FOLLOW US:


Real Madrid Tidak Terkalahkan dalam 14 Pertandingan, Apa Rahasia Zinedine Zidane?

10-01-2020 05:00

 | Richard Andreas

Real Madrid Tidak Terkalahkan dalam 14 Pertandingan, Apa Rahasia Zinedine Zidane?
Real Madrid © AP Photo

Bola.net - Real Madrid kembali mencapai level terbaiknya, kembali ditakuti setiap lawan. Setelah satu tahun yang begitu buruk, Madrid sekarang telah menempuh 14 pertandingan tanpa kekalahan.

Musim lalu, torehan itu nyaris mustahil. Madrid seakan-akan jadi tim yang jauh berbeda, tidak konsisten. Alhasil, memulangkan Zinedine Zidane dianggap sebagai solusi terbaik.

Keputusan itu terbukti tepat, Zidane memang kesulitan, tapi Madrid perlahan-lahan kembali menunjukkan kedigdayaannya. Musim ini sudah cukup menjelaskan evolusi itu, Madrid yang sekarang dengan Madrid yang di awal musim jelas berbeda.

Apa yang sebenarnya dilakukan Zidane? Mengutip Sport, gulir ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

14 Pertandingan Tanpa Kekalahan

Teranyar, Madrid mengalahkan Valencia 3-1 pada semifinal Supercopa de Espana, Kamis (9/1/2020). Sergio Ramos dkk. bermain seperti Madrid yang seharusnya, yang berani mendominasi penguasaan bola.

Kemenangan itu melengkapi torehan positif El Real beberapa bulan terakhir. Mereka telah melewati 82 hari tanpa merasakan kekalahan, catatan yang luar biasa.

Madrid terakhir kali kalah di kandang Real Mallorca, setelah itu pasukan Zidane bisa memetik sembilan kemenangan dan lima hasil imbang.

Sebelum laju positif ini, Madrid kebobolan 14 gol dalam 12 pertandingan. Pertahanan mereka rapuh dan penampilan Thibaut Courtois meragukan. Kini, mereka hanya kebobolan tujuh gol dalam 14 pertandingan. 7 clean sheets dan mencetak 35 gol.

2 dari 2

Apa yang Berbeda?

Madrid bisa menang besar atas Eibar (0-4), Getafe (0-3), dan Valencia (1-3). Namun, pada beberapa laga sulit, mereka cuma bisa bermain imbang, PSG (2-2), Valencia (1-1), Barcelona (1-1), yang membuktikan masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

Bagaimanapun, Zidane telah mengubah Madrid. Dia mengembalikan Madrid seperti sedia kala, yang tampil percaya diri dengan keyakinan memenangkan setiap pertandingan.

Sebenarnya tidak ada rahasia berarti di balik perubahan tersebut. Zidane hanya mengembalikan Madrid seperti sebelumnya, yang sebenarnya lebih soal mengubah mentalitas daripada gaya bermain.

"Tim telah bekerja sangat keras untuk bermain di level seperti ini dan rasanya memuaskan bisa melihat dinamika di setiap pertandingan. Saya pernah berkata kami harus mencapai level terbaik, dan tidak tahu apakah sekarang kami sudah mencapainya, tapi performa ini jelas memuaskan," tegas Zidane.

Sumber: Sport