Tanpa Pemain Baru, Ini Pemain yang Bisa Diandalkan Barcelona Melawan Rayo Vallecano

Serafin Unus Pasi | 12 Agustus 2022 19:48
Pemain Barcelona Raphinha melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Real Madrid, Minggu (24/7/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Kompetisi La Liga musim 2022-2023 akan bergulir di akhir pekan ini. Barcelona akan memulai kampanye musim baru mereka dengan menghadapi Rayo Vallecano pada 13 Agustus, namun sayangnya Blaugrana masih belum bisa mendaftarkan para pemain baru mereka.

Skuat besutan Xavi Hernandez telah mendatangkan nama-nama seperti Raphinha, Robert Lewandowski, Jules Kounde, Franck Kessie, dan Andreas Christensen. Dilansir dari Football Espana, sejauh ini pada laman resmi La Liga para penggawa baru maupun pilar yang meneken kontrak baru belum bisa didaftarkan oleh Barcelona.

Karena tim yang bermarkas di Camp Nou itu harus mengumpulkan dana lebih lanjut untuk memungkinkan pemain baru bisa didaftarkan. Selain itu, Barcelona harus mengurangi beban gaji para pemain mereka yang terlalu tinggi.

Dengan berbagai keterbatasan yang sedang menimpa timnya, sang pelatih Xavi Hernandez dituntut untuk mempersiapkan pasukannya sebaik mungkin jika ingin meraih hasil positif. Berikut beberapa pemain yang bisa diandalkan Barcelona untuk menghadapi Rayo Vallecano. Yuk langsung disimak Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Pedri

Gelandang Barcelona Pedri. (c) AP Photo

Barcelona membuat gerakan transfer yang sangat menguntungkan ketika mereka mendatangkan Pedri pada 2020. Klub yang bermarkas di Camp Nou pun harus membayar 5 juta euro atau sekitar Rp76 miliar kepada Las Palmas untuk Pedri yang saat itu berusia 17 tahun.

Ia kemudian menjelma menjadi andalan Barca untuk mengisi pos gelandang tengah. Pada musim pertamanya di Barcelona, pemain berpostur 174 cm itu langsung dimainkan 52 kali dalam semusim, yang membuatnya juga diganjar Kopa Trophy (penghargaan pemain terbaik di bawah usia 21 tahun).

Musim lalu, penampilannya berkurang karena faktor cedera. Pedri total hanya mengemas 21 kali penampilan serta mencetak 4 gol dan 1 assist. Namun, dengan kondisi fisik dan mental jauh lebih baik, Xavi nampaknya akan memberi slot posisi gelandang untuknya pada laga melawan Rayo Vallecano.

2 dari 5 halaman

Gavi

Aksi Pablo Gavi dalam duel Barcelona vs Pumas, Trofeo Joan Gamper 2022 (c) AP Photo

Pemain bernama asli Pablo Martin Paez Gavira ini menjadi permata baru bagi Barcelona. Gavi mencatat debut untuk tim utama Barca pada 29 Agustus 2021, dalam kemenangan 2-1 atas Getafe pada ajang La Liga.

Penampilan Gavi begitu dipuji layaknya seorang pemain yang telah bermain di tim utama Barcelona selama bertahun-tahun. Pada musim lalu, pemain berusia 18 tahun ini mencatat 45 kali penampilan dan mencetak 2 gol serta 6 assist di berbagai ajang.

Dengan pencapaian seperti itu, nampaknya Gavi diprediksi bakal menemani Pedri dan Busquets untuk menggalang lini tengah dalam pertandingan perdana nanti melawan Rayo Vallecano.

3 dari 5 halaman

Ronald Araujo

Pemain Barcelona, Ronald Araujo. (c) AP Photo

Pemain yang bisa bermain bek tengah dan bek sayap kanan dengan sama baiknya ini juga, diprediksi akan menjadi pemain andalan Xavi jelang melawan Rayo Vallecano di pekan perdana La Liga musim ini.

Araujo didatangkan Barcelona dari tim Uruguay, Boston River pada musim 2018 dan mencatat debut membela tim senior Barca pada Oktober 2019. Dia sudah membuat 79 penampilan bersama Blaugrana.

Bek berusia 23 tahun ini telah mencetak empat gol dalam 40 pertandingannya di musim lalu dan mulai menjadi pemain penting dalam tim.

4 dari 5 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Aksi Pierre-Emerick Aubameyang di laga Inter Miami vs Barcelona, pramusim 2022 (c) AP Photo

Besar kemungkinan striker Gabon ini bakal menjadi starter dalam laga perdana melawan Rayo Vallecano di pekan perdana La Liga musim ini. Aubameyang berkontribusi mengubah Barcelona menjadi tim yang enak dilihat khususnya di lini depan.

Hal itu terlihat dari cara kerja ofensif Barcelona versi Xavi. Aubameyang dituntut bisa mencari penempatan posisi yang pas sekaligus cara menarik lawan supaya rekan-rekannya berada di dalam posisi bebas. Itu belum ditambah dengan kelincahannya menarik ulur bentuk pertahanan lawan.

Di musim lalu, dilansir dari FBref, catatan (xG) Aubameyang surplus 4,7. Persentase tembakan tepat sasaran ke gawangnya pun mencapai 65 persen hasilnya, pemain berusia 33 tahun ini sudah mengemas 11 gol di La Liga.

5 dari 5 halaman

Ansu Fati

Pemain Barcelona, Sergino Dest dan Ansu Fati (c) AP Photo

Setelah berkutat dengan cedera dan hanya mengemas 13 kali penampilan serta lesakan enam gol plus satu assist di musim lalu, kali ini Ansu Fati diprediksi akan menjadi pemain andalan bersama Barcelona.

Pemain bernomor punggung 10 itu, layak menyandang juru selamat Barca. kembalinya dari cedera, ia nyaris selalu membuat perbedaan di atas lapangan. Yang lebih penting, dari empat laga sejak dinyatakan sembuh, ia sudah mencetak dua gol kala itu.

Yang pasti pada musim ini Fati berharap tidak lagi bersinggungan dengan cedera. Pasalnya, banyak pemain yang mendapatkan predikat wonderkid kariernya berhenti karena cedera.

(Bola.net/Yoga Radyan)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR