FOLLOW US:


Mengingat Sang Kakek, De Jong Pilih Nomor 21 di Barcelona

16-07-2019 05:00

 | Yaumil Azis

Mengingat Sang Kakek, De Jong Pilih Nomor 21 di Barcelona
Frenkie De Jong © AP Photo

Bola.net - Pemain Barcelona, Carles Alena, dengan sukarela menyerahkan nomor punggung yang 21 biasa ia kenakan kepada Frenkie De Jong. Alasannya cukup mulia, yakni agar mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut bisa terus menghormati sang kakek yang telah berpulang.

Frenkie De Jong akhirnya berlabuh di Barcelona setelah berkiprah bersama Ajax selama tiga musim. Kado perpisahannya kepada klub raksasa Belanda itu sederhana tapi mengesankan, yakni pencapaian apik di ajang Liga Champions 2018-2019.

Sejatinya, transfer De Jong ke Barcelona sudah tuntas sejak bulan Januari lalu. Namun tertunda karena kepindahannya baru berlaku di akhir bulan Juni ini. Dan kini, ia sudah resmi tergabung dengan skuat yang dihuni oleh Lionel Messi tersebut.

Permasalahan pertama untuk gelandang berumur 22 tahun tersebut langsung muncul. Di Ajax, ia biasanya mengenakan nomor punggung 21. Dan nomor punggung tersebut sudah dikenakan oleh Carles Alena yang merupakan produk La Masia.

Menurut laporan dari AS, De Jong sempat ditawari nomor punggung keramat Barcelona, yakni 14. Nomor tersebut sebelumnya pernah dikenakan oleh Jordan Cryuff, legenda Barcelona dan juga Ajax. Namanya bahkan diabadikan sebagai stadion Ajax saat ini.

Tapi De Jong enggan mengenakan nomor punggung tersebut. Ia hanya berharap bisa menggunakan nomor milik Alena. Dan beruntungnya Alena bisa merelakan angka tersebut dikenakan oleh De Jong musim depan.

Sebagai gantinya, Alena akan mengenakan nomor punggung 19 musim depan. Nomor tersebut sebelumnya dikenakan oleh Kevin-Prince Boateng yang sudah kembali ke Sassuolo usai masa pinjamannya berakhir. Pengumumannya sudah terlihat di situs resmi klub.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1

Punya Makna Berarti

Angka 21 terbilang cukup berarti bagi De Jong. Ternyata ada makna khusus di balik keinginan pemain yang juga pernah membela Willem II tersebut. Nomor 21 itu mengingatkan dirinya kepada mendiang kakek yang telah berpulang.

"Saya membawa serta seluruh keluarga saya ke presentasi saya di Barcelona, kecuali kakek Hans De Jong, ayah dari ayah saya," tutur Frenkie De Jong kepada Voetbal International.

"Dia meninggal pada hari ulang tahun saya yang ke-21. Secara tidak sadar, itu menjadi semacam penghormatan untuknya. Dia adalah penggemar berat sepak bola," tandasnya.

De Jong merupakan pemain Barcelona kesembilan yang pernah mengenakan nomor punggung 21. Sebelum dirinya, ada juga Luis Enrique yang kini berkarir sebagai pelatih dan pernah menyumbang gelar treble pada tahun 2015 lalu.