FOLLOW US:


Pede, Ernesto Valverde Mengklaim Dirinya Sukses di Barcelona

16-08-2019 08:18

 | Ari Prayoga

Pede, Ernesto Valverde Mengklaim Dirinya Sukses di Barcelona
Ernesto Valverde © AFP

Bola.net - Ernesto Valverde bersikeras menganggap era kepelatihan dirinya dalam dua musim terakhir di Barcelona berjalan dengan sukses.

Valverde ditunjuk menggantikan Luis Enrique pada 2017 lalu. Sebelumnya sebagai pelatih, Valverde memiliki reputasi kurang mentereng, meski pernah sukses di Yunani bersama Olympiakos.

Keraguan pun mengiringi kedatangan Valverde di Barcelona. Namun sosok 55 tahun tersebut sukses menjawabnya dengan raihan dua trofi La Liga beruntun dan satu gelar Copa del Rey serta Supercopa de Espana.

1 dari 2

Sadar Akan Ekspektasi Tinggi

Terlepas dari raihan trofi di pentas lokal, banyak pihak tetap mendesak Valverde agar lengser karena ia dianggap gagal total di kompetisi Eropa, Liga Champions.

Barcelona memang dua musim beruntun selalu tersisih dari babak knock-out dengan cara tragis, masing-masing dari AS Roma dan Liverpool. Valverde pun menyadari tingginya ekspektasi di Barca.

"Semua orang memiliki target, kami ingin terbaik yang kami bisa. Di laga-laga besar Anda ingin menaikkan level Anda tapi Anda selalu berpikir untuk bermain lebih baik," ujar Valverde seperti dikutip Goal International.

"Pertanyaannya adalah, apakah Anda ingin agar saya mirip George Clooney? Itu hal sulit. Sepak bola terindah pun sulit juga, tapi kami mencoba menjadi tim terbaik dengan sepak bola terbaik dan kami terus mengalami peningkatan," lanjutnya.

2 dari 2

Kepercayaan Diri Valverde

Terlepas dari kegagalan di pentas Eropa, Valverde pun dengan percaya diri menegaskan bahwa era kepemimpinan dirinya di Barcelona terbilang sukses.

"Musim lalu kami melakoni beberapa laga yang luar biasa, beberapa laga tidak terlalu bagus, tapi jika saya melihat kepelatihan saya dua musim ke belakang, kami hanya kalah empat kali di liga," tutur Valverde.

"Saya rasa, kekalahan tersebut terjadi kebanyakan terjadi ketika kami sudah memastikan gelar, jadi saya rasa kami telah melakukan pekerjaan dengan baik," tegasnya.

(Goal International)