel Messi dan Deritanya untuk Terus Menemukan Hal-Hal Baru
Kapten Barcelona, Lionel Messi. © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi merupakan senjata terkuat Barcelona di lini serang, tidak ada yang bisa membantah. Tim-tim lawan menghabiskan berjam-jam untuk mempelajari pergerakan Messi dan caranya mengeksekusi bola mati.

Sekarang, mau tak mau La Pulga harus mengembangkan kemampuannya lebih cepat. Banyak lawan yang mulai terbiasa dengan cara bermain Messi dan mulai memahami kebiasaannya dalam mengeksekusi tendangan bebas.

Sembari mengembangkan kemampuan individualnya, Messi pun masih harus beradaptasi dengan gaya bermain yang diusung Quique Setien. Sekarang dia memegang peran yang berbeda di lapangan.

Apa yang harus dilakukan Messi untuk menemukan sentuhan baru yang tetap bisa mengejutkan lawan?

1 dari 4

Adaptasi Lawan

Pada pertandingan akhir pekan lalu, Real Sociedad mengubah cara mereka menghadapi situasi bola mati yang dieksekusi Messi. Alih-alih memasang pagar hidup rapat-rapat, mereka justru menarik banyak pemain ke dalam kotak penalti.

Barca memang akhirnya tetap memetik kemenangan 1-0, tapi Messi jelas kesulitan. Biasanya bola mati di posisi menguntungkan adalah makanan empuk kaki kiri Messi.

"Menjelang duel lawan pemain yang punya efektivitas seperti Messi, sepekan terakhir kami melatih cara bertahan dari situasi bola mati," jelas Mikel Merino setelah pertandingan.

"Saya kira dia pun terkejut dengan cara kami memosisikan diri."

2 dari 4

Juga Beruntung

Kapten Barcelona, Lionel Messi, di tengah kepungan pemain Real Sociedad. (c) AP Photo
Kapten Barcelona, Lionel Messi, di tengah kepungan pemain Real Sociedad. (c) AP Photo

Ketika Messi siap menyikat tendangan bebas di menit ke-58, dua pemain Sociedad mengisi ruang kosong dekat kedua tiang gawang.

Lalu ada empat pemain dalam kotak penalti, hanya tiga yang jadi pagar hidup. Juga masih ada satu pemain yang berdiri di dekat pagar hidup untuk mengantisipasi umpan pendek.

"Anda harus siap menghadapi segalanya dan kami sudah tahu potensi Messi. Kami punya staf yang secara khusus menyiapkan situasi bola mati, kami sudah berlatih dan mendiskusikannya," ujar bos Sociedad, Imanol Alguacil.

"Semua orang sudah tahu betapa mematikannya Messi. Untungnya, hari ini taktik kami berjalan baik."

3 dari 4

Bukan Pertama Kali

Ini bukan pertama kalinya lawan Barca menciptakan strategi baru untuk menghentikan Messi mencetak gol dari tendangan bebas. Tim-tim seperti Villarreal, Girona, Tottenham, dan Inter sudah pernah melakukannya.

Meski demikian, Messi tetaplah Messi. 46 gol dari bola mati dalam 12 musim terakhir sudah cukup membuktikan kualitasnya sebagai eksekutor tendangan bebas.

Musim ini dia telah mencetak empat gol dari tendangan bebas, dua lawan Celta Vigo, satu lawan Real Valladolid, dan satu lagi lawan Sevilla. Rekor Messi adalah delapan gol tendangan bebas dalam satu musim.

4 dari 4

Tidak Bisa Bersantai

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo
Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Sementara itu, Messi juga masih harus sedikit mengubah gaya bermainnya untuk menyesuaikan diri dengan gaya sepak bola Setien. Pelatih anyar Barca ini meminta Messi lebih sering mundur ke lini tengah untuk membangun serangan.

Alih-alih fokus menjebol gawang lawan, Messi membantu tim mengalirkan bola dari lini tengah. 12 assists sejauh ini membuktikan bahwa Messi pun senang berperan sebagai peladen.

Sumber: Marca