Curhat Shin Tae-yong: Kenapa Vietnam Beri Lapangan yang Mini Banget Kepada Kami?

Asad Arifin | 12 Mei 2022 12:13
Shin Tae-yong saat mendampingi Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Bola.net - Shin Tae-yong mencurahkan isi hatinya soal kejadian buruk yang dialami di SEA Games 2021. Pelatih Timnas Indonesia itu kesal karena mendapatkan lapangan latihan yang buruk dan sempit dari pihak tuan rumah.

Timnas Indonesia U-23 seringkali diberikan jatah latihan di Lapangan Nam Tong, Distrik Nam Tong yang berjarak sekitar 22 km dari Viet Tri, homebase Garuda Muda di SEA Games 2021.

Perjalanan dari Muong Thanh Luxury Phu Tho Hotel, tempat Timnas Indonesia U-23 menginap selama di Viet Tri, ke Lapangan Nam Tong dapat memakan waktu hingga 45 menit.

Selain karena jarak yang cukup jauh dari hotel ke lapangan latihan, kondisi Lapangan Nam Tong juga jauh di bawah standar. Lapangan Nam Tong punya ukuran yang kecil ketimbang lapangan latihan pada umumnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Lapangan Tidak Standar

Lebar Lapangan Tam Nong terbilang kecil. Jarak dari kotak penalti ke garis keluar lapangan terlalu dekat layaknya lapangan futsal.

Sebelumnya, Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, memperkirakan ukuran Lapangan Huyen Tam Nong hanya 80 m x 40 m dan tidak sesuai dari ukuran standar lapangan yang layak.

Lapangan sepak bola biasanya memiliki panjang 90-120m dan lebar 45-90 m.

Sehari sebelum bertanding melawan Timor Leste pada 9 Mei 2022, Timnas Indonesia U-23 berlatih di Lapangan Tam Nong. Shin Tae-yong pun resah karena Witan Sulaeman dkk. tidak dapat berlatih taktik.

2 dari 3 halaman

Tidak Pernah Dapat Pengalaman Serupa

Shin Tae-yong ketika memimpin sesi latihan Timnas Indonesia di SEA Games 2021 (c) PSSI

Padahal, partai menghadapi Timor Leste sehari berselang begitu krusial bagi Timnas Indonesia U-23. Garuda Muda wajib menang buntut untuk menjaga peluang lolos ke babak semifinal SEA Games 2021.

"Kenapa ya Vietnam memberikan lapangan yang mini banget kepada kami, sampai kami tidak dapat latihan taktik sebelum hari pertandingan?" tulis Shin Tae-yong dalam akun Instagramnya, @shintaeyong7777.

"Sampai saat ini saya tidak mengerti. Ini turnamen internasional. Saya tidak pernah mendapatkan pengalaman ini sebelumnya," jelas arsitek yang baru berulang tahun ke-53 itu.

Untungnya, kondisi Lapangan Tam Nong tidak memengaruhi penampilan Timnas Indonesia U-23 ketika bentrok dengan Timor Leste. Garuda Muda menang telak 4-1 pada Selasa (10/5/2022) di Viet Tri Stadium, Phu Tho.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR