FOLLOW US:


Valdano: Messi Sendiri Yang Tentukan Batasannya

03-11-2016 10:14

 | Cristiano Ronaldo

Valdano: Messi Sendiri Yang Tentukan Batasannya
Jorge Valdano © Ist

Bola.net - Mantan pemain dan direktur olahraga Real Madrid, Jorge Valdano, mengatakan bahwa Lionel Messi akan terus bermain sepakbola di level tertinggi selama yang ia mau.

Menurut Valdano, bintang Barcelona itu akan terus menjadi yang terbaik, karena ia tidak memiliki batasan fisik. Satu-satunya yang bisa menghentikannya menjadi pemain nomor satu adalah pikirannya sendiri, atau faktor mental.

"Batasan yang ia punya bukan soal fisik, melainkan mental. Ia akan memutuskan sendiri kapan ia bakal berhenti dan mengalami penurunan. Meski ia seperti tidak berlari, ia akan terus menjadi pemain penting, hingga ia memutuskan sebaliknya," tutur Valdano di France Football.

"Messi tidak berlari tujuh kilometer, dibandingkan dengan 10 atau 11 yang dilahap oleh rekannya. Dan itu cukup untuk membuatnya mencetak tiga gol (di laga melawan Manchester City di Camp Nou-red), menghasilkan penalti, dan juga memberikan umpan pada Neymar."

Namu terkait pemenang Ballon d'Or, Valdano mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo akan terus jadi unggulan.

"Itu akan tergantung kriteria yang diusung oleh para pemberi suara, ada yang menitik beratkan pada gelar juara yang diraih oleh pemain, atau ada juga yang menilai performa individu. Apapun hasilnya, Cristiano Ronaldo adalah pemain luar biasa, yang punya kualitas untuk melewati batasannya sendiri."