7 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF

Serafin Unus Pasi | 3 Desember 2021 19:28
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjuang di Piala AFF 2020. Turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara itu berlangsung di Singapura mulai 1 Desember 2021 sampai 5 Januari 2022.

Sejak masih bernama Piala Tiger pada tahun 1996, Indonesia selalu ambil bagian pada kejuaraan tersebut. Hanya saja, Skuad Garuda belum sekalipun menjadi juara.

Namun, dalam perjalanannya banyak pemain Timnas Indonesia yang mampu unjuk gigi pada ajang tersebut. Salah satunya dengan menyabet gelar top skor.

Sepanjang gelaran Piala AFF, banyak pemain Timnas Indonesia yang juga mampu tampil produktif. Berikut 7 penggawa Merah Putih yang menjadi pencetak gol terbanyak di Piala AFF.

1 dari 7 halaman

Budi Sudarsono

Pemain Timnas Indonesia, Budi Sudarsono saat melawan Singapura di Piala AFF 2008 (c) AFP/Bay Ismoyo

Budi Sudarsono masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF. Pemain asal Kediri, Jawa Timur tersebut menyumbang 6 gol untuk tim Merah Putih.

Mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut mencetak gol pertamanya pada Piala AFF 2002 ketika Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Vietnam. Gol keduanya dicetak melawan Filipina, kala itu skuad Garuda menang 13-1.

Tambahan empat golnya dicetak pada Piala AFF 2008. Pemain yang pernah membela Persija Jakarta itu juga mencetak hattrick ke gawang Kamboja.

2 dari 7 halaman

Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma (c) Fitri Apriani

Ilham Jaya Kesuma merupakan penyerang kelahiran Palembang. Dia pernah menjadi andalan di lini serang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2004 dan Piala AFF 2007.

Ilham Jaya Kesuma juga menyumbang total 6 gol untuk tim Merah Putih pada turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara itu. Namanya pun masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak.

Ilham Jayakusuma langsung mencetak brace ketika Timnas Indonesia mengalahkan Laos 0-6. Total sebanyak 5 gol berhasil dibukukan pada Piala AFF musim tersebut.

Tambahan satu gol lainnya dicetak pada Piala AFF 2007 ke gawang Singapura. Skuad Garuda bermain imbang 2-2 saat itu.

3 dari 7 halaman

Gendut Doni

Pemain bernama lengkap Gendut Doni Christiawan juga masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF. Sebanyak 6 gol berhasil dibukukan oleh penyerang asal Salatiga itu.

Gendut Doni mencetak 5 gol ketika tampil di Piala AFF 2000. Bahkan, dia berhasil meraih gelar individu sebagai top skor turnamen tersebut.

Tambahan satu gol dicetak pada babak final Piala AFF 2002 ketika Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Thailand. Sayang, skuad Garuda kalah dalam adu penalti.

4 dari 7 halaman

Zaenal Arief

Mantan penyerang Persib Bandung, Zaenal Arief juga masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak timnas Indonesia di Piala AFF. Sebanyak 7 gol berhasil dipersembahkan untuk tim Merah Putih.

Menjadi andalan Timnas Indonesia bersama Bambang Pamungkas pada Piala AFF 2002, Zaenal Arif mencetak 6 gol. Kala itu, dia ikut mengantarkan tim Merah Putih ke babak final, walau akhirnya kalah dalam adu penalti dengan Thailand.

Tambahan satu gol dibukukan pada Piala AFF 2006. Kala itu, perjalanan Timnas Indonesia berakhir di fase grup.

5 dari 7 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa (c) Fitri AprianiBoaz Solossa (c) Fitri Apriani

Penyerang asal Papua, Boaz Solossa masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF. Jumlah golnya sama dengan Zaenal Arief yakni 7 gol.

Menjalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2004, Boaz langsung mencetak dua gol melawan Laos. Di laga selanjutnya, dia juga ikut membantu membobol gawang Laos, dan Malaysia di babak semifinal.

Sementara tambahan tiga golnya baru dibukukan pada Piala AFF 2016. Boaz juga ikut mengantarkan Timnas Indonesia ke partai puncak meski akhirnya skuad Garuda takluk kepada Thailand.

6 dari 7 halaman

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas (c) ESA

Penyerang Legendaris Persija Jakarta, Bambang Pamungkas menyumbang 12 gol selama penampilannya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF. Gol-golnya tersebut dicetak pada Piala AFF 2002, 2008, dan 2010.

Pemain yang akrab disapa Bepe tersebut langsung mencetak 8 gol pada edisi 2008. Dia juga menjadi top skor pada ajang tersebut berkat produktivitasnya.

Tambahan dua golnya dicetak pada Piala AFF 2008 dan 2010.

7 dari 7 halaman

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Kurniawan Dwi Yulianto masih menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF. Sebanyak 14 gol berhasil dibukukan ketika membela Merah Putih pada ajang tersebut.

Kurniawan yang tampil sejak Piala AFF 1996 langsung mencetak 4 gol, sementara pada musim berikutnya hanya mampu mencetak 2 gol. Tambahan 3 gol berhasil dia sumbangkan pada Piala AFF 2000.

Sementara 5 gol lainnya dicetak pada Piala AFF 2004. Sekaligus menjadi sumbangan gol terbanyaknya pada satu edisi Piala AFF.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR