FOLLOW US:


Kalah dari Vietnam, Taktik Timnas Indonesia U-22 Jadi Sorotan

02-12-2019 08:23

 | Aga Deta

Kalah dari Vietnam, Taktik Timnas Indonesia U-22 Jadi Sorotan
Para pemain Timnas Indonesia U-22 tampak kecewa usai dikalahkan Vietnam U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12). Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Tren kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Grup B SEA Games 2019 terhenti pada laga ketiga. Menghadapi Vietnam Stadion Rizal Memorial, Minggu (1/12/2019), Timnas Indonesia U-22 takluk secara dramatis dengan skor 1-2.

Kekalahan itu membuat posisi Skuat Garuda melorot satu tingkat ke posisi ketiga grup B, dengan nilai 6. Posisi kedua kini ditempati Thailand yang juga mengantongi enam poin setelah mengalahkan Thailand 3-0. Thailand unggul selisih gol atas Indonesia.

Vietnam memuncaki klasemen Grup B setelah mendulang poin penuh atas Timnas Indonesia U-22. Vietnam mengoleksi sembilan poin dari tiga laga, alias selalu menang.

Hasil-hasil tersebut membuat tim besutan Indra Sjafri menghadapi tugas berat untuk lolos ke semifinal SEA Games 2019. Mau tidak mau, Osvaldo Haay dan kawan-kawan harus berusaha memenangi semua laga tersisa di Grup B.

Kekalahan Timnas Indonesia U-22 dari Vietnam benar-benar menyesakkan. Gol kemenangan Vietnam tercipta di pengujung laga, tepatnya pada menit ke-90+1 lewat tendangan Nguyen Hoang Duc dari luar kota penalti menghujam deras gawang Nadeo Argawinata.

Penggemar Timnas Indonesia U-22 jelas kecewa dengan hasil tersebut. Kekecewaan mereka ditumpahkan melalui cuitan di media sosial maupun komentar di kolom postingan media sosial PSSI. Sebagian menyoroti taktik yang dipilih pelatih Indra Sjafri, yang memilih banyak pertahanan serta berusaha mencuri gol melalui serangan balik.

1 dari 13

Indra Sjafri Akui Taktik Gagal

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengakui strategi serangan balik yang diterapkannya tidak berhasil. Indra mengaku sudah mengantisipasi Vietnam akan lebih menyerang pada babak kedua.

"Mereka pasti akan lebih ofensif. Kami berharap adanya serangan balik, akan tetapi selalu gagal. Beberapa kali kami sabar menunggu bola kami rebut dengan counter, akan tetapi tidak berhasil," kata Indra selepas pertandingan di Manila.

Indonesia sempat unggul lewat aksi Sani Rizki Fauzi pada menit ke-22. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Namun, pada babak kedua, Indonesia semakin tertekan.

Indonesia berhasil mempertahankan skor 1-0 hingga menit ke-63. Petaka datang pada menit ke-64, ketika Vietnam mendapat bola mati. Eksekusi sepak pojok Hung Dung mampu disambut Nguyen Thanh Chung menjadi gol dengan sundulan. Bencana bagi Indonesia tak terhindarkan setelah Nguyen Hoang Duc mencetak gol kedua Vietnam.

"Pada babak kedua sebenarnya Vietnam mengambil keunggulan dari pertahanan kami. Yakni melalui gol situasi bola mati dan serangan balik," katanya

Seperti apa komentar warganet tentang taktik pilihan Indra Sjafri saat kalah dari Vietnam, berikut ini 12 di antaranya.

2 dari 13

1. Kenapa Pakai Parkir Bus?

3 dari 13

2. Harusnya Seperti Babak Pertama

4 dari 13

3. Kembali Jadi Diri Sendiri Saja

5 dari 13

4. Main Menyerang Saja

6 dari 13

5. Terlalu Bertahan, tapi Tetap Bangga terhadap Timnas Indonesia U-22

7 dari 13

6. PR Timnas Indonesia U-22

8 dari 13

7. Harus Lebih Garang

9 dari 13

8. Bukan Kecewa Hasilnya, Tapi Cara Mainnya

10 dari 13

9. Harus Kuasai Bola pada Pertandingan Berikutnya

11 dari 13

10. Vietnam Pantas Menang

12 dari 13

11. Kurang Bermain Sabar

13 dari 13

12. Mengapa Timnas Mainnya Selalu Bertahan?

Disadur dari: Bola.com/Penulis Yus Mei Sawitri/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 2 Desember 2019