FOLLOW US:


Fakta-fakta Menarik yang Hiasi Laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand

26-11-2019 23:31

 | Dimas Ardi Prasetya

Fakta-fakta Menarik yang Hiasi Laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand
Bintang film asal Jepang, Maria Ozawa alias Miyabi, hadir di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (26/11/2019) demi memberikan dukungan pada Timnas Indonesia U-22 yang berlaga melawan Thailand. © Bolacom/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Ada sejumlah fakta menarik yang menghiasi pertandingan antara timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Grup B sepak bola SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-22 menghadapi Thailand di Rizal Memorial Stadium, Selasa (26/11/2019). Skuat Garuda kala itu tampil apik dan menang 2-0.

Egy Maulana Vikri membawa Garuda Muda unggul pada menit keempat. Gol Egy terjadi setelah ia memanfaatkan kemelut di depan gawang Thailand.

Setelah unggul, Timnas Indonesia U-22 bermain aman. Garuda Muda lebih banyak menunggu. Thailand mengambil alih serangan. Namun, armada Indra Sjafri berhasil membuat pasukan Akira Nishino frustrasi.

Pada pengujung pertandingan, Timnas Indonesia U-22 mampu memanfaatkan kelengahan Thailand. Osvaldo Haay berhasil merebut bola dari pemain tuan rumah untuk melancarkan serangan balik. Bola dioper ke Saddil Ramdani di sisi kiri lapangan.

Eks pemain Pahang FA tersebut berlari secepat mungkin ke kotak penalti. Insting gelandangnya pun muncul. Saddil memilih mengoper bola kembali ke Osvaldo. Dengan dua sentuhan, pemain Persebaya Surabaya itu mencetak gol kedua bagi Timnas Indonesia U-22.

Kemenangan itu tentu sangat berarti bagi timnas Indonesia U-22. Apalagi Thailand adalah juara bertahan SEA Games.

Namun laga itu juga dihiasi sejumlah fakta menarik. Apa saja itu?

1 dari 3

Kemenangan Perdana

Kemenangan Perdana
Para pemain Timnas Indonesia U-22 foto bersama sebelum melawan Thailand pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11/2019). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Kemenangan atas Thailand merupakan yang pertama bagi Timnas Indonesia U-22. Mereka terakhir kali menang pada SEA Games 2011.

Sejak menang 3-1 atas Thailand di SEA Games 2011 Jakarta, Timnas Indonesia U-22 kalah dua kali dari Thailand pada SEA Games 2013. Pada edisi 2015 dan 2017, kedua kesebelasan tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu.

Kemenangan ini sekaligus memperbaiki rekor pertemuan Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand di SEA Games. Sejak edisi 1977, Garuda Muda hanya mampu mengemas empat kemenangan, satu imbang, dan 15 kali kalah.

Timnas Indonesia U-22 juga berhasil membayar kekalahan seniornya yang disikat habis Thailand 0-3 pada partai kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada 10 September 2019.

Ini pembalasan yang meyakinkan. Apalagi jika mengingat pelatih Thailand senior, Akira Nishino juga merangkap jataban di skuat Thailand U-22.

2 dari 3

Dukungan Miyabi

Tribune penonton di Rizal Memorial Stadium mendadak riuh ketika mengetahui ada Maria Ozawa yang turut mendukung Timnas Indonesia U-22. Wanita yang akrab disapa Miyabi itu bahkan memakai jersey merah milik Timnas Indonesia U-22.

"Saya datang sebagai brand ambassador. Saya lihat Indonesia suporternya fanatik dan semoga hari ini menang," kata Miyabi kepada wartawan saat jeda pertandingan.

Maria Ozawa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Maria Ozawa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Suporter yang berada di dekatnya pun langsung berburu foto dengan Miyabi. Maklum, nama wanita asal Jepang itu memang tersohor di Indonesia pada awal 2000-an.

Miyabi saat ini diketahui tinggal di Manila, Filipina. Wanita berusia 33 tahun itu kini sudah tidak lagi bermain film 'ena-ena' dan aktif melakukan berbagai kegiatan endorsement.

Miyabi sendiri akan kembali mendukung Timnas Indonesia U-22. Ia bakal hadir ketika tim asuhan Indra Sjafri itu berduel lawan Singapura.

3 dari 3

Egy Cetak Gol Beruntun

Egy Cetak Gol Beruntun
Pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Timnas Thailand U-22 © AP Photo

Egy Maulana Vikri tampak mulai ketagihan bikin gol bagi Timnas Indonesia U-22. Terkini, gelandang berusia 19 tahun membukukan satu dari dua gol kemenangan timnya atas Thailand.

Gol Egy pada menit keempat berhasil membuat Timnas Indonesia U-22 tampil rileks di sisa laga. Empat menit sebelum bubaran, armada Indra Sjafri sukses menggandakan keunggulan melalui Osvaldo Haay.

Sebelum menghadapi Thailand, Egy juga mencetak gol bagi Timnas Indonesia U-22. Momen tersebut terjadi ketika tim berjulukan Garuda Muda ini melawan Iran U-23 pada partai uji coba pada 16 November 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Wiwig Prayugi
Published: 26 November 2019