FOLLOW US:


Resmi, El Clasico Barcelona vs Real Madrid Ditunda

18-10-2019 18:17

 | Dimas Ardi Prasetya

Resmi, El Clasico Barcelona vs Real Madrid Ditunda
El Clasico © AFP

Bola.net - Federasi sepak bola Spanyol, RFEF, telah mengumumkan bahwa laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid resmi ditunda.

Sedianya, laga ini akan dihelat di Camp Nou pada tanggal 26 Oktober 2019 mendatang. Namun situasi keamanan di Catalan sedang tidak kondusif.

Terjadi kekisruhan politik setelah pemerintah Spanyol menjebloskan sembilan pentolan gerakan separatis Catalan ke penjara. Mereka ditangkap atas keterlibatannya dalam digelarnya referendum kemerdekaan yang digelar pada tahun 2017 lalu.

Sebagai imbas dari keputusan itu, terjadi demonstrasi yang berbuntut kerusuhan di sejumlah titik di Barcelona. Bahkan kerusuhan itu juga terjadi di area sekitar Stadion Camp Nou.

Pihak La Liga kemudian merekomendasikan agar laga itu dihelat di Santiago Bernabeu saja. Namun baik Barcelona maupun Real Madrid menolak usulan tersebut.

1 dari 2

Ditunda

Ditunda
Camp Nou © FCB

Pada akhirnya, pihak RFEF memutuskan laga itu ditunda saja. Namun belum ada keputusan kapan laga itu akan digelar. Keputusan ini kemudian dirilis secara resmi oleh Barcelona di situs resminya.

"Komite Kompetisi Sepak Bola Spanyol, RFEF telah memutuskan untuk menunda liga 'Clasico' antara FC Barcelona dan Real Madrid yang akan dimainkan di Camp Nou pada tanggal 26 Oktober “karena sebab-sebab yang luar biasa dalam kesepakatan dengan apa yang diatur dalam pasal 240 dari Peraturan Umum RFEF."

"Komite Kompetisi, setelah pertemuan pada hari Kamis dan dengan mempertimbangkan argumen kedua belah pihak, juga memutuskan hal berikut:

- Aturan mencegah perubahan urutan laga yang dijadwalkan dalam daftar jadwal pertandingan.

- Komite menyerahkannya ke tangan klub-klub yang terkena dampak untuk menemukan tanggal agar Clssico dimainkan. FC Barcelona dan Real Madrid akan menentukan tanggal dalam jam-jam mendatang dengan pukul 10:00 pagi CEST Senin 21 Oktober sebagai batas waktu akhir.

- Jika tidak ada kesepakatan yang tercapai maka Komite Kompetisilah yang akan diberi tanggung jawab untuk menemukan tanggal [digelarnya El Clasico]."

2 dari 2

Menguntungkan

Menguntungkan
Gareth Bale © AFP

Sebelumnya, sempat ada kabar bahwa laga ini baru akan dihelat pada bulan Desember 2019 mendatang. RFEF sempat mengajukan agar laga dihelat pada 18 Desember.

Akan tetapi LaLiga tidak setuju. Mereka ingin agar laga dihelat pada 7 Desember saja.

Sebagai imbasnya, laga Real Madrid vs Espanyol dan Barcelona vs Mallorca yang rencanya digelar pekan itu dimajukan pada hari Rabu, 4 Desember.

Pihak LaLiga ingin agar pertandingan berlangsung pada akhir pekan dan bukan pada hari Rabu. Sebab duel ini pastinya bakal disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Namun demikian keputusan untuk menunda pertandingan El Clasico ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Barcelona dan Real Madrid. Sebab mereka punya waktu ekstra untuk istirahat setelah sebelumnya berlaga di Liga Champions. Madrid akan bermain melawan Galatasaray di Turki sementara Barcelona akan berduel lawan Slavia Praha di Ceko.

(FCB)