FOLLOW US:


Valverde Tinggalkan Barcelona dengan Tragis: Dipecat Usai Mendominasi La Liga 3 Musim

14-01-2020 08:54

 | Yaumil Azis

Valverde Tinggalkan Barcelona dengan Tragis: Dipecat Usai Mendominasi La Liga 3 Musim
Pelatih Ernesto Valverde ketika memimpin Barcelona menghadapi Slavia Praha, Rabu (6/11/2019). © AP Photo

Bola.net - Per hari Selasa (14/1/2020), Ernesto Valverde sudah tidak lagi menukangi Barcelona. Ia dipecat oleh manajemen klub karena dianggap sebagai biang atas performa buruk dalam beberapa pekan terakhir.

Fans Barcelona sudah cukup sering mendesak klub untuk memecatnya, terutama semenjak kegagalan di semi-final Liga Champions musim lalu. Saat itu, Barcelona gagal lolos ke final karena disingkirkan oleh Liverpool.

Kemudian, performa Barcelona di awal musim ini terlihat sedikit kurang meyakinkan. Lalu kegagalan dalam ajang Supercopa de Espana pekan lalu membuat desakan dari fans semakin menjadi-jadi.

Pada akhirnya Barcelona memutuskan untuk memecat Valverde. Mereka kemudian mengangkat Quique Setien yang sebelumnya diketahui pernah menukangi klub asal Spabyol lainnya, Real Betis.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Kisah Valverde yang Tragis

Ya, Barcelona di era kepelatihan Valverde musim ini sempat goyah. Pada pekan perdana La Liga, mereka yang berstatus sebagai juara bertahan justru tumbang dengan skor tipis 0-1 atas Athletic Bilbao.

Namun setelahnya, Barcelona terus mendulang hasil positif yang membuat mereka bertengger di puncak. Mereka ada di posisi yang sama saat manajemen klub memutuskan untuk memecat Valverde.

Lebih menyedihkannya lagi, ia harus pergi dengan prestasi dua trofi La Liga di tangannya. Sehingga, pria berumur 55 tahun itu meninggalkan Nou Camp dengan torehan tiga musim berturut-turut berada di puncak klasemen.

2 dari 2

Rekor Positif Valverde

Valverde juga mencatatkan beberapa statistik yang apik selama di Barcelona. Mereka berada di puncak klasemen dalam 81 dari 95 pekan La Liga yang telah mereka lalui bersama.

Dari segi gol, tim asuhan Valverde juga berhasil mencetak 238 gol (2.5 per pertandingan). Tak hanya itu, mereka juga hanya kebobolan 88 gol saja (0.92 per pertandingan) di ajang La Liga.

Rekor Valverde di Copa del Rey juga tidak begitu buruk. Barcelona selalu mencapai final dalam dua musim terakhir, di mana mereka berhasil menang sekali atas Sevilla tahun 2018 serta kalah dari Valencia musim lalu.

Dengan demikian, hanya Liga Champions yang tidak mampu ditaklukkan olehnya. Kiprah Barcelona dan Valverde dalam ajang tersebut tak pernah sampai di final, dan tumbang secara mengenaskan d tangan AS Roma dan Liverpool.

(Marca)