FOLLOW US:


Ngobrol Bareng Denis Suarez: Cerita Kerasnya Hidup di Barcelona dan Rasanya Jadi Rekan Setim Messi

15-10-2020 15:01

 | Serafin Unus Pasi

Ngobrol Bareng Denis Suarez: Cerita Kerasnya Hidup di Barcelona dan Rasanya Jadi Rekan Setim Messi
Denis Suarez berbincang bersama Bola.net, hari Rabu (14/10) © La Liga

Bola.net - Bagi para pecinta sepakbola Spanyol, nama Denis Suarez pasti tidak asing di telinga. Di sekitar tahun 2012-an, ia disebut-sebut sebagai salah satu gelandang muda terbaik di seluruh daratan Spanyol.

Bakat besarnya membuat sejumlah klub besar Eropa kepincut padanya. Salah satunya adalah sang raksasa La Liga, Barcelona.

Namun perjalanan karirnya di Barcelona tidak berjalan mulus. Cedera yang berkepanjangan dan ketatnya persaingan di Skuat El Blaugrana membuatnya sempat mengadu nasib di beberapa klub seperti Villarreal, Sevilla dan Arsenal.

Pada hari Rabu (14/10) kemarin, Bola.net mendapatkan kesempatan dari La Liga untuk mewakili Indonesia berbincang langsung dengan Denis Suarez bersama beberapa perwakilan Jurnalis dari seluruh penjuru dunia.

Berikut adalah rangkuman hasil obrolan kami dengan Denis di bawah ini.

1 dari 4

Ngobrol Bareng Denis Suarez

Apakah dengan Barcelona dan Real Madrid yang kondisinya kurang baik membuat klub yang lebih kecil berpeluang juara La Liga?

Saya rasa La Liga musim ini cukup berimbang. Saya rasa dua tim besar, Real Madrid dan Barcelona berpotensi untuk menjadi juara, Atletico Madrid dan Sevilla juga berpeluang karena mereka menjalani musim yang bagus dan mereka mempertahankan pemain-pemain mereka. Namun di La Liga sangat sulit untuk menaklukan setiap tim, karena semua tim itu bagus tapi untuk memenangkan La Liga itu sulit. Mungkin Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, atau mungkin Sevilla yang paling berpotensi, namun saya berharap ada tim lain yang turut jadi penantang karena semua tim berkembang dari waktu ke waktu. Tapi harus diakui baik Real Madrid dan Barcelona mengawali musim ini dengan baik.

Kamu pindah ke Barcelona di tahun 2013 dan sempat enam tahun di sana. Sebenarnya apa sih tantangan atau kesulitan bagi para pemain akademi untuk mentas ke tim utama?

Masalah utama bagi para pemain akademi adalah di tim utama ada banyak pemain bagus dan pemain penting, dan itu tidak mudah bagi tim B untuk masuk ke tim utama. Memang benar beberapa pemain akan menerima situasi itu, namun pada akhirnya setiap pemain harus memanfaatkan kesempatan yang ada, karena anda bersaing dengan pemain kelas top dan mereka yang ingin bertahan di tim utama harus memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.

Di pertandingan berikutnya, Kamu dan Celta Vigo akan berhadapan dengan Atletico Madrid, di mana kamu akan berhadapan dengan mantan rekanmu di Barcelona, Luis Suarez. Bagaimana perasaanmu harus berhadapan dengan mantan rekan setimmu?

Rasanya akan sangat aneh bermain melawan Luis karena ia adalah mantan rekan setim saya dan situasinya jadi lebih aneh karena ia bermain untuk Atletico Madrid sehingga situasinya akan berbeda dari biasanya. Namun ia adalah pemain yang sudah teruji dan ia pemain hebat yang mencetak banyak gol, dan semoga di hari Sabtu ia tidak mencetak gol sehingga kami bisa menang.

2 dari 4

Ngobrol Bareng Denis Suarez

Menurut kamu, siapa yang paling berpeluang menjadi top scorer di La Liga musim ini?

Sebenarnya sangat sulit untuk menebak di saat-saat seperti ini. Namun saya rasa Leo Messi akan menjadi kandidat top scorer, ia selalu menjadi kandidat untuk posisi itu. Selain itu ada Benzema yang setiap musim mencetak lebih banyak gol dari sebelumnya jadi dia mungkin bisa jadi kandidat untuk Top Scorer.

Kalau saya tidak salah membaca statistik, kamu pernah 58 kali bermain bersama Leo Messi di Barcelona. Bisa ceritakan pengalamanmu bermain bersama Messi? Dan bagaimana opinimu mengenai perselisihannya dengan Barcelona baru-baru ini?

Bagi saya dia adalah pemain terbaik yang pernah menjadi rekan saya dan ia pemain terbaik sepanjang sejarah. Bermain bersamanya merupakan pengalaman yang luar biasa dan saya belajar banyak darinya. Semua orang termasuk saya yang bermain bersamanya menjadi lebih baik baik di Barcelona atau di Timnas Argentina. Di Timnas Argentina, ia mungkin masih belum memenangkan gelar juara, tetapi saya yakin ia akan segera memenangkan itu. Minggu lalu ia bermain dengan baik bersama Timnas Argentina. Sedangkan untuk kejadian di musim panas ini, mereka sudah membuat keputusan dan ia bertahan di Barcelona dan saya rasa itu adalah yang keputusan terbaik untuk Barcelona dan La Liga karena mereka berhasil mempertahankan pemain terbaik dunia dan semoga ia bisa bertahan lebih lama di Spanyol.

Kamu pernah bermain di Barcelona, di mana persaingan di dalam skuat itu begitu kompetitif. Bagaimana pengalamanmu ikut dalam persaingan itu dan bagaimana cara kamu mengatasi tekanan di sana?

Saya rasa itu pengalaman yang sangat bagus untuk saya, karena setiap pertandingan terasa seperti final karena kami harus memenangkan setiap prtandingan di sepanjang musim. Memang benar kami bermain dengan tekanan yang besar di setiap pertandingan, namun itulah konsekuensi bermain untuk salah satu tim terbaik di dunia. Namun saya belajar banyak di sana, dan saya belajar bermain di bawah tekanan karena itu konsekuensi bermain di tim hebat seperti mereka.

3 dari 4

Ngobrol Bareng Denis Suarez

Denis, kamu merupakan mantan pemain akademi Celta dan kamu meninggalkan Celta di usia yang masih muda. Apakah kamu punya firasat akan kembali ke Celta suatu hari nanti ketika kamu pergi?

Ketika saya masih muda, saya selalu membayangkan saya ingin bermain di divisi utama bersama Celta. Saya selalu membayangkan itu, dan saya senang akhirnya bisa kembali ke Celta.

Denis, kamu sudah lama tidak bermain untuk Timnas Spanyol. Namun sekarang di Celta kamu sudah bermain secara reguler, apakah kamu optimistis bisa kembali ke Timnas Spanyol terutama untuk Euro 2020 yang akan datang?

Untuk Tim Nasional, saya sudah lama tidak bermain untuk mereka. Namun beberapa musim terakhir saya tidak menjalani musim yang baik karena ada masalah di fisik saya. Kami akan bermain di EUro tahun depan, sehingga apakah saya bisa kembali ke Timnas tergantung pada performa saya, performa tim saya, jadi saya harap saya bisa kembali ke level top dan saya yakin saya bisa mencapai itu dan semoga saya mendapatkan kesempatan untuk bermain lagi di Timnas Spanyol.

Apa target Celta tahun ini? Musim lalu kalian berhasil selamat dari jurang degradasi, namun musim ini kalian punya tim yang bagus. Jadi apa target kalian musim ini?

Target tim ini adalah untuk bertahan di Divisi utama, dan memang benar ada ekspektasi yang besar bagi kami, namun setiap pemain harus meningkatkan performa, dan jika performa kami secara individu meningkat maka itu akan berpengaruh pada performa tim kami. Tahun lalu kami bermain dengan baik melawan tim-tim papan atas dan kami mencuri banyak poin dari mereka. Jadi kami akan mencoba untuk memenangkan pertandingan melawan tim papan tengah dan jika kami bisa melakukan itu, maka kami bisa berada di papan atas. Musim ini kami memang tidak menjalani start yang cukup bagus, namun masih ada banyak pertandingan menanti jadi kami akan berjuang.

4 dari 4

Ngobrol Bareng Denis Suarez

Di akhir pekan nanti kamu akan menghadapi Atletico Madrid. Bagaimana pendapatmu mengenai kans Atletico Madrid musim ini? Dan bagaimana pendapatmu mengenai pemain muda mereka, Joao Felix?

Saya rasa Atletico Madrid akan berjuang keras untuk menjadi juara karena mereka berada di level yang top. Ini akan menjadi pertandingan yang bagus, karena musim lalu kami meraih dua hasil imbang melawan mereka. Untuk Joao Felix, ia pemain yang saya sukai, ia punya potensi yang besar. Ia masih sangat muda, namun ia berkembang dengan cepat dan baik dan ia pemain yang bagus untuk La Liga. Jadi saya rasa ia pemain yang bagus untuk ditonton.

Menurutmu, apakah Iago Aspas sangat penting untuk Celta seperti halnya Messi untuk Barcelona?

Mungkin bisa dikatakan seperti itu. Jika anda melihat beberapa musim ke belakang, lalu melihat juga statistiknya, saya rasa ia masih bisa berkembang. Saya rasa jika saya, dia dan banyak pemain di tim kami berkembang lebih baik daripada musim lalu, maka kami akan berada di papan atas. Dia memang pemain yang penting karena ia nyaris memenangkan gelar Pichichi dalam tiga tahun terakhir, jadi mari berdoa ia bisa meraih gelar itu musim ini.

Pertanyaan terakhir untukmu, bagaimana perasaanmu mengenai performamu musim ini bersama Celta?

Well, saya rasa saya mengawali musim ini dengan cukup baik. Musim lalu saya punya masalah yang cukup buruk dengan cedera, sehingga menjaga kondisi fisik saya sangat penting. Musim ini saya tidak menjalani pra musim dengan baik, karena kami hanya berlatih satu minggu lalu kami melakoni laga La Liga, jadi empat pertandingan pertama musim ini bisa dihitung sebagai pra musim. Tetapi laga itu laga kompetitif, dan saya sudah lama tidak bermain. Namun setelah pertandingan kelima atau keenam saya rasa saya bisa jadi pemain yang lebih baik untuk Celta. Namun seperti yang saya bilang, seluruh tim kami tidak banyak menjalani pra musim yang cukup. Namun seiring berjalannya waktu saya sudah semakin baik, dan semoga saya tidak mendapatkan cedera lagi. Semoga performa kami bisa lebih baik daripada musim lalu.