FOLLOW US:


Hasil Pertandingan timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam: Skor 8-0

03-12-2019 20:55

 | Dimas Ardi Prasetya

Hasil Pertandingan timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam: Skor 8-0
Para pemain Timnas Indonesia U-22. © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-22 membantai Brunei Darussalam 8-0 di laga keempat cabor sepak bola SEA Games 2019 di Stadion Binan, Filipina, Selasa (03/12/2019).

Pertandingan ini tak berlangsung dengan mudah bagi Timnas Indonesia U-22. Pasalnya Brunei Darussalam memberikan perlawanan yang cukup ketat.

Gol-gol dari Timnas Indonesia U-22 disumbangkan oleh Osvaldo Haay (hattrick), Egy Maulana Vikri (brace), Andy Setyo, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaiman.

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-22 berusaha untuk bisa menguasai jalannya pertandingan begitu laga dimulai. Akan tetapi, permainan tim asuhan Indra Sjafri ini gagal berkembang dengan baik.

Pasalnya Brunei mampu memberikan perlawanan yang cukup kuat. Mereka mampu mematahkan sejumlah serangan yang dibangun Egy dkk.Brunei bahkan berani untuk melancarkan serangan begitu melihat ada celah di belakang. Namun pada akhirnya Timnas Indonesia U-22 yang bisa lebih dahulu mencetak gol.

Pada menit ke-11, Merah Putih melepas serangan dari sayap kanan melalui Saddil. Ia menusuk masuk ke kotak penalti dan memberikan umpan matang kepada Osvaldo Haay, yang dengan mudah menjebol gawang Brunei. 1-0.

Setelah itu pertandingan berlangsung dengan cukup alot. Brunei masih bersemangat untuk mengancam gawang Indonesia, dan nyaris membuahkan gol pada menit ke-15. Hanif Aiman menanduk bola umpan silang, namun untung bola masih melebar dari sasaran.

Pada menit ke38, Indonesia mendapat kans mencetak gol melalui serangan balik. Umpan dari belakang berhasil dikuasai oleh Osvaldo Haay. Ia berhasil melepaskan diri dari penguasaan satu bek lawan akan tetapi meski kondisinya cukup bebas, ia tak bisa melepas tendangan yang keras dari dalam kotak penalti. Bola pun bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper lawan.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol keduanya pada menit ke-41. Dari sayap kiri, Abimanyu memberikan umpan ke Saddil yang berada di depan kotak penalti. Saddil kemudian memberikan assist berkelas pada Egy di dalam kotak penalti. Pemain Lechia Gdansk ini kemudian menjebol gawang Brunei dengan tendangan kerasnya. 2-0.

Indonesia bisa menambah pundi golnya lagi pada menit ke-47. Umpan terobosan Egy dari sisi kiri dimanfaatkan oleh Osvaldo dengan sempurna. Dalam posisi satu lawan satu, dengan tenang ia mencungkil bola melewati kiper Brunei. Gol! 3-0! Gol ini pun jadi penutup laga babak pertama. Timnas Indonesia U-22 3-0 Brunei Darussalam.

1 dari 2

Babak Kedua

Timnas Indoneia U-22 mampu tampil dengan lebih baik di babak kedua. Brunei pun dibuat bertahan. Mereka kini berusaha untuk mengandalkan serangan balik. Namun taktik itu malah berhasil bagi skuat Merah Putih. Setelah serangan baliknya gagal, pemain Brunei gagal kembali ke pertahananya dengan cepat.

Egy memberikan umpan terobosan kepada Osvaldo yang hanya dikawal satu pemain. Ia terus menusuk masuk ke kotak penalti dan saat akan dihadang kiper, Osvaldo memberikan umpan tarik yang kemudian bisa disambar oleh Saddil menjadi gol. Timnas Indonesia U-22 pun unggul 4-0 pada menit ke-50.

Tertinggal empat gol tak membuat Brunei kehilangan semangat untuk bermain. Mereka tetap berusaha untuk bermain maksimal baik saat bertahan maupun menyerang.

Indonesia sendiri bermain dengan lebih sabar. Alhasil pada menit ke-67, Merah Putih bisa menambah keunggulannya. Kali ini umpan silang Egy mampu disambar dengan tendangan first time Witan Sulaiman, yang belum lama masuk lapangan untuk menggantikan Saddil. 5-0.

Pada menit ke-72, Timnas Indonesia U-22 kembali menambah pundi golnya. Giliran Osvaldo yang menjebol gawang Brunei dengan tendangan keras kaki kirinya dari ujung kotak penalti. 6-0. Dengan demikian Osvaldo mengemas hattrick di laga ini.

Pesta gol pasukan Indra Sjafri masih terus berlanjut. Pada menit ke-77, sepak pojok Sani Rizki disambar tandukan akurat Andy Setyo, yang membuat bola bersarang ke pojok kanan bawah gawang Brunei. 7-0!

Skuat Garuda kembali mencetak gol pada menit ke-79. Lagi-lagi, Egy mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan kaki kanannya. 8-0.

Hebatnya, meskipun ambyar, Brunei tidak menyerah. Mereka tetap berjuang untuk mancari gol balasan. Mereka bahkan masih berani keluar menyerang.

Wasit memberikan tambahan waktu dua menit. Pada menit 90+2, Evan Dimas nyaris mencetak gol melalui tendangan bebasnya. Sayang, bola cuma membentur tiang gawang saja. Pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia U-22 menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam.

2 dari 2

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22: 1-Muhamad Riyandi, 4-Nurhidayat, 5-Bagas Adi, 2-Andy Setyo, 14-Asnawi Mangkualam, 7-Zulfiandi, 6-Evan Dimas Darmono, 17-Syahrian Abimanyu, 10-Egy Maulana Vikri, 15-Saddil Ramdani, 20-Osvaldo Haay.

Brunei Darussalam: 1-Haimei Anak, 6-Wafi Aminuddin, 7-Muhammad Nur Asyraff, 8-Muhammad Nur Ikhmal, 11-Muhammad Hanif, 14-Haziq Kasyful Azim, 15-Muhammad Rahimin, 17-Muhammad Amin, 19-Mohammad Hanif, 20-Adi Said, 9-Faiq Bolkiah.