Gerimis dan Tangis Haru Timnas Indonesia U-16 Tutup Perjuangan Juara Piala AFF U-16 2022

Richard Andreas | 13 Agustus 2022 05:00
Momen selebrasi juara Timnas Indonesia U-16 usai menjuarai Piala AFF U-16 2022 (c) Bagaskara Lazuardi/Bola

Bola.net - Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 jadi torehan istimewa di bulan kemerdekaan. Garuda Muda menundukkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 di partai final, Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022).

Tangis haru pun langsung pecah sesaat setelah wasit meniup peluit tanda akhir pertandingan. Para pemain Timnas Indonesia U-16 saling berpelukan satu sama lain.

Pelatih dan para ofisial pun demikian. Bima Sakti dan tim kepelatihan mengucapkan syukur dengan cara dan kepercayaan masing-masing.

Bendera Merah-Putih yang memang sudah sengaja disiapkan langsung dibawa lari sambil dikibarkan oleh para pemain Timnas Indonesia U-16.

Rasa haru pun tak hanya meliputi para pemain Timnas Indonesia U-16 dan para pelatih serta ofisial saja. Lebih dari 20 ribu penonton yang memadati Stadion Maguwoharjo pun melakukan hal serupa.

1 dari 4 halaman

Orang Tua Turun ke Lapangan

Suasana stadion semakin semarak setelah Muhammad Iqbal Gwijangge selaku kapten Timnas Indonesia U-16 mengangkat tinggi-tinggi trofi juara Piala AFF U-16.

Tak lama setelah momen itu, Bima Sakti memiliki inisiatif menarik. Ia meminta para orang tua dari pemain yang hadir langsung di Maguwoharjo untuk turun ke lapangan.

Bima meminta mereka untuk merayakan keberhasilan bersama dengan putra mereka masing-masing. Untuk laga final ini, PSSI memang sengaja mendatangkan orang tua dari para pemain ke Sleman.

Tujuannya untuk memberikan penghargaan kepada mereka. Juga untuk memberikan motivasi lebih bagi Kafiatur Rizky dan kawan-kawan.

2 dari 4 halaman

Mengenang Alfin Lestaluhu

Satu pemandangan menarik lain yang terjadi di pesta juara Timnas Indonesia U-16 adalah keberadaan jersey bernomor dua dengan nama Alfin Lestaluhu.

Jersey itu dipakai oleh salah satu ofisial Timnas Indonesia U-16. Sejak awal, jersey Alfin memang terus dibawa oleh Timnas Indonesia U-16.

Hal itu dilakukan untuk mengenang almarhum Alfin yang meninggal dunia pada 2019 lalu. Juga tentu saja untuk memberikan motivasi tambahan kepada para penggawa Garuda Asia.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Timnas Indonesia U-16 Menjadi Juara

Perjalanan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022 dimulai dari kemenangan 2-0 atas Filipina di laga pertama Grup A.

Setelah itu, tim asuhan Bima Sakti ini berhasil meraih kemenangan yang sangat telak sampai 9-0 atas Singapura pada laga kedua, di mana Nabil Asyura sukses mencetak hattrick dalam laga tersebut.

Kemenangan 2-1 atas Vietnam pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-16 2022 membuat tim berjulukan Garuda Asia tersebut berhasil melangkah ke semifinal sebagai juara Grup A.

Timnas Indonesia U-16 sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Myanmar di semifinal. Sempat kebobolan lebih dulu, Tim Garuda Asia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada babak kedua.

Akhirnya Tim Garuda Asia berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah meraih kemenangan tipis 1-0 dalam pertandingan final.

4 dari 4 halaman

Untuk Keluarga dan Masyarakat Indonesia

Keberhasilan membawa Timnas Indonesia U-16 menjadi juara membuat Bima Sakti senang. Ia pun mendedikasikan keberhasilannya itu untuk keluarganya yang selalu memberikan dukungan penuh kepadanya, serta masyarakat Indonesia yang tidak lelah mendukung Tim Garuda Asia.

"Kemenangan ini saya persembahkan untuk anak saya, Bimantara, Rissa, dan Jeje yang selalu memberikan dukungan kepada saya," imbuh Bima Sakti.

"Juga kepada istri dan orang tua saya yang datang ke sini. Kemenangan ini untuk masyarakat Indonesia," tutur Bima Sakti.

Disadur dari: Bola.com (Hery Kurniawan/Benediktus Gerendo Pradigdo), 13 Agustus 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR