FOLLOW US:


Review: Ditahan Sevilla, Barca Gagal Geser Madrid

23-10-2011 05:04

 | Lionel Messi

Review: Ditahan Sevilla, Barca Gagal Geser Madrid
Barcelona gagal meraup poin penuh ketika menjamu Sevilla AFP

Bola.net - Barcelona gagal menggeser Real Madrid di puncak klasemen setelah hanya bermain imbang tanpa gol menghadapi Sevilla di Camp Nou dalam lanjutan La Liga Spanyol, Minggu (23/10).

Bermain di hadapan publik sendiri tak disia-siakan Barca untuk menekan pertahanan tim tamu sejak menit awal. Dan tim Catalan ini hampir saja memimpin jika saja tendangan Andres Iniesta tidak berhasil digagalkan oleh kiper Sevilla, Javi Varas.

Memasuki 12 menit babak pertama, giliran Sevilla yang mendapat peluang emas di daerah pertahanan Barca. Abidal yang lengah tak menyadari kehadiran Jesus Navas hampir membuat kerugian bagi timnya jika saja Valdes tidak sigap membuang bola.

Valdes kembali membuat penyelamatan gemilang di pertengahan babak pertama. Usaha Jesus Navas yang mengarahkan bola ke pojok atas gawang Barca masih berhasil ditepis keluar oleh Valdes dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Sevilla.

Tak juga membuahkan hasil, pemain Barca terlihat sedikit frustasi dan mulai kehilangan ritme permainan mereka. Sementara tim tamu justru mulai berani keluar menekan.

Tak mau kehilangan muka di depan ribuan pasang mata pendukungnya, Barca mulai tancap gas untuk kemudian mengambil alih kendali permainan. Usaha mereka hampir membuahkan hasil andai Varas tak bisa menepis bola hasil sepakan Villa yang memanfaatkan umpan Adriano.

Sevilla harus berterima kasih kepada Varas untuk hasil imbang di babak pertama. Kiper asal Spanyol ini dengan brilian menepis tendangan Messi keluar lapangan di akhir babak pertama. Hingga jeda turun minum, Barca mencatatkan penguasaan bola yang fantastis dengan 76% berbanding 24%.

Barca yang belum juga menemukan gol di pertandingan ini tampil lebih beringas. Pasukan Josep Guardiola ini hampir saja memimpin andai Varas tidak melakukan penyelamatan gemilang dengan menggagalkan tendangan Iniesta dan sundulan Messi di 10 menit babak kedua berjalan.

Dengan waktu yang semakin menipis Barca mulai meningkatkan tempo serangan mereka. Tuan rumah menguasai penuh penguasaan bola, dan hampir membuat Escude melakukan gol bunuh diri di menit ke-70 andai Varas tidak sigap menjaga gawangnya.

Tiga menit berselang, giliran Messi dengan teknik menawan berhasil membelah pertahanan Sevilla untuk kemudian menyodorkan bola kepada Iniesta yang kemudian mencungkil bola melewati Varas. Sayang bola masih melambung di atas gawang.

Fabregas mendapat peluang 12 menit jelang laga usai, namun tendangannya masih dapat ditahan oleh Fazio.

Drama terjadi di menit akhir pertandingan, wasit memutuskan memberikan hadiah penalti kepada Barca setelah Iniesta dijatuhkan di kotak penalti. Pemain Sevilla yang menjadi panas kemudian terlibat konfrontasi sehingga menyebabkan Fred Kanoute diusir keluar wasit.

Namun dewi fortuna tidak berpihak kepada Barca di pertandingan kali ini. Messi yang bertindak sebagai algojo gagal memaksimalkan peluang dari titik putih setelah tendangannya digagalkan oleh Varas.

Di penghujung laga, Sevilla harus bermain dengan 9 pemain ketika pemain bertahan mereka, Fernando Navarro diusir keluar wasit setelah menerima kartu kuning kedua karena dianggap mengulur waktu.

Hasil imbang ini menyebabkan Barca gagal merebut kembali tahta pemuncak klasemen dari rival mereka, Real Madrid. Anak asuh Josep Guardiola ini sementara masih tertahan di posisi runner up dengan selisih satu poin dari Madrid. Sementara Sevilla tertahan di posisi 4 dengan torehan 16 poin, atau berselisih 2 poin dari Barca.

Starter Kedua Tim:
Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Mascherano, Abidal, Adriano; Keita, Xavi, Thiago; Iniesta, Messi, Villa.

Sevilla (4-2-3-1): Javi Varas; Caceres, Fazio, Escude, Navarro; Medel, Campana; Armenteros, Trochowski, Jesus Navas; Manu Del Moral.
      (bola/mac)


Komentar Pembaca (108 komentar)
RIN, catalan
23:47 27 Oktober 2011
Barca tetap semangat yaaa....
Yg ngaku fans barca, berhenti komen dg kata2 gak pantas ya...
Team besar harusnya didukung oleh fans yg berjiwa besar & santun
madrid amateur football club, madrid
11:51 24 Oktober 2011
salut utk Javi Varas, walupun seri kmrn memang permainan bola yg indah... perbedaan antara pencari kemenangan & seniman sepakbola sejati.. pencari kemenangan main jelek & licik ga masalh asal menang.. mrk tdk akan pernah mengakui kekalahanny berapapun skor mrk dibantai... lbh cocok jd banci... seniman sepakbola hanya berpikir bermain dgn indah & berjiwa besar mengakui kelebihan lawanny... pencari kemenangan macam madrid seharusny suruh main gundu aj trus ksh pialany seperti liga champion.
leona messi, camp nou
10:31 24 Oktober 2011
Barca kuarng beruntung aja
ball possiton dapat membuktikannya
be more powerful cules
Messi make ur another hattrick :*
jack, malang
10:26 24 Oktober 2011
ayo,.. barca jngan patah semangat. q kan selalu mndukungmu.
cui, angkasa
08:53 24 Oktober 2011
kena batunya kan...fansnya sih suka olok2 di artikel madrid....mau apa sekarang