FOLLOW US:


Membedah Fakta Santiago Bernabeu Sebagai 'Rumah Kedua' Lionel Messi

06-05-2020 15:10

 | Asad Arifin

Membedah Fakta Santiago Bernabeu Sebagai 'Rumah Kedua' Lionel Messi
Lionel Messi © Bola.net

Bola.net - Lionel Messi rupanya punya catatan yang bagus ketika berkunjung ke Santiago Bernabeu, markas Real Madrid. Melihat catatan golnya, Santiago Bernabeu bisa disebut sebagai 'rumah kedua' untuk Lionel Messi.

Rumah pertama Lionel Messi tentu saja Camp Nou. Karir Lionel Messi tidak akan lepas dari Camp Nou, yang menjadi stadion milik Barcelona. La Pulga mengukir banyak sejarah untuk Barcelona di Camp Nou.

Lionel Messi mencatatkan gol pertama di level senior di Camp Nou. Momen ini terjadi pada 1 Mei 2005 silam. Saat itu, Barcelona menjamu tim papan bawah Albacete. Barcelona meraih kemenangan dengan skor 2-0. Gol dicetak Lionel Messi dan Samuel Eto’o.

Lionel Messi berusia 17 tahun 10 bulan 7 hari saat mencetak gol perdananya untuk Barcelona. Catatan ini pernah menjadi rekor pencetak gol paling muda dalam sejarah Barcelona. Namun, rekor tersebut kini dipegang Ansu Fati.

1 dari 4

Santiago Bernabeu Sebagai Rumah Kedua Lionel Messi

Camp Nou adalah rumah Lionel Messi. Lalu, rumah keduanya ada di Santiago Bernabeu. Mengapa bisa begitu?

Opta mencatat, Lionel Messi mampu mencetak 15 gol sepanjang karirnya ketika bermain di Santiago Bernabeu. Catatan ini membuat Bernabeu menjadi stadion kedua, di bawah Camp Nou, favorit Lionel Messi mencetak gol.

Bernabeu menjadi kandang lawan yang paling sering dibobol Lionel Messi.

Detailnya, Lionel Messi mencetak 11 gol di pentas La Liga saat bermain di Bernabeu. Lalu, ada dua gol di Liga Champions dan dua gol lain pada ajang Supercoppa Espana. Tentu saja, semua dicetak saat berjumpa Real Madrid.

Stadion Vicente Calderon menjadi 'rumah ketiga' bagi Lionel Messi. Di stadion lama milik Atletico Madrid tersebut, Lionel Messi pernah mencetak 12 gol.

2 dari 4

Gol ke-500 Lionel Messi di Bernabeu

Barcelona menjalani laga tandang lawan Real Madrid di Bernabeu pada 23 April 2017. Saat itu, Lionel Messi dan Barcelona sedang berada dalam tekanan. Barcelona baru saja disingkirkan dari Juventus di Liga Champions.

Sedangkan, Lionel Messi tidak dalam kondisi yang 100 persen bugar. La Pulga mendapat sedikit memar di bagian bawah matanya. Lionel Messi juga sempat disikut Marcelo dan mengucurkan darah dari mulutnya.

Namun, situasi buruk tersebut tidak membuat sinar Lionel Messi redup di Bernabeu. Lionel Messi mencetak dua gol ke gawang Real Madrid, memberi kemenangan dengan skor 2-3 untuk Barcelona.

Gol kedua Lionel Messi dicetak pada injury time. Gol yang memastikan tiga poin Barcelona. Gol yang lantas dirayakan dengan begitu emosional oleh Lionel Messi. Pemain asal Argentina melepas bajunya dan memberi gestur menjemur baju di hadapan publik Bernabeu.

Bernabeu, saksi gol ke-500 Lionel Messi untuk Barcelona.

3 dari 4

Momen Lionel Messi Hattrick di Bernabeu

Sebelum mencatatkan gol ke-500, ada satu momen indah lain yang diukir Lionel Messi di Bernabeu. Momen itu terjadi pada 23 Maret 2014. Saat itu, Barcelona meraih kemenangan dengan skor 3-4 atas Real Madrid di Bernabeu.

Apa yang dilakukan Lionel Messi? Membungkam Bernabeu dengan tiga gol alias hattrick. Ini adalah hattrick ke-26 Lionel Messi di Barcelona, pertama di Bernabeu.

"Messi dan Iniesta mencetak gol untuk membuat Bernabeu bungkam. Messi menaklukkan Bernabeu dengan hat-trick yang pantas dikenang," tulis media Spanyol, El Mundo Deportivo.

"Sebuah Clasico yang patut dikenang. Masih ada pertandingan yang bisa dimainkan di liga, meski ada banyak kontroversi. Barca menang dan itu menunjukkan bahwa mereka masih ada, cukup untuk menutup beberapa mulut yang melontarkan kritik, serta membuat perebutan liga menjadi lebih seru dari biasanya. Messi mencetak hat-trick dan patut menerima Ballon d'Or," tulis AS

4 dari 4

Total Gol Lionel Messi ke gawang Real Madrid

Total Gol Lionel Messi ke gawang Real Madrid
Lionel Messi © Bola.net

Bukan hanya tajam saat bermain di Bernabeu. Secara umum, Lionel Messi memang hobby mencetak gol ke gawang Real Madrid. Catatan statistik menunjukkan, Lionel Messi mencetak 26 gol dari 43 laga melawan Real Madrid di semua kompetisi.

Berikut detil pertandingan dan gol Lionel Messi melawan Real Madrid:

  • La Liga: 27 laga - 18 gol
  • Liga Champions: 2 laga - 2 gol
  • Copa del Rey: 8 laga - 0 gol
  • Supercopa: 6 laga - 6 gol

Dengan 26 gol ke gawang Real Madrid, Lionel Messi menjadi top skor sepanjang masa El Clasico. Bukan hanya jago mencetak gol ke gawang Real Madrid, Lionel Messi juga punya catatan 14 assist di laga El Clasico.

Sumber: berbagai sumber