FOLLOW US:


Apakah Joao Felix Lebih Berharga dari Antoine Griezmann?

16-07-2019 02:04

 | Dimas Ardi Prasetya

Apakah Joao Felix Lebih Berharga dari Antoine Griezmann?
Joao Felix resmi bergabung ke Atletico Madrid © ATM

Bola.net - Joao Felix memang disebut berbakat, tapi apakah ia layak dihargai lebih mahal dari Antoine Griezmann?

Atletico Madrid membuat kejutan dengan mendatangkan Felix dari Benfica pada bursa transfer musim panas ini. Mereka menebus klausul rilis sang gelandang yang bernilai 126 juta euro.

Namun tak berapa lama kemudian, Atletico ditinggalkan oleh Griezmann. Pemain asal Prancis itu pindah ke Barcelona setelah klausul rilisnya yang bernilai 120 juta euro diaktifkan.

Transfer ini sendiri diributkan oleh pihak Atletico. Sebab mereka merasa harusnya Barca membayar mereka 200 juta euro. Manajemen Los Rojiblancos menganggap kesepakatan yang sebenarnya antara Griezmann dan Blaugrana sudah terjadi sejak lama, sebelum nilai klausul rilisnya turin dari 200 juta euro menjadi 120 juta euro per 1 Juli 2019.

Bagi Atletico, Griezmann pemain yang penting. Ia adalah sumber gol dan penggerak lini serang mereka. Kini mereka menggantungkan harapan pada Felix agar bisa menggantikan peran pemenang Piala Dunia 2018 tersebut.

Felix sendiri disebut sebagai remaja yang amat sangat berbakat. Ia bahkan disebut sebagai The Next Cristiano Ronaldo. Namun sebenarnya keduanya punya gaya main yang berbeda. Ronaldo dikenal dengan kecepatan, kekuatan dan tipu dayanya, sementara pemuda 19 tahun itu bermain dengan kalem dan tenang saat menguasai bola.

Karir Felix sendiri menanjak dengan cepat di Portugal. Padahal ia baru menjalani debutnya di Benfica tahun lalu. Ia mengundang decak kagum banyak orang dengan aksinya yang impresif, yang berbuah 20 gol dan 11 assist dalam semusim di semua ajang kompetisi. Ia juga mirip dengan Griezmann, yang secara teknik sangat brilian, serba bisa dan punya insting gol yang tajam.

Felix bisa menjadi pemain yang sempurna untuk menggantikan Griezmann. Tapi apakah ia memang pemain yang lebih baik dan layak dihargai lebih mahal? Mari dilihat dari tiga sudut pandang berikut ini.

1 dari 3

Pengalaman

Griezmann adalah pemain yang berpengalaman. Pemain 28 tahun ini sudah lama malang melintang di sepakbola Spanyol dan juga pilar Timnas Prancis. Ia pun sangat cocok bermain di Barcelona. Ia memiliki teknik yang diperlukan untuk membela klub seperti Barca. Pengalaman serta kemampuannya bermain di banyak posisi akan membuatnya bisa beradaptasi dengan cepat di skuat Blaugrana.

Di sisi lain, Felix memang pemain yang bertalenta namun masih hijau. Jelas saja karena ia masih baru melakoni debutnya tahun lalu. Ia akan butuh waktu beradaptasi di La Liga. Ia juga harus beradaptasi dengan gaya main Atletico yang pragmatis. Ia harus belajar bagaimana cara bertahan dan mengejar pemain lawan untuk merebut bola.

2 dari 3

Jangka Panjang dan Pendek

Soal pengalaman itu menjadi keuntungan bagi Barca dalam jangka pendek. Namun bagi Atletico, mereka kemungkinan besar akan mendapat keuntungan dalam jangka panjang.

Felix akan bisa bermain di skuat Los Rojiblancos hingga satu dekade ke depan. Sementara Griezmann kemungkinan hanya akan bermain bersama Blaugrana empat hingga lima tahun ke depan saja. Atletico sendiri juga beruntung karena mereka mengurangi beban gaji klub dengan keluarnya Griezmann, yang sebelumnya disebut dibayar sebesar 385 ribu euro per pekan.

3 dari 3

Bintang Utama

Bintang Utama
Antoine Griezmann mengenakan nomor punggung 17 di Barcelona © AP Photo

Griezmann memang memiliki nama besar. Akan tetapi di Barca ia tak akan bisa menjadi bintang utama klub. Sebab di sana masih ada seorang Lionel Messi. Dan di saat Messi nanti pensiun, kemampuannya juga sudah pasti akan memudar, apalagi usianya sudah mencapai kepala tiga.

Sementara itu, Felix saat ini masih memiliki banyak ruang untuk berkembang. Jika Diego Simeone bisa memolesnya seperti Sir Alex Ferguson memoles Ronaldo di MU, maka remaja ini bahkan akan menjadi aktor utama yang membuat Los Rojiblancos meraih kejayaan.

Joao Felix memang masih minim pengalaman dan masih harus beradaptasi. Akan tetapi jelas bahwa remaja ini memang lebih berharga dibanding Antoine Griezmann bagi Atletico Madrid, apalagi untuk jangka panjang. Bahkan ia berpotensi besar untuk memiliki nilai jual yang lebih besar dari Griezmann.