Baik dan Buruk dan Timnas Indonesia di SEA Games 2021: Rajin Cetak Gol dan Kebobolan

Asad Arifin | 17 Mei 2022 12:57
Pose pemain Timnas Indonesia sebelum pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games 2021 melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia telah merampungkan empat laga fase grup SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong sekali kalah dan tiga kali menang. Indonesia pun lolos ke babak semifinal dengan sejumlah catatan penting.

Timnas Indonesia U-23 melaju ke empat besar SEA Games 2021 dengan status runner-up Grup A. Garuda Muda menorehkan sembilan poin dari empat partai, terpaut sebiji angka dari tuan rumah Vietnam.

Alfeandra Dewangga dan kolega bakal menghadapi Thailand di semifinal SEA Games 2021 yang berlabel peringkat kedua di Grup B dengan delapan poin pada 19 Mei 2022 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh.

Indonesia menang 2-0 atas Thailand pada SEA Games 2019 lalu. Tapi, Thailand saat ini punya Mano Polking sebagai pelatih. Polking adalah pelatih yang membawa Thailand menjadi juara Piala AFF 2020, mengalahkan Indonesia di laga final.

Jelang laga semifinal melawan Thailand, berikut adalah baik dan buruk Timnas Indonesia selama fase grup SEA Games 2021. Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Pertahanan Bocor

Duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho saat bermain di SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23 beberapa kali melakukan kesalahan, misalnya ketika kalah tiga gol tanpa balas dari Vietnam di babak penyisihan pada 6 Mei 2022.

Timnas Indonesia U-23 juga kecolongan satu gol kala menang 4-1 atas Timor Leste pada 10 Mei 2022 dan membungkam Myanmar 3-1 lima hari berselang.

Duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho sebagai palang pintu Timnas Indonesia U-23 perlu meningkatkan konsentrasi. Keduanya juga harus lebih pintar dalam membaca serangan lawan.

2 dari 4 halaman

Tidak Bisa Berharap pada Elkan Baggott

Penampilan Elkan Baggott di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. (c) dok.PSSI

Timnas Indonesia U-23 juga masih terancam tidak dapat diperkuat Elkan Baggott. Terakhir, bek berusia 19 tahun itu belum datang ke Vietnam untuk bermain di SEA Games 2021.

Selain lini belakang, penyerang tengah Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 juga mendapatkan sorotan. Sepuluh dari sebelas gol Garuda Muda di babak penyisihan dicetak oleh pemain non-striker.

Dari tiga penyerang yang dimainkan Shin Tae-yong sebagai centre forward, baru Muhammad Ridwan yang telah membuka keran golnya. Sementara Irfan Jauhari dan Ronaldo Kwateh masih nihil.

3 dari 4 halaman

Rajin Cetak Gol

Saddil Ramdani (kiri) dan Saddil Ramdani di laga Indonesia U-23 vs Timor Leste di SEA Games 2022. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Timnas Indonesia U-23 bermain agresif begitu kalah dari Vietnam. Garuda Muda membuktikannya dengan mendulang sebelas gol dari tiga pertandingan. Hanya kalah dari Thailand yang mencetak 12 gol pada fase grup.

Produktivitas Timnas Indonesia itu mesti dipertahankan. Duo Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman menjelma bak monster kotak penalti, padahal keduanya bukan berposisi sebagai penyerang.

Egy dan Witan berkarakteristik sebagai winger dengan insting mencetak gol yang tinggi dan dan juga berperan sebagai motor serangan. Mereka telah mencetak masing-masing tiga gol.

Kontribusi Ricky Kambuaya di babak penyisihan juga tidak dapat dikesampingkan. Pemain asal Persib Bandung itu menjadi gelandang petarung plus box to box dengan spesialisasi menusuk ke lini pertahanan lawan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Semifinal SEA Games 2021

  • Kamis, 19 Mei 2022
  • Thailand Vs Timnas Indonesia U-23
  • Thien Truong Stadium, Nam Dinh
  • Kick-off 19.00 WIB

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Yus Mei Sawitri, 17 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR