FOLLOW US:


Membandingkan Cristiano Ronaldo dengan Ronaldo Nazario

10-08-2017 23:05

 | Cristiano Ronaldo

Membandingkan Cristiano Ronaldo dengan Ronaldo Nazario
Cristiano Ronaldo © Real Madrid Twitter

Bola.net - Mantan pelatih Italia, Arrigo Sacchi mengaku kagum dengan sosok Cristiano Ronaldo. Menurut Sacchi, Cristiano selama ini tidak mengandalkan bakat semata tapi juga kerja keras.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Ronaldo Luiz. Pria asal Brasil ini punya bakat yang besar. Namun, ia tidak disiplin dalam karirnya sehingga karirnya tidak bisa berlangsung lama di puncak kejayaan.

Sacchi percaya bahwa seorang terlahir tidak bisa hanya mengandalkan bakat semata. Butuh kerja keras untuk mencapai sebuah target. Begitu juga dengan di sepakbola. Hal tersebut ia lihat ada pada sosok Cristiano.

"Cristiano Ronaldo seorang profesional yang teladan. Psikologi kognitif mengajarkan bahwa Anda tidak lahir dengan bakat, itu adalah hal yang Anda lakukan setiap hari," buka Sachhi.

"Begitulah Cristiano. Dia membawa Real Madrid naik, dan Real Madrid menaikkannya," sambungnya.

Ronaldo


"Ronaldo yang lain, yang dari Brasil, ia memiliki kualitas yang lebih tapi tidak bisa bertahan lama karena selalu berharap punya hak yang istimewa. Dia ogah berlari," tutur mantan Direktur Teknik Real Madrid.

Dalam sebuah momen, Sacchi pernah bertanya bertanya kepada Carlo Ancelotti, yang saat itu masih melatih Madrid, siapa pemain yang paling keras dalam latihan. Dia pun mendapatkan jawaban sosok tersebut tidak lain adalah Cristiano, sang kapten timnas Portugal.

"Saya berjumpa dengan Carlo saat di Madrid, dan tahukah Anda, siapa yang satu setengah jam berlatih sebelum latihan dimulai? Cristiano Ronaldo," tutup Sacchi kepada Corriere dello Sport. (cor/asa)

 

Rekomendasi Pilihan