5 Pemain Timnas Indonesia dengan Status 'Supersub' di Piala AFF: Arif Suyono dan 2 Golnya di 2010

Asad Arifin | 9 Desember 2022 13:11
5 Pemain Timnas Indonesia dengan Status 'Supersub' di Piala AFF: Arif Suyono dan 2 Golnya di 2010
Trofi Piala AFF 2022 (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 yang akan datang. Pada turnamen-turnamen seperti ini, peran seorang pemain dengan status 'supersub' bakal sangat penting.

Timnas Indonesia baru akan bermain pada 23 Desember 2022. Kamboja adalah lawan pertama yang harus dihadapi Tim Merah-Putih di Grup A Piala AFF 2022.

Melihat kembali ke belakang, banyak cerita menarik yang menghiasi perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF. Satu di antaranya tentu soal kegagalan menjadi juara, meski sudah enam kali lolos ke final.

Selain itu, ada pula cerita soal para supersub alias pemain pengganti yang bisa memberikan dampak signifikan. Timnas Indonesia memiliki stok yang cukup banyak untuk pemain bertipe seperti itu di Piala AFF.

Yuk simal 5 supersub Timnas Indonesia dalam sejarah Piala AFF lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Kurniawan Dwi Yulianto (Piala AFF 2004)

Kurniawan Dwi Yulianto (Piala AFF 2004)

Kurniawan Dwi Yulianto dalam konferensi pers laga ekshibisi Star Football Challenges bersama John Terry dan Alessandro Nesta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (12/11/2022) (c) Bola.net/Bag

Piala AFF 2004 merupakan edisi terakhir bagi Kurniawan Dwi Yulianto. Pria yang akrab disapa Si Kurus itu menutup perjalananya di turnamen itu dengan spesial.

Ia mampu mencetak lima gol sepanjang turnamen. Kurniawan hanya kalah satu gol dari Khalid Jamlus (Malaysia) dan Soe Myat Min (Myanmar), serta dua gol dari Ilham Jayakesuma yang menjadi top skorer.

Peran Kurniawan sebagai supersub di Timnas Indonesia sangat terlihat di Piala AFF 2004. Satu contoh nyata terjadi pada leg kedua semifinal.

Si Kurus yang masuk pada awal babak kedua mampu mengubah keadaan. Satu golnya membawa motivasi besar yang membuat Timnas Indonesia bangkit dan menang 4-1 di kandang Malaysia.

2 dari 4 halaman

Arif Suyono dan Bambang Pamungkas (Piala AFF 2010)

Arif Suyono dan Bambang Pamungkas (Piala AFF 2010)

Arif Suyono dan Feri Aman Saragih. (c) Fitri Apriani

Arif Suyono dan Bambang Pamungkas sama-sama mencetak dua gol di Piala AFF 2010. Menariknya, dua gol itu datang ketika keduanya masuk sebagai pemain pengganti.

Arif mencetak satu gol dalam kemenangan Timnas Indonesia dengan skor 5-1 atas Malaysia pada fase grup. Satu gol lagi berhasil ia cetak saat Tim Garuda menghancurkan Laos 6-0.

Sementara itu, Bambang mencetak dua gol dari satu laga. Dua gol itu datang dari tendangan penalti dan bersarang ke gawang Thailand.

3 dari 4 halaman

Manahati Lestusen (Piala AFF 2016)

Manahati Lestusen (Piala AFF 2016)

Manahati Lestusen (c) Mustopa

Manahati tak melulu menjadi pilihan utama di Piala AFF 2016. Ia baru mendapatkan tempat di skuad utama Timnas Indonesia ketika sudah memasuki fase semifinal.

Penampilan Mahati saat itu layak dikenang. Terutama performanya pada laga semifinal leg kedua.

Manahati tampil konsisten sebagai gelandang jangkar. Intersep serta tekel yang ia lepaskan sangat menyulitkan pemain Vietnam.

Penampilan apik Manahati pada laga itu ditutup dengan tendangan penalti manis pada akhir extra time babak kedua. Manahati yang masih muda dengan berani maju sebagai eksekutor.

4 dari 4 halaman

Ramai Rumakiek (Piala AFF 2020)

Ramai Rumakiek (Piala AFF 2020)

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek saat tampil melawan Antalyaspor di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Ramai Rumakiek menjadi satu dari beberapa pemain muda yang menonjol di Piala AFF 2020. Ramai berhasil mencetak satu gol pada ajang yang berlangsung di Singapura itu.

Ramai kerap masuk sebagai pemain pengganti di Timnas Indonesia. Pemain yang saat Piala AFF 2020 masih berusia 19 tahun itu, kerap memberikan sengatan berbeda kepada pertahanan lawan.

Sayangnya, permainan Ramai Rumakiek saat ini mengalami penurunan. Ia tak dibawa Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022.

Disadur dari Bola.com: Hery Kurniawan/Rizki Hidayat, 9 Desember 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR