FOLLOW US:


Hadapi Indonesia, Malaysia Terbebani Status Tuan Rumah

26-08-2017 11:30
Hadapi Indonesia, Malaysia Terbebani Status Tuan Rumah
Malaysia vs Indonesia, Sea Games 2017 © Bola.net

Bola.net - Status Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017 ternyata tak sepenuhnya menguntungkan perjuangan tim nasional sepakbola mereka pada ajang ini. Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- dinilai justru bakal terbebani dengan status tuan rumah tersebut.

"Timnas Malaysia bisa jadi mengalami masalah mental karena berstatus tuan rumah," ujar Pelatih Persipura Jayapura, Wanderley Junior, pada Bola.net.

"Masyarakat Malaysia menuntut mereka lolos ke final. Jadi, selain harus menang, mereka harus berupaya untuk pertama-tama tidak kalah. Pasalnya, kalah dipastikan tak masuk final," sambungnya.

Pelatih asal Brasil ini menilai bahwa pada laga ini langkah Malaysia juga tak bakal enteng. Pasalnya, Malaysia belum pernah menghadapi pertandingan sengit pada fase grup.

"Sebelumnya, mereka tak pernah menghadapi masalah seperti ini pada fase grup," tuturnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga Semifinal SEA Games 2017. Pertandingan ini bakal dihelat di Stadion Shah Alam Selangor, Malaysia, Sabtu malam

Indonesia lolos dengan status runner-up Grup B. Sementara, Malaysia berpredikat jawara Grup A.

Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Malaysia selalu berlangsung panas. Apalagi dengan sejarah rivalitas dan gimmick-gimmick yang selalu muncul jelang pertemuan kedua tim ini. Bahkan, laga dua timnas ini kerap disebut El Clasico ASEAN.

Wanderley menyebut, dengan beban yang ada di pundak Malaysia, Indonesia berpeluang besar meraih kemenangan pada laga ini. Namun, skuat Garuda Muda -julukan Timnas U-22 Indonesia- wajib cerdik dalam memanfaatkan kelemahan lawan ini.

"Indonesia harus main disiplin dan sabar. Mereka juga harus main pasing cepat dari kaki ke kaki," ia menandaskan.