FOLLOW US:


5 Pemain yang Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFC U-23 2022

14-10-2021 11:35

 | Gia Yuda Pradana

5 Pemain yang Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFC U-23 2022
Dua pemain Timnas Indonesia, Beckham Putra dan Bagus Kahfi © Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan berjuang dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 2022, di Tajikistan, pada 27 Oktober - 2 November 2021. Australia menjadi satu-satunya lawan skuad Garuda Muda di Grup G karena China dan Brunei Darussalam memilih mundur.

Situasi itu membuat penentuan tim yang lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022 dari Grup G masih menunggu keputusan AFC. Sebab, yang berhak lolos ke fase tersebut adalah juara dari Grup A hingga K dan empat runner-up terbaik.

Tak hanya itu, format sekali bertanding tidak mungkin jadi penentu ke putaran final bila kedua kesebelasan bermain seri. Sebab jika hasilnya imbang, Timnas Indonesia U-23 dan Australia akan mempunyai poin dan selisih gol yang sama.

Terlepas dari situasi itu, Australia jelas bukan lawan sembarangan buat Timnas Indonesia U-23. Tim berjuluk Olyroos tersebut harus dihadapi skuad Garuda Muda dengan penuh kerja keras.

Nah kira-kira siapa saja penggawa Timnas Indonesia U-23 yang bisa menjadi andalan untuk mengalahkan Australia? Berikut setidaknya lima pemain tersebut.

1 dari 5

Bagus Kahfi

Bagus Kahfi
Bagus Kahfi © Bola.net/Fitri Apriani

Striker FC Utrecht ini bisa menjadi senjata baru Shin Tae-yong di lini depan. Selama era Shin Tae-yong, Bagus Kahfi hampir tidak pernah dapat panggilan Timnas Indonesia.

Namun, sekarang, ia dipanggil pelatih asal Korea Selatan itu dan kemungkinan masuk dalam skema permainan untuk melawan Australia. Turun di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 menjadi kesempatan Bagus Kahfi memperlihatkan kemampuannya setelah cedera patah tulang engkel.

2 dari 5

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam © Bola.com/Zulfirdaus Harahap

Bek sayap ini adalah soulmate buat pelatih Shin Tae-yong. Asnawi Mangkualam tidak pernah absen dalam skema permainan yang dipakai pelatih berusia 52 tahun itu, baik di level Timnas Indonesia U-23 maupun senior.

Di Tajikistan nanti, pemain Ansan Greeners ini juga diprediksi masih menjadi andalan Shin Tae-yong. Terutama untuk menggedor permainan lawan dari sisi sayap kanan.

3 dari 5

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman © Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gelandang serang ini juga merupakan andalan Shin Tae-yong. Pemain yang muncul saat era timnas usia muda dipegang Indra Sjafri ini mampu bermain mengesankan.

Witan memiliki tembakan akurat, baik dari dalam maupun luar kotak penalti. Oleh sebab itu, penggawa Lechia Gdansk ini bisa menjadi pemain yang memecah kebuntuan, dan diharapkan dapat membuat repot pertahanan Australia.

4 dari 5

Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek
Ekspresi Ramai Rumakiek usai membbol gawang Timnas Taiwan pada playoff Kualifikasi Piala AFC 2023, Kamis (7/10/2021) © Dok. PSSI

Penampilannya bersama timnas senior pada babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 melawan Taiwan menuai banyak pujian. Pemain yang berposisi sebagai striker ini mampu menjadi mesin gol skuad Garuda.

Sekarang di Timnas Indonesia U-23, Ramai Rumakiek diyakini bakal menjadi pilar lagi. Motivasinya yang sedang tinggi diprediksi mampu menyulitkan pertahanan Australia, dan menjadi mesin gol buat skuad Garuda Muda.

5 dari 5

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto
Rachmat Irianto, pemain Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia © Bola.com/Adreanus Titus

Karakter bek tengah yang kini memperkuat Persebaya Surabaya ini sangat berguna untuk Timnas Indonesia U-23 jika memang diturunkan di lapangan. Di usia yang masih muda, Rachmat Irianto sudah terbiasa menjadi kapten.

Ketenangannya saat bermain diharapkan bisa membuat kokoh lini pertahanan Timnas Indonesia U-23. Sebab, menghadapi lawan seperti Australia dibutuhkan ketepatan dalam mengambil keputusan.

(Bola.net/Fitri Apriani)