FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Singapura: Skor 2-0

28-11-2019 20:57

 | Dimas Ardi Prasetya

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Singapura: Skor 2-0
Para pemain Timnas Indonesia U-22 foto bersama sebelum melawan Thailand pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11/2019). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-22 menang 2-0 atas Singapura di laga kedua Grup B sepak bola SEA Games 2019 di Rizal Memorial Stadium di Manila, Kamis (28/11/2019).

Pertandingan ini berjalan dengan tempo cukup tinggi. Permainan Singapura cukup membuat para pemain Indonesia kerepotan dengan pressingnya.

Tak banyak peluang yang tercipta di laga ini. Gol dari Timnas Indonesia U-22 dicetak oleh Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam.

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-22 berusaha untuk mendominasi jalannya laga sejak menit awal. Akan tetapi Singapura mampu memberikan perlawanan dengan melakukan pressing, khususnya pada barisan lini tengah Garuda.

Pressing ini menyulitkan skuat Garuda. Singapura akhirnya malah bisa mengembangkan permainannya dan secara perlahan berani menekan hingga jauh ke depan.

Pada menit ke-17, Singapura mendapat peluang emas melalui tendangan bebas dari jarak sekitar 18 meter. Sepakan Lionel Tan mengarah ke pojok atas kanan gawang, namun dengan sigap bisa ditepis oleh Nadeo 'Kepa' Argawinata.

Skuat Indonesia terus berusaha membongkar pertahanan Singapura. Namun mereka bahkan kesulitan untuk bisa menembus area kotak penalti lawan.

Skuat Indonesia U-22 kemudian terpaksa melakukan pergantian pemain pada menit ke-29. M Rafli tampak mengalami masalah dengan engkel kaki kirinya. Ia pun ditarik keluar dan digantikan oleh Osvaldo Haay.

Beberapa menit jelang laga babak pertama bubar, Firza Andika menerjang masuk ke kotak penalti. Sayang usahanya mengecoh lawan gagal dan lawan berhasil mengamankan bola.

Pada akhirnya tak ada gol yang tercipta pada babak pertama. Timnas Indonesia U-22 0-0 Singapura.

1 dari 2

Babak Kedua

Singapura mengawali laga dengan bagus di babak kedua. Mereka mampu menekan skuat Indonesia. Meski demikian mereka tak bisa menghadirkan ancaman berbahaya ke gawang Nadeo.

Justru, skuat Merah Putih mendapat peluang emas pada menit ke-52. Egy menari-nari di kotak penalti dan mengecoh dua pemain lawan. Namun bola tendangannya masih bisa diblok kiper Singapura.

Coach Indra Sjafri melakukan pergantian taktik. Evan Dimas ditarik keluar, digantikan Rachmad Irianto. Pergantian ini membuat strategi timnas sedikit berubah. Hasilnya, pada menit ke-64, Indonesia bisa unggul atas Singapura. via serangan balik, Osvaldo Haay mampu melepaskan diri dari satu kawalan pemain lawan. Dengan tendangan kerasnya, bola menyusur tanah dan gagal dibendung kiper lawan. Gol, 1-0.

Singapura langsung meningkatkan intensitas serangannya. Pada menit ke-67, mereka mendapat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Garuda. Tendangan bebas mereka nyaris membuahkan hasil jika saja tandukan pemainnya di tiang jauh tak melebar ke sisi kiri gawang Nadeo.

Singapura keasyikan menyerang hingga akhirnya lengah saat Indonesia melepas serangan balik. Pada menit 74, Osvaldo kembali mengancam namun masih bisa dinetralisir bek Singapura. Osvaldo kemudian memberikan bola pada Asnawi yang datang dari lini kedua. Meski sedikit mendapat gangguan lawan, ia bisa menjebol gawang Rhyan. 2-0.

Pada menit ke-78, Indonesia nyaris mencetak gol lagi. Saddil sukses menembus masuk dari sayap kanan. Namun tendangan kerasnya hanya membuat bola menghantam mistar gawang saja.

Pada menit ke-82, Singapura nyaris mencetak gol. Crossing Zulqarnaen dari sayap kanan berhasil ditanduk oleh Irfan di tiang jauh. Namun bola cuma membentur tiang gawang. Terjadi kemelut setelah bola bergulir liar di depan gawang Nadeo, namun wasit akhirnya memberikan tendangan bebas setelah ada pemain Singapura yang melakukan handball.

Pertandingan sempat memanas begitu memasuki injury time. Egy dijatuhkan dan mendapat perlakuan kasar dari pemain Singapura. Namun untung keributan yang lebih besar bisa dicegah kedua kubu.

Pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta, meski wasit sudah memberikan waktu tambahan sampai enam menit (tambahan waktu resmi tiga menit). Timnas Indonesia U-22 berhasil menang 2-0 atas Singapura di laga kedua Grup B sepak bola SEA Games 2019.

2 dari 2

Susunan Pemain

Indonesia U-22: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Saddil Ramdani.

Pelatih: Indra Sjafri

Singapura U-22: Ryhan Stewart, Lionel Tan, Jacob Mahler, Ikhsan Fandi, Muhammad Faris, Muhammad Syahrul, Hami Syahin, Muhammad Naqiuddin, Irfan Fandi, Muhammad Zharfan, Tajeli.

Pelatih: Fandi Achmad