FOLLOW US:


Tidak Ada yang Salah dengan Ketergantungan Barca Terhadap Messi

19-03-2019 08:30

 | Lionel Messi

Tidak Ada yang Salah dengan Ketergantungan Barca Terhadap Messi
Lionel Messi. © AP

Bola.net - Mantan pimpinan Real Madrid, Jorge Valdano menyebut bahwa tidak ada yang salah dengan dependensi Barcelona terhadap Lionel Messi. Dia percaya Barca berhak berbuat demikian karena Messi memang pemain bintang mereka.

Messi sekali lagi mencuri perhatian ketika membantu Barcelona mengalahkan Real Betis 4-1. Pemain berjuluk La Pulga ini mencetak hattrick alias trigol yang impresif, bahkan suporter lawan memberikan standing ovation untuk Messi.

Performa Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia tampaknya belum kendur meski dia sudah mendekati usia pensiun. Messi adalah genius sepak bola yang akan terus membantu Barca.

Valdani percaya ketergantungan Barca terhadap Messi bukan berarti Barca akan kalah ketika Messi tidak bermain. Baca komentar selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Genius Sepak Bola

Menurut Valdano, tim sukses di dunia sepak bola memang harus memiliki pemain genius seperti Messi. Dia percaya Barca tetap akan sukses meski tanpa Messi, mungkin level permainan Barca yang sedikit menurun.

"Saya percaya bahwa setiap tim sukses harus memiliki pemain genius," kata Valdano kepada tribalfootball.

"Ada beberapa tim yang lebih dikenal karena memiliki pelatih yang luar biasa, tim-tim lain karena memiliki megabintang."

"Barcelona masih akan sukses besar meski tanpa Lionel Messi, tapi mereka jelas tidak akan berada di level yang sama dengan level mereka saat ini bersama dia," sambungnya.

2 dari 3

Dampak Messi Luar Biasa

Dampak Messi Luar Biasa
Lionel Messi saat mendapatkan standing ovation dari fans Real Betis © FC Barcelona Twitter

Lebih lanjut, Valdano memberikan contoh pada beberapa laga terakhir. Messi jadi pahlawan utama Barca saat melawan Lyon dan Real Betis, karena itulah dia menilai Barca mungkin tak akan bisa menang jika tidak ada Messi.

"Akankah Barcelona menang meyakinkan seperti yang mereka lakukan melawan Betis tanpa Messi? Jawabannya tidak."

"Mungkinkah Barca tampil luar biasa seperti yang mereka lakukan di Liga Champions pekan lalu tanpa Messi? Tidak," lanjut Valdano.

"Dampak yang Messi berikan untuk setiap pertandingan seharusnya tidak diremehkan, dia adalah pemain bintang dan ketika dia bermain bagus, semua tim juga bermain bagus," pungkasnya.

3 dari 3

Saksikan Juga Video Ini

Berita Video Saat Puyol Bingung Memilih, Meninggalkan Barcelona atau Mencukur Rambutnya.